5 Cara Menyembuhkan Luka pada Puting akibat Gigitan Bayi

Segera atasi agar tidak mengganggu proses menyusui ya, Ma

21 Januari 2021

5 Cara Menyembuhkan Luka Puting akibat Gigitan Bayi
Pexels/JonathanBorba

Tidak sedikit mama baru yang harus merasakan penderitaan akibat luka gigitan bayi pada puting saat menyusui. Padahal, kondisi puting yang pecah-pecah, nyeri, hingga berdarah berpotensi menjadi infeksi yang membahayakan Mama dan si Kecil.

Dalam mengobati luka pada puting akibat gigitan bayi, Mama perlu memerhatikan keamanan bahan yang digunakan. Ingat, segala sesuatu yang Mama gunakan akan ditelan juga oleh bayi saat menyusu.

Tidak perlu bingung, berikut Popmama.com rekomendasikan lima cara mengobati luka pada puting akibat gigitan bayi.

1. Kompres hangat

1. Kompres hangat
Pexels/SkylarKang

Pertolongan pertama terbaik setelah mendapat gigitan adalah dengan mengompres luka di area payudara dengan kain hangat. Cara ini ampuh meredakan rasa sakit dan meredakan pembengkakan.  

Editors' Picks

2. Olesi dengan ASI

2. Olesi ASI
Pexels/EnginAkyurt

Ajaibnya kuasa Tuhan, bahkan tubuh .ama sudah menyediakan bahan alami untuk mengobati diri. ASI mengandung zat antibodi, antiinflamasi, dan pelembap yang baik untuk membantu pemulihan puting yang terluka.

Mama hanya perlu memerah sedikit ASI setelah menyusui dan mengoleskanya pada area puting yang terluka hingga mengering.

3. Kompres dengan es batu

3. Kompres es batu
Pexels/EnriqueZafra

Ketakutan karena rasa sakit pada puting yang terluka tidak seharusnya menghalangi Mama untuk memberikan ASI terbaik bagi si Kecil.

Coba kompres es batu dari air yang steril ke area puting yang terluka beberapa saat sebelum menyusu untuk membuatnya terasa kebal selama sesi menyusui nanti. Mama bisa melapisi es batu dengan kain yang bersih.

4. Minyak kelapa

4. Minyak kelapa
Unsplash/TijanaDrndarski

Minyak kelapa atau coconut oil bersifat antijamur dan baik digunakan untuk mencegah luka pada puting agar tidak berkembang menjadi infeksi.

Pelembap alami ini akan membantu menyembuhkan puting yang pecah-pecah akibat gigitan bayi dan aman untuk bayi ketika menyusu.

5. Salep puting

5. Salep puting
Freepik/freepik

Beruntungnya Mama, kini sudah banyak krim atau salep khusus untuk mengobati puting yang lecet atau luka. Pastikan salep yang Mama gunakan adalah orisinil, terdaftar BPOM, dan jauh dari tenggat kedaluwarsa.

Nah, itu dia lima cara mengobati luka pada puting akibat gigitan bayi saat menyusu. Apabila sakit yang dirasa berkepanjangan atau sangat mengganggu, segera periksakan pada dokter.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.