Patut Dicoba, 5 Sup Sehat untuk Pemulihan Tubuh setelah Melahirkan

Lima hidangan sup dari seluruh dunia yang baik untuk pemulihan ibu pasca melahirkan

10 November 2020

Patut Dicoba, 5 Sup Sehat Pemulihan Tubuh setelah Melahirkan
freepik/stockking

Fokus penuh untuk menjaga kondisi kandungan selama sembilan bulan, Mama mungkin tidak terlalu memikirkan perawatan yang diperlukan untuk memulihkan diri setelah melahirkan. Padahal, keduanya sama pentingnya.

Setelah melahirkan, Mama butuh nutrisi yang mudah dicerna dan melebur untuk dapat menyeimbangkan hormon serta membentuk darah. Salah satu menu termudah yang sangat baik untuk mama konsumsi pasca melahirkan adalah sup!

Jangan khawatir bosan dengan hidangan sup yang itu-itu saja, berikut Popmama.com informasikan lima sup sehat pemulihan tubuh setelah melahirkan. Sup sehat ini berasal dari seluruh dunia, lho. Yuk, simak informasinya!

1. Sup Rumput Laut dari Korea

1. Sup Rumput Laut dari Korea
Pinterest/VickyWasik

Miyeok Guk” adalah hidangan sup rumput laut khas Korea yang kerap menjadi santapan utama para perempuan Korea pada masa Saam-chil-il, atau pasca melahirkan. Kaya akan kalsium, serat, dan zat besi, sup rumput laut ini dapat mencegah patah tulang, konstipasi, dan anemia.

Sup ini juga sangat baik untuk menghidrasi tubuh dan membantu produksi ASI selama masa menyusui.

Editors' Picks

2. Sup Cuka Babi dari Cina

2. Sup Cuka Babi dari Cina
Pinterest/WilliamsSonoma

Rekomendasi hidangan ini ditujukan untuk Mama yang non muslim. Sejak dulu, perempuan Cina mengandalkan sup cuka babi sebagai sumber asupan protein yang sangatlah penting dalam pemulihan jaringan tubuh setelah melahirkan.

Kandungan jahe, kaki babi, dan cuka beras manis membuat sup ini sangat gurih dan kaya rasa. Hati-hati dengan porsinya apabila Mama berencana untuk segera diet setelah melahirkan ya, Ma.

3. Sup Tomat Herbal dari Amerika Serikat

3. Sup Tomat Herbal dari Amerika Serikat
Pexels/NaimBenjelloun

Populer di Negara Paman Sam, sup tomat herbal dengan tekstur agak kental ini akan sangat membantu Mama melawan radikal bebas dan peradangan yang umumnya terjadi pasca melahirkan.

Sup tomat herbal memiliki campuran basil, parsley, kunyit, dan bawang putih yang dapat membangkitkan mood, mendetoksifikasi hati, mencegah radang, dan menjadi antibakteri yang sangat baik untuk pemulihan tubuh mama.

4. Sup Ayam dari Meksiko

4. Sup Ayam dari Meksiko
freepik/Azerbaijan_stockers

Masyarakat Meksiko meyakini bahwa pada periode “cuarentina” atau 40 hari setelah melahirkan, organ reproduksi perempuan sedang dalam masa penyembuhan dan pemulihan untuk kembali ke bentuk asalnya setelah melahirkan. Untuk itu, perempuan Meksiko dianjurkan untuk hanya beristirahat, menyusui, dan bersantai dengan bayinya pada periode tersebut.

Selama itulah hidangan “Caldo de Pollo” atau sup ayam khas Meksiko ini menjadi menu utama para mama di sana. Sup ini cocok untuk dikonsumsi karena campuran wortel, tomat, bawang putih, jeruk nipis, dan safflower di dalamnya membuat rasa sup ringan untuk penyembuhan dan tidak terlalu menyengat untuk dikonsumsi. Hampir seperti sup ayam biasa di Indonesia ya, Ma?

5. Sup Ikan Pepaya Hijau dari Vietnam

5. Sup Ikan Pepaya Hijau dari Vietnam
souperdiaries.com/NutritiousGreenPapayaSoup

Jika pepaya dianjurkan untuk dihindari selama masa kehamilan, Mama justru dianjurkan untuk mengonsumsi hidangan dari buah yang satu ini setelah melahirkan!

Sup Ikan Pepaya Hijau yang terkenal sebagai tradisi Cina dan Vietnam ini sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, menyeimbangkan elektrolit, mengatur terkanan darah, memompa energi, dan menjaga kesehatan serta fungsi jantung dan otot mama setelah melahirkan.

Tidak hanya itu, sup yang biasanya menggunakan ekor ikan kakap merah ini juga dikenal juaranya untuk melancarkan ASI, lho!

Itu dia lima hidangan sup sehat untuk pemulihan tubuh setelah melahirkan. Jangan lupa untuk memastikan Mama terhindar dari alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam sup, ya.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.