5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dalam Ajaran Agama Islam

Papa bisa melakukan hal ini agar hubungan rumah tangga lebih rukun dan harmonis

23 Juni 2021

5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dalam Ajaran Agama Islam
Pexels/Gabby K

Untuk membangun rumah tangga yang harmonis, sudah sepantasnya suami dan istri menjalankan peran masing-masing. Dalam ajaran agama Islam ketika seorang laki-laki menikahi seorang perempuan, maka wajib memberikan nafkah secara lahir dan batin.

Namun, kewajiban laki-laki bukanlah tentang materi saja, melainkan masih banyak hal. Apalagi yang berhubungan dengan perasaan. Seorang suami harus bisa mengayomi sang Istri ke jalan yang benar agar dapat menjalani bahtera rumah tangga bersama. 

Jika kewajiban istri adalah melayani suami, berbeda dengan peran suami. Selain mencari nafkan untuk keluarganya, seorang suami harus memberikan kasih sayang yang tulus kepada pasangannya.

Jika Mama ingin mengetahui apa saja kewajiban seorang suami terhadap istri dalam ajaran agama Islam, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara lengkap.

1. Memberikan nafkah untuk istrinya

1. Memberikan nafkah istrinya
Pexels/kelvin octa

Saat menikah, seorang laki-laki wajib memberikan mahar kepada sang Istri. Selain itu, selama masa hidup bersama, seorang suami wajib memberikan nafkah. Namun, nafkah di sini bukan tentang sandang, pangan serta papan saja. Nafkah yang diberikan kepada istrinya juga harus secara lahir dan batin. 

Dalam Alquran terdapat surat An-Nisa ayat 4 yang menyatakan bahwa:

"Berikanlah maskawin kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan."

Dalam surat Al-Baqarah pun dijelaskan tentang kewajiban seorang suami yang harus memberikan nafkah ke istrinya, yakni:

"Dan kewajiban bapak memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya."

Editors' Picks

2. Menyenangkan istri di atas ranjang

2. Menyenangkan istri atas ranjang
Depositphotos.com

Dalam ajaran agama Islam tidak hanya istri saja yang harus melayani pasangannya di atas ranjang, tetapi seorang suami juga perlu melakukan hal tersebut. Inilah yang disebut sebagai memberikan nafkah secara batin. 

Kewajiban seorang suami kepada istri bisa dilakukan di atas ranjang, namun tetap memperlakukannya dengan baik. Jadi, suami tidak boleh menyakiti atau berperilaku kasar kepada istrinya.

Hal ini juga dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 19 yang berbunyi, yaitu:

"Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak."

3. Menjaga dan melindungi istri

3. Menjaga melindungi istri
Freepik/Odua

Sudah kewajiban seorang suami melindungi keluarga, termasuk sang Istri. Dalam artian melindunginya dari hal apapun, mulai dari menjaga harga diri, kehormatan, memperlakukannya dengan baik hingga menjunjung derajat tinggi istri. Segala hal yang berkaitan dengan keamanan istri pun merupakan kewajiban dan tanggung jawab suami.

Selain itu, suami juga harus merahasiakan segala aib dan rahasia istri. Ketika bermasalah dengan istri, alangkah baiknya seorang suami tidak sepantasnya membicarakan aib istri ke orang lain. Jika ini dilakukan, maka akan membuat nama istri menjadi jelek di mata orang lain.

4. Perlu membimbing istri ke jalan yang benar

4. Perlu membimbing istri ke jalan benar
Freepik/Odua

Kewajiban lain dari seorang suami, yakni bisa membimbing istri ke jalan yang benar. Sebagai kepala keluarga, suami harus membimbing istri ke jalan Allah SWT dan menjalani segala ajaran agama. Selain itu, suami perlu melarang istri apabila mulai melakukan perbuatan dosa yang bisa memberikan keburukan di dalam sebuah rumah tangga.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam surat At-Tahrim ayat 6 yang berbunyi, yaitu:

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."

5. Memberikan kasih sayang dan cinta yang tulus kepada istri

5. Memberikan kasih sayang cinta tulus kepada istri
Pexels/kelvin octa

Dalam ajaran agama Islam, sudah semestinya seorang suami memberikan kasih sayang kepada istrinya. Suami bisa memperlihatkan perhatiannya ke istri melalui tutur kata lembut serta mampu mengekspresikan rasa cintanya. Dengan memberikan rasa cinta kepada istri, rumah tangga akan semakin rukun dan harmonis.

Hal ini juga dijelaskan di Alquran dalam surat Ar-Rum ayat 21, yaitu:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar menjadi tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."

Itulah beberapa kewajiban suami kepada istrinya dalam ajaran Islam. Semoga dengan adanya informasi ini, Papa bisa melaksanakan kewajiban sebagai suami serta membantu kehidupan rumah tangga semakin rukun dan harmonis.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.