TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

50 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita yang Menyentuh Hati

Ucapan belasungkawa ini bisa dikirimkan ke keluarga atau teman yang sedang berduka

2 Oktober 2022

50 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita Menyentuh Hati
Pexels/nappy

Kehilangan orang terdekat untuk selama-lamanya tentu menjadi hal yang paling menyedihkan bagi setiap orang.

Untuk memberikan empati kepada keluarga, teman atau kerabat yang sedang berduka atas meninggalnya orang terdekat mereka, tak ada salahnya mengucapkan belasungkawa. Ucapan turut berduka cita yang akan diberikan pun dapat dirangkai dengan baik, sehingga penerimanya bisa memahami maksud dari setiap kata atau kalimat yang diberikan. 

Tak hanya sekadar kata-kata, namun ucapan belasungkawa juga bisa membantu menenangkan perasaan orang lain yang sedang larut dalam fase berduka.

Jika Mama sedang mencari inspirasi dalam memberikan ucapan belasungkawa yang bisa menyentuh hati, berikut ini Popmama.com telah merangkumnya.

Simak referensinya ya, Ma!

1. Kepergian sahabat akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan

1. Kepergian sahabat akan meninggalkan kenangan tak terlupakan
Pexels/minan1398

Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga di ampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya. Semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir dan batin. Amiin

Air mataku menetes di hari kepergianmu. Sungguh aku sangat kehilanganmu, terima kasih sudah mau menjadi sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu.

Kebaikan dan ketulusan hati beliau akan selalu aku ingat selamanya dalam hati. Semoga beliau sudah tenang di sisi-Nya ya. Aku turut bersedih dan berduka cita sedalam-dalamnya.

Tuhan, ampunilah dosa sahabatku dan sayangi dia. Hindarkanlah dia dari azab kubur. Perkenankanlah ia kelak menghuni surga-Mu.

Dia teman yang menyenangkan, namun tetap tak ragu saling mengingatkan. Kami senang mengenal orang sepertinya. Kami juga percaya dia akan mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga kau dilancarkan menuju surga. Kami akan berusaha tidak berlarut-larut menangisi kematianmu. Sebagai sahabat, kami akan selalu melantunkan doa baik untukmu.

Teman, kenangan kita begitu banyak hingga saat ini. Terima kasih sudah bersamaku tumbuh dewasa. Aku takkan melupakanmu. Kini, aku doakan kita bisa bermain bersama di surga.

Selamat jalan sahabatku, aku sebagai sahabat hanya bisa mendoakan dari sini. Semoga segala doa-doa terbaik yang kupanjatkan dikabulkan oleh Allah. Hanya satu yang bisa aku lakukan saat ini, yakni mengenangmu dan mendoakanmu. 

Sahabat kecilku, engkau meninggalkanku begitu cepat. Semua kebersamaan yang pernah kita lewati kini telah menjadi sebuah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima di sisi Allah. 

Wahai sahabat terbaikku, meski usiamu masih muda. Semangatmu masih membara, cita-citamu begitu tinggi, tetapi Tuhan lebih sayang kepadamu. Tuhan mungkin sudah rindu denganmu. Selamat jalan sahabatku tersayang. Semoga engkau diberi tempat terbaik di surga-Nya. 

Editors' Picks

2. Ucapan belasungkawa untuk guru

2. Ucapan belasungkawa guru
Pexels/pixabay

Engkau tak cuma guruku. Ikatan antara kita sudah seperti keluarga. Jasamu kan selalu kukenang. Untukmu, doa rutin kupanjatkan. Selamat tinggal, guru tercinta. Semoga kau diberikan tempat terbaik. 

Bagi kami, beliau adalah sosok yang amat mengagumkan. Ibarat kompas yang menunjukkan arah yang tepat. Beliau juga adalah pemimpin yang menjadikan kami calon-calon pemimpin di masa depan. Kami sangat bersedih atas kematian beliau, tetapi kami tahu dan berusaha mengikhlaskannya. Selamat jalan, guru kebanggaan kami. Semoga Tuhan senantiasa menjagamu dan menyiapkan segala yang indah untuk menyambutmu di alam sana.

Engkau bagaikan katalisator peradaban manusia bumi. Tanpa adanya guru, masyarakat akan bodoh dan terbelakang. Dengan adanya guru, beragam tenaga professional seperti dokter dan insimyur bermunculan. Jasamu amat berguna bagi kehidupan kami dan bangsa ini. Selamat jalan, Pak/Bu Guru. Walau sudah berbeda alam, kenangan dan kebaikanmu abadi.

Serupa lilin, kau membawa terang untuk jalan kami yang suram. Lalu kau pulang ke tempat muasal cahaya diciptakan. Selamat tinggal, pahlawan tanpa tanda jasaku. Semoga Tuhan senantiasa menjagamu dan berkenan menerima amalmu. Kami juga akan berjuang untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi tanah air dengan bekal pemberianmu.

Beliau merupakan figur yang takkan bisa terganti. Pengabdian sebagai guru teramat berharga. Nasehat Beliau terbawa ke mana pun kami melangkah. Semoga doa-doa kami bisa membantu menerangi kuburnya.

Kami menangis deras di hari di mana engkau berpulang ke haribaan-Nya. Kami berbelasungkawa sebesar-besarnya. Terima kasih untuk semua bekal ilmu yang kaucurahkan pada kami anak-anakmu. Kami takkan lupa terhadap semua yang dulu kita lewati. Cuma doa yang mampu kami sampaikan untuk kau yang jauh di alam sana.

Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tetapi tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Tuhan dan hanya kepada-Nya kita akan kembali berpulang.  

Dari hatiku yang paling dalam kuucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, atas meninggalnya guru kami tercinta. Terima kasih atas segala ilmu yang kau berikan pada kami dengan tulus dan ikhlas. Semoga Allah senantiasa menerima semua amal dan kebaikanmu di dunia. 

Kini tiba saatnya kami yang mengucapkan terima kasih padamu guruku, engkau telah pergi meninggalkan kami selama-lamanya. Rasanya pilu dan sedih ini tak cukup untuk mengenang kepergianmu. Semoga Tuhan menempatkanmu di surga-Nya. Amin. 

Engkau sudah seperti lilin yang selalu menerangi jalan kami yang gelap, kami selalu berdoa padamu semoga seluruh usaha bijakmu selama ini selalu menjadi iman yang berguna bagi bangsa dan negara. Selamat tinggal guru tersayang, semoga Allah menerima semua amal ibadahmu dan semoga Allah menjagamu selalu di sisi-Nya. 

3. Akan ada hikmah di balik semua yang terjadi

3. Akan ada hikmah balik semua terjadi
Pexels/gabby-k

Aku ikut merasa berbelasungkawa terhadap wafatnya (sebutkan namanya). Semoga dia mendapat tempat terbaik di kehidupan yang lebih abadi. Semoga seluruh keluarga yang ia tinggalkan tetap bersabar. Ingatlah jika Allah menyertai mereka yang sabar.

Kalian harus bersabar menghadapi musibah ini. Selalu ada yang datang dan pergi jika sudah waktunya. Namun, tidak mustahil berharap ada pertemuan kembali. Yakinlah, Allah SWT menyiapkan hikmah di balik duka dan luka. Kita hanya perlu berjuang semaksimal mungkin di setiap detiknya.

Semoga dia damai di alam sana. Mari kita anggap kematiannya sebagai pengingat bahwa kodrat makhluk bernyawa adalah mengalami hidup dan mati.

Kami sekeluarga menyampaikan turut berduka cita atas wafatnya (sebutkan namanya). Semoga keluarga kalian dianugerahi kesabaran dan kekuatan menjalani hidup.

Kami atas nama keluarga besar menyampaikan duka cita atas kepergian (sebut namanya). Ia adalah orang yang penyayang dan murah hati. Semoga keluarga yang ia tinggalkan selalu tabah dan kuat menjalani hidupnya. Relakan kepergiannya karena ia pasti tidak ingin keluarganya terus bersedih.

Aku akan rindu berbincang dan bercanda denganmu. Namun aku tahu, Tuhan jauh lebih merindukanmu hingga memanggilmu pulang. Semoga kuburmu dilapangkan dan diterangkan. Semoga yang kau tinggalkan tetap kuat bertahan.

Mari mengusap tangis demi saudara kita yang hari ini pergi. Tangis berlebihan kita malah menyulitkan perjalanan barunya. Selamat jalan kawan.

Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabdalah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini. 

Semua ini adalah rencana baik dari Allah. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.  

Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak. 

4. Semoga diampuni segala dosa-dosanya

4. Semoga diampuni segala dosa-dosanya
Pexels/ricrodrigues

Sesungguhanya kita adalah milik Allah, dan hanya kepada Dialah diri kita akan dikembalikan. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa almarhum dan menerima segala amal kebaikannya semasa ia hidup. Semoga kepergiannya tidak menyisakan hutang atau keburukan apapun dan bagi keluarga yang ditinggalkan semoga selalu diberi kesabaran serta ketabahan.

Semoga Allah mengampuni segala dosa yang telah dilakukan oleh Almarhum semasa hidup, dan menerima semua amal baik rekan kita yang telah meninggalkan kita selama-lamanya. Kami turut berbela sungkawa yang sebesar-besarnya.

Atas nama kami sekeluarga mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga Almarhum diampuni dan dihapuskan dosa-dosanya, mendapat tempat terbaik di sisi Allah. Bagi istri dan anak-anakya semoga diberi ketabahan selalu.

Selamat jalan sahabat kupersembahkan doa ini untukmu, Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan juga dosa-dosa sahabatku. Ya Allah sayangilah aku dan juga sayangi sahabatku, ya Allah terangi dan luaskan alam kuburnya. Tempatkan ia di tempatMu yang terindah wahai Maha Berbelas Kasihan.

Tidak ada pemberian yang paling berjasa dalam hidup kami selain ilmu pengetahuan yang kau berikan untuk kami. Selamat jalan guruku, semoga engkau selalu tenang dan bahagia di alam sana dan semoga Tuhan mengampuni semua dosamu.

Ya Allah ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya bagi orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosanya wahai Tuhan kami, seru sekalian alam. Lapangkanlah kuburnya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Amin.

Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Amin. 

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berdua cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. 

Kepulanganmu begitu cepat kepada sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah. 

Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar kesalahannya diampuni.

5. Ikhlaskan hati agar lancar perjalanannya

5. Ikhlaskan hati agar lancar perjalanannya
Pexels/pixabay

Kehilangan seseorang memang membuat hati sangat terpukul, tapi tidak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita mengikhlaskannya maka ia akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua hanyalah milik Allah dan hanya kepadaNya lah kita akan kembali berpulang.

Sabar selalu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larutm, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi.

Selamat tinggal, tetanggaku yang baik. Meski terpukul, kami mengikhlaskanmu. Semoga kau merasa damai di sana.

Kami turut berduka cita atas kepergiannya. Dia adalah seorang yang sangat baik. Semoga keluarga dan orang-orang dekatnya ikhlas melepas kepergiannya.

Tetaplah ikhlas dan sabar menjalani ketentuan-Nya. Mari bersama doakan kedamaian kuburnya.

Semoga Tuhan mengampuni segala salahnya di dunia dan diterima amal baiknya ketika masih hidup dan keluarga ikhlas ditinggalkan. Turut berduka cita atas wafatnya beliau.

Turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk kamu dan keluarga. Semoga almarhum/almarhumah diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Semoga kamu dan keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan.

Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini.

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak. 

Aku turut berduka cita atas meninggalnya orangtuamu. Semoga kamu dan keluarga diberi ketabahan dari peristiwa ini. 

Itulah beberapa ucapan belasungkawa di atas bisa menjadi inspirasi bagi Mama. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk