5 Kewajiban Istri Terhadap Suami dalam Ajaran Agama Islam

Demi terciptanya hubungan yang manis dan harmonis bisa menjalankan kewajiban ini, Ma

18 Juni 2021

5 Kewajiban Istri Terhadap Suami dalam Ajaran Agama Islam
Pexels/Jack Sparrow

Demi terciptanya rumah tangga yang harmonis, diperlukan kerja sama antar suami dan istri. Semua peran harus melakukan tugasnya masing-masing agar seimbang dan demi kebahagiaan keluarga.

Dalam ajaran agama Islam, istri diharuskan untuk selalu menghormati suami karena perannya sebagai pemimpin keluarga. Namun, peran istri juga tidak kalah penting lho, Ma. Pasalnya istri harus bisa dijadikan teman diskusi untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan keluarga.

Dalam sebuah pernikahan, suami bertanggung jawab penuh atas hidup pasangannya. Jika suami bertugas untuk mencari nafkah, istri pun punya peran untuk melayani suami.

Berikut Popmama.com telah merangkum kewajiban istri terhadap suami di dalam ajaran agama Islam. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Taat dan patuh kepada suami

1. Taat patuh kepada suami
Pexels/kelvin octa

Sudah menjadi kewajiban seorang istri untuk mematuhi dan taat kepada suami. Namun, bukan berarti istri tidak mempunyai kuasa atas dirinya. Seorang istri bisa menentukan apapun yang mereka mau, namun tetap harus mendapatkan izin suami terlebih dahulu.

Seorang istri juga harus selalu mendiskusikan pilihan mereka kepada suaminya. Hal ini dilakukan sebagai tanda hormat kepada suami. Jadi, di dalam hubungan suami istri tidak menunjukan bawahan atau atasan.

Sebagai sebuah keluarga, pasangan suami dan istri juga perlu mengingat bahwa mereka memiliki peranan masing-masing. Namun, seorang suami memiliki peran lebih sebagau kepala keluarga, sementara tanggung jawab istri berada di tangan suami.

Dalam agama Islam telah dijelaskan dalam Alquran, yaitu, “maka istri-istri yang saleh itu ialah yang taat kepada Allah dan memelihara diri ketika suaminya tidak ada. Oleh karenanya Allah telah memelihara (menjaga) mereka,” - (QS. An Nisa: 34).

Editors' Picks

2. Bisa menyenangkan suami

2. Bisa menyenangkan suami
Freepik/Odua

Kewajiban istri kepada suami yang perlu diingat, yakni menyenangkan hatinya. Mama bisa melakukan ini dengan cara-cara yang sederhana, seperti memasak makanan kesukaannya, menghabiskan waktu bersama dan memberikan tampilan sesuai dengan keinginan suami. 

Menyenangkan hati suami juga bisa dengan berusaha untuk menciptakan sebuah keluarga yang rukun dan harmonis.

Perintah ini juga tertanam dalam hadis Abu Harairah RA, beliau mengatakan kepada Rasulullah bahwa, “Sebaik-baik perempuan ialah seorang perempuan yang apabila engkau melihatnya, engkau merasa gembira. Jika engkau perintah, dia akan mentaatimu. Dan jika engkau tidak ada di sisinya, dia akan menjaga hartamu dan dirinya”.

3. Selalu menjaga nama baik suami

3. Selalu menjaga nama baik suami
Freepik/zurijeta

Setiap rumah tangga pasti ada saja permasalahan yang muncul, sehingga harus dihadapi bersama. Ketika ada masalah dengan suami, maka seorang istri tidak diperkenankan untuk mengumbarkan masalah rumah tangganya kepada orang lain. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga aib rumah tangga dan nama baik suami.

Sebagai istri, Mama sebaiknya tetap menjaga aib suami dan masalah kehidupan rumah tangga berdua saja. Jangan pernah mengumbar kejelekan atau aib suami diketahui oleh orang lain.

Perlu diingat kalau suami merupakan seorang kepala keluarga, jika namanya jelek itu membuktikan rumah tangga yang dijalaninya sedang tidak berjalan dengan baik. 

4. Bisa pelan-pelan meredakan kemarahan suami

4. Bisa pelan-pelan meredakan kemarahan suami
Freepik/Odua
joker with card

Selama menjalani pernikahan, ada kalanya terjadi masalah dalam rumah tangga. Terkadang suami pun ada masalah dengan teman, saudara, keluarga, bahkan pekerjaan. Sebagai seorang istri sudah kewajibannya untuk menemani dan menenangkan suami agar tidak stres menghadapi masalah.

Jika emosi suami tidak dapat tertahankan akan mempengaruhi rumah tangga. Jadi, sebaiknya ketika suami sedang menghadapi masalah, Mama bisa melakukan sesuatu untuk menenangkan hatinya. Menyenangkan suami ada banyak caranya, seperti memasak makanan kesukaan, mendengarkan keluh kesah, bahkan dengan menghabiskan berbagai momen berdua.

Sudah kewajiban seorang istri untuk terus menemani suami dalam keadaan apapun, termasuk saat sedang terkena musibah atau suasana hatinya tidak stabil.

    5. Melayani suami di atas ranjang

    5. Melayani suami atas ranjang
    Freepik/lookstudio

    Kewajiban lainnya, seorang istri harus melayani pasangannya di atas ranjang. Seorang harus bisa menyenangkan hati suami secara batin ketika sedang melakukan hubungan seks. Hal ini bertujuan untuk menjaga keintiman dan keharmonisan hubungan rumah tangga.

    Namun, istri bisa menolak untuk berhubungan intim ketika sedang haid, sakit, nifas dan kondisi-kondisi tertentu. Jadi, dalam kehidupan rumah tangga tidak boleh ada paksaan dalam melakukan hubungan intim. Suami juga harus bisa mengerti ketika istrinya sedang sedang merasa sakit dan tidak dapat berhubungan badan.

    Itulah beberapa kewajiban seorang istri terhadap suami dalam ajaran agama Islam. Semoga informasi ini dapat membantu Mama memenuhi kewajiban sebagai istri. Informasi ini diharapkan bisa berguna demi terjalin hubungan rumah tangga yang rukun dan harmonis ya, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.