Susah Tidur? Ini 5 Metode Alami untuk Mengatasi Postpartum Insomnia

Sulit tidur pasca melahirkan? Coba 5 cara mandiri ini di rumah, yuk!

12 Juli 2021

Susah Tidur Ini 5 Metode Alami Mengatasi Postpartum Insomnia
Freepik/jcomp

Kasus susah tidur setelah melahirkan atau postpartum insomnia sangat lumrah dialami perempuan. Fluktuasi hormonal, gangguan mood, dan penyesuaian waktu istirahat dengan kehadiran si Kecil kerap memicu kondisi ini.

Mama yang mengalami postpartum insomnia akan sulit sekali tidur lelap meski si Kecil sudah tertidur dan sangat mudah terbangun karena cemas atau berkeringat, bahkan hanya karena sedikit sekali gangguan suara.

Jangan khawatir, berikut Popmama.com rangkum lima cara mengatasi susah tidur setelah melahirkan.

1. Kurangi kafein dari kopi dan beralih ke teh herbal

1. Kurangi kafein dari kopi beralih ke teh herbal
Freepik/8photo

Salah satu alasan Mama sulit tertidur di malam hari adalah asupan kafein harian yang berlebih. Batasi konsumsi kopi harian mama menjadi hanya satu cangkir per hari dan diminum sebelum siang hari saja.

Sebagai alternatif jangka pendek, Mama bisa mencoba mengonsumsi teh lavender atau chamomile. Dua teh herbal ini terbukti secara ilmiah mampu merangsang perasaan postif dan ikatan emosional ibu terhadap bayi, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi gejala depresi serta kelelahan.

Penting untuk menikmati aroma teh selama meminumnya satu cangkir per hari untuk efek positif hingga empat minggu.

Editors' Picks

2. Lakukan teknik pernapasan mendalam dan relaksasi otot

2. Lakukan teknik pernapasan mendalam relaksasi otot
Freepik

Latihan pernapasan ritmik sederhana dapat membantu Mama rileks dan mengantuk. Sementara latihan relaksasi otot membantu Mama menenangkan diri dan pada akhirnya juga mengantuk.

Ada sangat banyak tutorial latihan pernapasan sederhana di internet. Mama juga bisa mencoba yoga khusus untuk relaksasi otot atau meditasi sebelum tidur.

3. Akupresur

3. Akupresur
Pinterest/BodyJ4You

Akupresur adalah sebuah terapi tradisional asal Tiongkok berupa penekanan titik tertentu pada tubuh menggunakan jari, bukan jarum seperti akupuntur. Mama dapat menekan titik Shen Men di telinga, tepatnya pada puncak fossa segitiga.

Menekan atau memijat bagian ini dapat membantu mengatasi berbagai kondisi kecemasan, rasa takut, dan stress yang seringkali menjadi penyebab sulit tidur. Mama bisa melakukan teknik akupresur sendiri atau dengan bantuan pasangan atau ahli.

4. Matikan seluruh gadget elektronik satu jam sebelum tidur

4. Matikan seluruh gadget elektronik satu jam sebelum tidur
Freepik/diana.grytsku

Menjelang tidur, Mama mungkin masih sering menonton televisi atau melihat media sosial. Tanpa sadar waktu terus berlalu dan Mama terlalu asyik menatap layar hingga sangat larut. Mulai sekarang, yuk kurangi screen time sebelum tidur!

Laptop, handphone, tablet, dan televisi merangsang aktivitas otak yang membuat Mama terjaga dan mengganggu tidur Mama. Cahaya yang dipancarkan peralatan ini juga menurunkan tingkat melatonin atau hormon tidur dalam tubuh hingga menyebabkan Mama sulit tidur nyenyak.

5. Pijat punggung

5. Pijat punggung
Freepik/Wavebreakmedia

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Taiwan membuktikan bahwa terapi pijat punggung selama 20 menit setiap sore selama lima hari berturut-turut mampu memperbaiki kualitas tidur perempuan pasca melahirkan.

Mama bisa meminta orang terdekat atau memanggil tenaga pijat khusus untuk membantu relaksasi tubuh dan memperbaiki kualitas tidur. Penggunaan minyak dengan harum lavender atau chamomile disarankan agar efek yang didapat lebih maksimal.

Itulah lima cara mengatasi susah tidur setelah melahirkan. Jika sudah melakukan cara di atas namun Mama tetap mengalami kesulitan tidur berkelanjutan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.