Pijat Rahim Setelah Melahirkan dan Manfaatnya

Ternyata punya banyak manfaat, yuk pijat rahim setelah persalinan!

25 September 2021

Pijat Rahim Setelah Melahirkan Manfaatnya
Freepik/javi_indy
belly massage

Setelah melahirkan, banyak perempuan yang langsung fokus pada bayi namun lupa untuk merawat dirinya sendiri. Padahal tubuh Mama baru saja melalui proses panjang yang melelahkan sejak kehamilan dan perlu istirahat serta perawatan agar cepat pulih.

Salah satu perawatan yang baik untuk dilakukan setelah melahirkan adalah pijat rahim. Pemijatan ringan secara perlahan pada area perut ini dapat dilakukan segera setelah persalinan hingga akhir periode nifas.

Jika pijat seluruh badan pada umumnya memberikan banyak manfaat, pijat rahim pasca melahirkan juga memiliki efek yang baik untuk tubuh Mama, lho! Penasaran? Yuk, cari tahu lebih lanjut dalam pemaparan Popmama.com berikut ini, Ma!

1. Membantu penyesuaian organ pasca melahirkan

1. Membantu penyesuaian organ pasca melahirkan
Pexels/KindelMedia

Menurut artikel di website Heatlhline, sepanjang proses kehamilan, organ tubuh Mama melakukan berbagai penyesuaian terhadap hadirnya janin. Setelah melahirkan, organ tubuh perlu kembali pada posisi dan ukuran awal.

Meski organ tubuh Mama dapat kembali dengan sendirinya, pijat rahim dapat membantu mempercepat proses pembenaran posisi organ area sekitar rahim dan pengempisan organ-organ yang bengkak.

Editors' Picks

2. Melancarkan sirkulasi darah

2. Melancarkan sirkulasi darah
Pexels/PolinaZimmerman

Pada dasarnya aktivitas pijat memang dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk dengan pijat rahim. Pijatan lembut di area perut pasca melahirkan dapat memicu pembuluh darah yang tegang atau terhambat alirannya di sekitar area tersebut kembali lancar.

Jangan salah, dengan lancarnya sirkulasi darah di area perut setelah melahirkan, stretchmark di area tersebut juga bisa berkurang, lho! Menarik, bukan?

3. Membantu mempercepat proses ekskresi tubuh

3. Membantu mempercepat proses ekskresi tubuh
Freepik/javi_indy

Setelah melahirkan, Mama akan mengeluarkan darah, lendir, dan jaringan plasenta dari tubuh. Zat-zat ini dieksresi melalui perdarahan nifas selama 2-6 minggu, bahkan bisa jadi lebih tergantung pada berbagai faktor seperti hormon dan kondisi kesehatan Mama.

Mama disarankan agar melakukan pijat rahim setelah persalinan karena aktivitas ini dapat membantu tubuh mengeluarkan berbagai sisa-sisa zat tersebut dengan lebih cepat dan menjangkau area rahim secara lebih menyeluruh.

4. Relaksasi otot area rahim

4. Relaksasi otot area rahim
Instagram.com/mindful_mamas

Efek paling nyata dari pijat di bagian manapun adalah rileks. Selain bagus untuk meredakan stress pasca persalinan, pijat rahim juga sangat baik untuk relaksasi otot area rahim yang tegang atau bengkak selama kehamilan hingga persalinan.

Aktivitas pijat rahim bahkan bisa mempercepat pemulihan otot di sekitar rahim dan meminimalisir risiko terjadinya kondisi prolapseuteri, yakni turunnya posisi rahim hingga menonjol keluar vagina akibat gangguan otot dasar pelvis.

5. Meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur

5. Meningkatkan suasana hati kualitas tidur
Pexels/AndreaPiacquadio

Tahukah Mama? Pijat rahim dapat memicu produksi empat hormon bahagia tubuh dan menekan hormon stress. Suasana hati Mama akan terasa lebih baik dan tubuh akan terasa lebih bugar. Risiko terjadinya berbagai gangguan mental pasca melahirkan seperti baby blues, depresi, dan kecemasan postpartum juga akan semakin minim.

Hati senang, pikiran tenang, dan tubuh yang rileks, bugar, serta lebih sehat tentu membuat Mama menjadi lebih mudah dan lebih cepat tidur nyenyak setelah melahirkan.

Pijat rahim dapat dilakukan secara mandiri atau dibantu oleh tenaga profesional. Perlu diingat juga bahwa pijat rahim harus dilakukan secara sangat hati-hati, atas persetujuan dokter yang bertanggung jawab menangani Mama, dan tidak dianjurkan untuk Mama yang melahirkan dengan prosedur caesar, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.