5 Cara Menenangkan Diri sebelum Persalinan Prematur

Jangan panik, lakukan ini menjelang persalinan prematur!

16 Juli 2021

5 Cara Menenangkan Diri sebelum Persalinan Prematur
Freepik/prostooleh

Mama dan pasangan mungkin memiliki emosi yang campur aduk ketika dikabarkan harus melakukan persalinan prematur. Di samping bersemangat karena akan lebih cepat bertemu buah hati, beragam risiko mengintai tentu membuat Mama merasa tegang.

Hal ini normal terjadi, namun sebaiknya segera diredam agar tidak terjadi komplikasi lanjutan akibat kurangnya persiapan mental mama sebelum persalinan. Jangan khawatir, Mama bisa mengikuti lima cara menenangkan diri sebelum persalinan prematur a la Popmama.com berikut ini!

1. Edukasi diri mengenai kelahiran prematur

1. Edukasi diri mengenai kelahiran prematur
Freepik

Rasa cemas umumnya datang karena ketakutan terhadap ketidakpastian. Dalam hal ini, Mama cenderung lebih tegang dan cemas ketika pengetahuan mama terkait kondisi bayi dan prosedur persalinan prematur masih terlalu sedikit bahkan mungkin tidak ada sama sekali.

Pengetahuan yang didapat dari rajin membaca artikel kredibel dan berkonsultasi dengan dokter ahli yang menangani Mama akan sangat membantu mempersiapkan mental dan fisik mama sebelum persalinan.

Editors' Picks

2. Latih tubuh dan pikiran

2. Latih tubuh pikiran
Freepik/yanalya

Menjelang persalinan prematur, Mama dianjurkan untuk rajin melatih pernap asan, relaksasi otot, dan sadar diri atau mindfulness. Tiga hal ini penting dilakukan untuk menjaga ketenangan tubuh dan pikiran dari cemas atau tegang yang mengganggu.

Mama dapat melakukan yoga atau meditasi khusus ibu hamil yang sudah disetujui oleh dokter. Apabila Mama menggunakan jasa instruktur, pastikan instruktur mama tahu kondisi tubuh mama saat ini dan kondisi yang akan Mama hadapi sebentar lagi.

3. Fokuskan pikiran dan tindakan

3. Fokuskan pikiran tindakan
Freepik/user18526052

Usahakan untuk memikirkan sisi positif dari kondisi persalinan prematur, seperti betapa menyenangkannya akan segera bertemu dengan buah hati atau betapa siapnya Mama dengan bekal pengetahuan untuk merawat bayi prematur.  

Selain berpikir positif, hindari bertindak gegabah. Lakukan segala sesuatu satu per satu dan fokus pada saat ini. Bantu diri Mama untuk berhenti mengkhawatirkan hal-hal yang belum terjadi.

4. Lakukan hobi yang menenangkan

4. Lakukan hobi menenangkan
Freepik/wayhomestudio

Silakan lakukan hobi atau kegiatan apapun yang menyenangkan dan menenangkan Mama tanpa membahayakan kondisi kandungan atau janin. Sebagai contoh, Mama bisa mendengarkan musik favorit, melukis, membaca buku bagus, menulis jurnal, atau berjalan santai di sore hari.

5. Jangan segan meminta bantuan

5. Jangan segan meminta bantuan
Freepik/Tirachardz
Ilustrasi

Jika Mama terus merasa tegang dan cemas, bicarakan dengan orang-orang terdekat atau konsultasikan dengan dokter kepercayaan. Jangan ragu atau malu untuk mencari bantuan dari orang lain, bahkan meski hanya untuk meluapkan kekhawatiran Mama.

Itu dia lima cara menenangkan diri sebelum persalinan prematur. Jangan panik dan semoga persalinan mama berjalan lancar, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.