10 Tips Berkomunikasi dengan Jelas Bersama Pasangan

Yuk Ma, pastikan komunikasi dengan pasangan berjalan lancar!

20 Juni 2021

10 Tips Berkomunikasi Jelas Bersama Pasangan
Pexels/Helena Lopes

Komunikasi adalah salah satu kunci yang membantu sebuah hubungan menjadi lebih sukses. Namun, masih sering disepelekan oleh kedua belah pihak. Dengan adanya komunikasi yang jelas, sebenarnya akan membaut hubungan berjalan lancar dan tidak memicu kesalahpahaman antara perempuan dan laki-laki.

Komunikasi bisa berjalan lancar ketika kedua belah pihak saling mengungkapkan isi hati atau perasaan satu sama lain, lalu dapat diterima dengan baik.

Terkadang para perempuan sering sekali memberikan kode tersendiri untuk pasangannya. Padahal belum tentu pihak laki-laki bisa menangkap kode tersebut lho, Ma. Maka dari itu, bentuk komunikasi dalam sebuah hubungan harus jelas. 

Jika ingin mengetahui beberapa cara berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Disimak yuk!

1. Pastikan tahu apa yang ingin dibicarakan

1. Pastikan tahu apa ingin dibicarakan
Unsplash/Joshua Nett

Salah satu tips berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan, yakni untuk memastikan terlebih dahulu topik pembicaraan yang ingin dibahas. 

Sebelum ingin membicarakan isi hati atau pikiran pada pasangan, pastikan sudah tahu apa yang ingin diungkapkan. Jangan sampai belum dipikirkan dengan baik, sehingga membuat masalah semakin pelik. Apalagi kalau tidak tahu poin-poin apa saja yang ingin diungkapkan.

Jadi, pikirkan masalah apa yang ingin dibicarakan. Jika tidak tahu, maka permasalahan akan panjang dan tidak fokus pada solusi yang ingin dibicarakan. Saat pembicaraan sudah keluar topik bisa saja menimbulkan pertengkaran, bahkan mengungkit masalah-masalah lain di masa lalu. 

2. Pastikan perhatian pasangan tidak terbagi

2. Pastikan perhatian pasangan tidak terbagi
Freepik/prostooleh

Saat kamu bicara, pastikan pasangan tidak melakukan hal apapun selain fokus mendengarkanmu. Jika pasangan sedang melakukan sesuatu dan kamu mulai berbicara itu hanya membuang-buang waktu. Sebab belum tentu pasangan bisa fokus dan mendengarkan kamu berbicara.

Sebaiknya jeda terlebih dahulu, lalu tunggu sampai pasangan benar-benar bisa fokus mendengarkan pembicaraan. 

Perlu diketahui bahwa fokus pasangan sangat penting karena kamu akan merasa lebih dihargai olehnya. Jadi, untuk berjalannya suatu komunikasi yang jelas harus fokus satu sama lain. 

3. Pastikan memulai pembicaraan di situasi yang tepat

3. Pastikan memulai pembicaraan situasi tepat
Unsplash/crew

Sebelum berbicara dengan pasangan, pastikan ini dilakukan di waktu yang tepat. Maksudnya sedang dalam keadaan baik-baik saja dan suasana hati yang stabil. Jika waktunya kurang tepat, maka emosi bisa saja mengambil alih pembicaraan tersebut dan berujung bertengkar.

Alangkah baiknya sebelum membuka obrolan, usahakan sudah harus bisa memprediksi apakah ini adalah waktu yang tepat atau tidak. Pastikan juga suasana hati pasangan sedang tidak terbebani dengan masalah lain, seperti masalah pekerjaan.

Intinya pastikan kedua belah pihak siap dan dalam suasana hati yang stabil.

4. Usahakan selalu ada kontak mata saat berbicara

4. Usahakan selalu ada kontak mata saat berbicara
Unsplash/Alex Holyoake

Ketika sedang berbicara pun pastikan melakukan kontak mata dengan pasangan. Walau terkesan sepele, namun ini dilakukan agar pasangan dan dirimu bisa sama-sama fokus selama pembicaraan. Selain itu, dengan menatap matanya bisa membuat obrolan menjadi lebih intens. 

Tatapan mata juga membuatmu yakin kalau pasangan sedang mendengarkan dan mencerna topik, sekaligus kita merasa lebih dihargai. 

Kontak mata saat berbicara juga mampu mendeteksi setiap tingkah laku dan pergerakan tubuh pasangan. 

Editors' Picks

5. Beritahu pasangan apa yang kamu harapkan darinya ketika sedang berkomunikasi

5. Beritahu pasangan apa kamu harapkan dari ketika sedang berkomunikasi
Unsplash/freestocks.org

Langkah selanjutnya, yakni perlu memberi penjelasan ke pasangan terkait apa yang kamu harapkan darinya ketika berkomunikasi. 

Untuk beberapa orang, reaksi usai berkomunikasi dengan pasangan sangat diperlukan misalnya sebuah jawaban atau tindakan. Tindakan atau jawaban ini juga sebagai bentuk reaksi untuk menyelesaikan masalah. 

Sebelum ada masalah yang dihadapi menjadi lebih buruk, cobalah untuk memberitahu dulu pasangan terkait tanggapan apa yang diinginkan.

Ini perlu didiskusikan agar tidak timbul kekecewaan ya, Ma. 

6. Cobalah menjadi pendengar yang baik

6. Cobalah menjadi pendengar baik
Pexels/Ana Maria Moroz

Tips lain saat berkomunikasi dengan jelas bersama pasangan, yakni cobalah untuk menjadi pendengar yang baik.  

Pasangan harus paham bahwa saat melakukan komunikasi itu butuh dua arah. Saat pasangan sedang berbicara, pastikan untuk menjadi pendengar yang baik. Apabila memiliki sanggahan atau saran, usahakan tidak memotong pembicaraannya. Biarkan pasangan menyelesaikan pembicaraannya terlebih dahulu.

Dalam sebuah hubungan juga pasti kedua belah pihak mempunyai isi hati dan pikiran masing-masing. Jadi, dengarkan dengan baik ketika pasangan mengeluarkan pendapatannya. Hal itu juga akan membuat pasangan dihargai saat berbicara. 

7. Pastikan pasangan bisa mendengar segala sesuatunya dengan baik

7. Pastikan pasangan bisa mendengar segala sesuatu baik
Pexels/Luizclas

Saat berbicara, mintalah pasangan fokus dan mendengarkan. Jadi, kamu merasa dihargai dan didengarkan ketika berbicara. Untuk itu, pastikan pasangan memang mendengarkan kamu saat berbicara dan mencerna setiap isi diskusi.

Kamu bisa memastikannya agar fokus pasangan tidak terbagi dua, yakni dengan memintanya menatap matamu. Selain itu, juga bisa memegang tangannya selama berbicara agar pasangan lebih fokus. 

8. Ulangi perkataan pasangan, sehingga tidak ada kesalahpahaman

8. Ulangi perkataan pasangan, sehingga tidak ada kesalahpahaman
Freepik

Saat pasangan mendapatkan giliran berbicara, dengar dan pahami maksud dari perkaataannya. Setelah selesai, kamu bisa memastikan maksud dan tujuan pasangan dengan mengulangi perkataannya.

Selain itu, mengulangi perkataannya agar lebih jelas dan tidak akan menimbulkan kesalahanpahaman antar kedua belah pihak. Ketika mengulangi pembicaraan pasangan, kamu bisa menyerap perkataan pasangan dengan baik.

9. Jadwalkan waktu untuk berbicara dari hari ke hati

9. Jadwalkan waktu berbicara dari hari ke hati
Freepik/cookie_studio

Pastikan sebelum berbicara kalian sedang dalam suasana hati yang stabil dan tidak sibuk. Untuk itu, atur jadwal untuk berbicara agar kedua belah pihak bisa menyiapkan diri masing-masing. Dengan mengatur jadwal pun bisa memberikan kesiapan untuk berbicara tentang isi hati dan pikiran.

Kesiapan diri juga perlu dilakukan oleh kedua belah pihak, apalagi jika ada masalah serius yang ingin diselesaikan. 

10. Ingatlah bahwa komunikasi berlangsung dengan dua arah

10. Ingatlah bahwa komunikasi berlangsung dua arah
Freepik/cookie_studio

Ingatlah dalam membangun sebuah hubungan, ada peran dua orang di dalamnya. Jadi, pastikan lakukan komunikasi dua arah dengan sama-sama mendengarkan keinginan pasangan. Jangan mau didengarkan saja, karena itu sangat egois. Berikan pasangan kesempatan untuk mengungkapkan keinginannya juga.

Ingat bahwa dalam hubungan, setiap pihak memiliki peran penting. Jadi, jangan berlaku egois dan ingin didengarkan saja. Komunikasi dua arah juga salah satu kunci lancarnya suatu hubungan.

Itulah beberapa tips atau cara agar komunikasi dengan pasangan bisa berjalan dengan lancar dan jelas. Semoga informasi ini dapat membantu Mama menjalani hubungan dengan lebih baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.