Bisa Menyusui dengan Lancar, Ini 5 ASI Booster Alami Andalan Mama

Serba enak, mudah ditemukan, dan pasti bikin happy

22 September 2019

Bisa Menyusui Lancar, Ini 5 ASI Booster Alami Andalan Mama
Freepik/Freepic-diller

Seampuh-ampuhnya ASI booster buatan dan kimiawi, nggak ada yang bisa mengalahkan versi alaminya. ASI booster pun tidak harus selalu makanan, Ma.

Mama nggak usah pusing-pusing mencari makanan/minuman yang harganya kadang tidak ramah di kantong dan mengusung label ASI booster. Faktanya, banyak lho aneka makanan murah meriah yang bisa jadi pelancar produksi ASI.

Karena kunci ASI booster adalah hal-hal yang bisa menjaga mood Mama tetap happy!

Apa saja yang bisa jadi ASI booster alami andalan Mama? Berikut Popmama.comrangkumkan khusus untuk Mama yang sedang menyusui.

1. Pijatan suami

1. Pijatan suami
Unsplash/Louis Hansel

Selain pijat payudara, pijatan suami pada punggung Mama sebelum atau sesudah menyusui bisa meningkatkan produksi ASI Mama.

Sering disebut sebagai pijat oksitosin, sentuhan sederhana yang diberikan suami pada punggung dapat membuat tubuh Mama relaks dan pikiran lebih tenang.

Cara memijatnya juga mudah, Ma. Mama bisa duduk membelakangi Papa dengan kondisi bagian punggung terbuka. Tundukkan kepala agar memudahkan Papa saat memijat.

Biarkan Papa memijat punggung Mama dengan menekan bagian kanan dan kiri tulang punggung sekitar 15 menit. Titik inilah yang menjadi pemicu produksi hormon oksitosin, Ma.

Maka, saat proses pemijatan dilakukan, disarankan Mama tidak mengenakan pakaian. Lalu, siapkan wadah untuk menampung ASI yang merembes.

Baca juga:

2. Belanja online

2. Belanja online
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Siapa sih yang nggak suka belanja online? Bagi sebagian besar Mama yang menyusui, belanja online ternyata jadi booster ASI andalan. Sekadar pergi ke mini market beli camilan saja sudah senang, apalagi kalau membeli barang-barang yang diidamkan sejak lama.

Eits, tapi jangan sampai belanja online membuat dompet Mama atau tagihan kartu kredit membengkak ya, Ma. Tetap belanja seperlunya dan cari barang yang benar-benar diperlukan.

Misalnya, baju menyusui cantik untuk jalan-jalan, homedress kece supaya menyusui di rumah lebih semangat, atau lipstik warna favorit Mama. Apapun yang bisa membuat Mama lebih bahagia dan menyusui si Kecil dengan hati berbunga-bunga!

Editors' Picks

3. Makan makanan favorit

3. Makan makanan favorit
Pexels/bruce mars

Ya, makanan ASI booster alami sebetulnya nggak usah mahal-mahal. Mama nggak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli bahan makanan mahal yang sering disebut-sebut sebagai super food atau suplemen booster ASI. Kecuali, Mama memang mendapatkan rekomendasi dari dokter.

Mama cukup menyantap makanan favorit yang harganya murah, nggak  bikin kantong bolong, dan pastinya enak! Mama merasa happy dengan nasi dan telur dadar? Buat saja! Semangkuk buah pepaya dingin dan segar dengan kucuran jeruk nipis dan taburan gula pasir terlihat menggoda? Makan saja!

Sepanjang makanan tersebut juga bernutrisi dan mampu memenuhi asupan gizi Mama sebagai ibu menyusui, boleh-boleh saja Mama makan sebagai ASI booster alami. Namun, makan secukupnya juga ya, Ma, dan selalu cek reaksi bayi usai Mama menyantap sesuatu untuk mengetahui kemungkinan alergi.

Beberapa contoh bahan makanan murah dan terjangkau yang bisa Mama santap sebagai ASI booster alami adalah:

  • Buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka dan jeruk
  • Kacang-kacangan, misalnya kacang hijau, kacang merah, almond, kedelai
  • Sayur-sayuran hijau, seperti daun katuk
  • Makanan berprotein tinggi, seperti telur, ikan, daging sapi, daging ayam

4. Istirahat cukup

4. Istirahat cukup
Freepik

Ya, ASI booster yang ini nggak kalah penting. Mama harus cukup istirahat untuk menjaga pasokan ASI tetap lancar. Usahakan Mama ikut tidur saat bayi sedang tidur. Kalaupun Mama tidak bisa tidur di waktu yang sama dengan waktu tidur si Kecil, pastikan Mama tidak melakukan aktivitas terlalu berat.

Pada periode awal kelahiran bayi, sebaiknya Mama memang mengurangi jumlah kegiatan di dalam rumah. Tubuh Mama juga perlu pemulihan usai melahirkan sambil terus memproduksi ASI. Jangan sampai Mama terlalu lelah dan berujung pada stres, karena ini bisa mengganggu produksi ASI.

5. Perbanyak minum

5. Perbanyak minum
Pexels/Daria Shevtsova

Mama tentu tahu bagaimana rasanya kehausan dan tenggorokan kering setiap usai menyusui. Itulah kenapa ibu menyusui harus memperbanyak asupan cairan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Minum air mineral jelas jadi keharusan. Mama bisa menyediakan segelas air di samping tempat tidur atau membawa botol minum saat bepergian keluar rumah.

Selain air mineral, Mama juga bisa menambah asupan cairan dari buah-buahan yang tinggi kandungan air, jus buah tanpa gula, atau minuman favorit Mama lainnya.

Namun, usahakan Mama tidak mengonsumsi minuman kemasan atau berkafein dalam jumlah banyak. Karena kedua jenis minuman itu bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan bayi. Sesekali tentu saja boleh, asal Mama memerhatikan jumlah yang dikonsumsi.

Itulah 5 ASI booster alami yang bisa Mama coba praktikkan sendiri di rumah. Apapun jenis booster-nya, selama hal itu menyehatkan fisik dan psikologis Mama, plus melancarkan produksi ASI, semua boleh dicoba. Lebih penting lagi adalah Mama selalu happy!

Kira-kira, Mama punya ASI booster alami versi Mama sendiri? Share di sini yuk!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!