Membacakan Doa untuk Anak Sakit agar Si Kecil Lekas Sembuh

Semoga lekas sembuh, itulah harapan seorang Mama ketika anaknya sakit

16 Mei 2019

Membacakan Doa Anak Sakit agar Si Kecil Lekas Sembuh
childcareaware.org

Anak merupakan titipan dari Allah, maka orangtua sudah sewajibnya merawat dan menjaga mereka, termasuk ketika sakit. Salah satu caranya adalah dengan membacakan doa untuk anak sakit agar si Kecil lekas sembuh.

Ketika anak Mama sedang sakit, tentu saja orangtua akan merasa cemas hingga panik, apalagi jika sakit yang sedang diderita oleh si Kecil cukup parah. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya Mama dan Papa mengupayakan banyak hal agar anak bisa segera sembuh dari penyakit.

Namun terkadang para orangtua baru atau pasangan muda yang baru punya anak merasakan cemas yang berlebih karena belum punya pengalaman menghadapi anak yang sedang sakit.

Oleh karena itu, ada beberapa cara agar orangtua bisa lebih tenang ketika menghadapi anak sakit.

Selain memberikan beberapa pertolongan pertama untuk anak sakit seperti memberinya obat tradisional atau periksa ke dokter, yang paling penting Mama lakukan yakni dengan membaca doa untuk anak sakit agar lekas sembuh.

Simak rangkuman Popmama.com berikut ini tentang Doa untuk Anak Sakit yang sebaiknya dibacakan oleh orangtua dari anak yang sedang sakit.

1. Membaca Al Fatihah

1. Membaca Al Fatihah
konsultasisyariah.com

Doa untuk anak yang sedang sakit dapat Mama lakukan dengan membacakan surat Al Fatihah. Dengan membaca surah Al Fatihah, Mama bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sekaligus meminta agar si Kecil lekas sembuh.

Ini karena surah Al Fatihah isinya adalah rangkuman dari Alquran. Jadi sangat disarankan sekali untuk membacanya ketika anak sakit.

Editors' Picks

2. Doa Nabi ketika mengunjungi orang sakit

2. Doa Nabi ketika mengunjungi orang sakit
healthyessentials.com

Rasulullah SAW juga pernah bersabda; siapa saja yang sedang menjenguk orang yang dilanda sakit sebelum datang ajalnya, maka bacalah doa:

“Asalullahal adhim, robbal Arsyil adhim an-yasyfiyaka.”

Doa dibacakan sebanyak tujuh kali supaya penyakitnya lekas sembuh.

Sebaiknya, sebelum Mama membaca doa tersebut kepada orang sakit termasuk anak, awali terlebih dahulu dengan membaca surat Al Fatihah dan membaca beberapa surat pendek lainnya. Disarankan pula untuk membaca istigfar lalu meniupkannya ke air putih.

Jika sudah, Mama bisa membaca doa tersebut untuk sang buah hati, lalu anak bisa meminum airnya sampai habis. InsyaAllah, anak Mama lekas sembuh dari sakit yang dideritanya.

3. Doa meminta kesembuhan yang dibaca Nabi Ayub

3. Doa meminta kesembuhan dibaca Nabi Ayub
kpthrivingfamilies.org

Selain Nabi Ayub, Rasullullah juga membacakan doa ini untuk kesembuhan keluarganya yang tengah dilanda sakit dengan cara mengusapkan tangan kanan beliau sambil mengucap doa:

“Allahumma Robbanasi Adhibilbaksa isfianta syafila’a sifa’uka si’faan Layughodirusakomah.”

Pada saat si Kecil sakit bahkan sampai kondisinya parah, sebagai orangtua Mama harus berusaha mengobatinya sebaik mungkin dan tidak panik.

Namun yang terpenting juga adalah jangan lupa membacakan doa untuk anak dan meminta pada Allah SWT supaya penyakitnya segera disembuhkan. Dengan begitu Mama bisa lebih tenang dan ikhlas memasrahkan keadaan kepada Sang Pencipta.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!