Situasi Pemakaman BJ Habibie yang Penuh Haru dan Banjir Doa

Selamat jalan Bapak Demokrasi dan Teknologi Indonesia, jasamu akan selalu kami kenang

12 September 2019

Situasi Pemakaman BJ Habibie Penuh Haru Banjir Doa
idntimes/vannyelrahman

Siang hari ini, Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa disebut BJ Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Dari pantauan, sejak pukul 09.00 WIB, suasana TMP Kalibata sudah mulai ramai oleh para Paspampres, TNI dan Polri.

Liang lahat untuk peristirahatan terakhir Habibie juga sudah disiapkan. Tenda berwarna merah putih pun sudah berdiri tegak.

Kursi-kursi berwarna putih sudah berjejer rapi melingkari liang lahat yang disiapkan untuk Habibie. Pemakaman BJ Habibie didahului dengan penyerahan jenazah kepada negara.

Setelah itu, jenazah BJ Habibie langsung dibawa menuju TMP Kalibata pada pukul 13.00 WIB dan tiba 30 menit kemudian, yakni pukul 13.30 WIB.

Sedangkan, prosesi pemakamannya sendiri dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Untuk lebih jelasnya, berikut Popmama.com telah merangkum 5 informasi penting terkait pemakaman mantan Presiden RI ke-3, BJ Habibie.

1. Prosesi upacara pemakaman BJ Habibie yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo

1. Prosesi upacara pemakaman BJ Habibie dipimpin oleh Presiden Joko Widodo
idntimes/vannyelrahman

Setelah jenazah sampai di TMP Kalibata, prosesi selanjutnya adalah pembacaan riwayat hidup BJ Habibie.

Kemudian, jenazah pun diletakan di liang latah dilanjutkan dengan penaburan bunga oleh pihak keluarga.

Selain menjadi pemimpin upacara, penimbunan liang lahat juga dilakukan oleh Presiden Jokowidodo dan dilanjutkan oleh putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie. 

Berikut ulasan pidato yang diberikan oleh Presiden Jokowidodo pada acara pemakaman BJ Habibie:

"Beliau adalah seorang negarawan sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta kecerdasan itu berbahaya. Ilmu pengetahuan, iman dan takwa harus bersatu, beliau adalah teladan bagi seluruah anak bangsa. Almarhum adalah tokoh yang visioner, almarhum tidak hanya berpikir tentang dirinya sendiri, tapi almarhum juga memikirkan tentang bangsa Indonesia. Almarhum tidak hanya memikirkan tentang apa yang ada di Indonesia saat ini, almarhum juga tidak hanya berpikir tentang apa yang akan terjadi untuk satu atau dua tahun mendatang, tapi almarhum sudah berpikir dan bekerja untuk membangun bangsa Indonesia lima puluh tahun ke depan, untuk seratus tahun ke depan, untuk Indonesia bisa lepas landasan menjadi Indonesia maju. Dari dedikasi beliau berdasarkan riset dan teknologi, pesawat gatot kaca bisa mengudara pertama kali saat ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-50, sebuah peristiwa yang tetanam dalam benak rakyat Indonesia, menginspirasi kita untuk percaya diri, meginspirasi anak muda untuk belajar, menginspirasi Indonesia untuk menjadi negara yang berdiri sejajar dengan negara besar di dunia. Kita juga tak bisa lupa dengan jasa beliau saat menjadi Presiden Republik Indonesia, yang saat itu almarhum telah menguatkan pondasi demokrasi Indonesia yang kita turut nikmati saat ini. Bahkan sampai usia senjanya, almarhum turut mengingatkan kita untuk menjadi manusia terbaik untuk Indonesia. Pada acara yang khidmat ini saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berterimakasih dan memberikan penghargaan yang tinggi atas darmabakti almarhum pada bangsa dan negara. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendoakan almarhum semoga almarhum diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah dan khusnul khotimah sesuai dengan pegabdiannya kepada bangsa Indonesia. Untuk keluarga, semoga diberikan ketabahan dan kesabaran."

2. Ilham Akbar Habibie memberikan pidato atas nama keluarga

2. Ilham Akbar Habibie memberikan pidato atas nama keluarga
idntimes/vannyelrahman

Prosesi pemakaman BJ Habibie dilakukan secara kemiliteran dipimpin Garnisun TNI. Thareq Kemal

Habibie diketahui menjadi perwakilan pihak keluarga yang menyerahkan jenazah Habibie pada Ketua MK Anwar Usman.

Sedangkan Ilham Akbar Habibie, putra pertama BJ Habibie bertugas memberikan pidato atas nama keluarga. 

Berikut penggalan pidato menyentuh dari Ilham Akbar:

"Bapak pula yang memperjuangkan Islam dan demokrasi di Indonesia agar ditunjukan pada dunia bahwa keduanya compatible, dan terakhir adalah memberikan contoh mengenai cinta. Bahwa cinta itu adalah cinta pada suami isti, pada sanak saudara, pada pekerjaan, bangsa, pada dunia, cinta seluas-luasnya. Itulah bapak, namanya Habibie yang dicintai dan mencintai,"

Editors' Picks

3. BJ Habibie dimakamkan berdampingan dengan sang Istri, Ainun

3. BJ Habibie dimakamkan berdampingan sang Istri, Ainun
idntimes/vannyelrahman

Almarhum BJ Habibie diketahui menempati area pemakaman Blok M nomor 120 berdampingan dengan makam Hasri Ainun Habibie yang menempati nomor 121.

Hal tersebut juga sebelumnya sudah diinformasikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno 

"Sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya Ibu Ainun Habibie di slot 120-121," ujar Praktikno di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sebelum beliau wafat, Habibie sebelumnya sudah berencana untuk dimakamkan tepat di sebelah istri tercinta ketika nantinya beliau wafat. Akhirnya, pada hari ini, keinginan tersebut terwujud. 

4. Indonesia berkabung, Pemerintah mengajak masyarakan mengibarkan bendera setenag tiang selama 3 hari

4. Indonesia berkabung, Pemerintah mengajak masyarakan mengibarkan bendera setenag tiang selama 3 hari
idntimes/vannyelrahman

Atas berpulangnya mantan Presiden RI, BJ Habibie, Pemerintah pun menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari, terhitung dari hari ini hingga 14 September 209 mendatang.

"Jadi kita menetapkan berkabung nasional selam tiga hari. Jadi nanti (hari ini) sampai tanggal 14 September," ucapnya.

Pratikno juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia mengibarkan bendera setengah tiang mulai malam ini hingga Minggu, 14 September 2019.

Selain masyarakat, kantor-kantor pemerintah baik di dalam maupun luar negeri juga diminta untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

5. Publik figur yang datang di pemakaman BJ Habibie

5. Publik figur datang pemakaman BJ Habibie
idntimes/vannyelrahman

Pada Rabu (11/9/19) kemarin malam, Bunga Citra Lesatari dan sang Suami beserta lawan mainnya di film Habibie & Ainun, Reza Rahardian telah melayat langsung ke kediaman BJ Habibie.

Kemudian, di pagi harinya diketahui pula terdapat begitu banyak rangkaian bunga belasungkawa yang dikirimkan, diantaranya dari Susilo Bambang Yudhoyono, Joko Widodo, KH. Maruf Amin, hingga Jusuf Kalla.

Menjelang upacara pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie), sejumlah artis nasional juga turut hadir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Sekitar pukul 12.00 WIB, Reza Rahadian dan Hanung datang bersamaan. Hanung mengenakan kemeja bermotif batik lengan panjang, berwarna abu-abu, dan kacamata hitam yang dikenakannya, berjalan masuk ke dalam area pemakaman.

Sementara, Reza juga mengenakan kemeja bermotif batik lengan panjang, berwarna coklat, ikut masuk ke dalam area pemakaman, dan berjalan tepat di belakang Hanung.

Keduanya kemudian masih menyempatkan diri untuk wawancara bersama awak media.

Tak hanya artis, tokoh-tokoh nasional juga hadir dalam upacara pemakaman Bapak Inspirator ini. Para mantan presiden dan wakil presiden juga menghadiri pemakaman BJ Habibie.

Itulah 5 fakta terkait pemakaman mantan Presiden RI sekaligus Bapak Demokrasi dan Teknologi Indonesia, BJ Habibie.

Selamat jalan Eyang, semoga engkau tenang di sana. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;