7 Tips Tingkatkan Peluang Melahirkan Normal

Jangan lupa tetap menjaga kesehatan tubuh selama hamil, ya

5 Desember 2020

7 Tips Tingkatkan Peluang Melahirkan Normal
Freepik/lesterman

Sebagian besar ibu hamil ingin merasakan pengalaman melahirkan secara normal. Jika Mama termasuk salah satunya, ada beberapa hal yang bisa mulai dilakukan sejak hamil.

Selain membantu meningkatkan peluang melahirkan secara normal, tips-tips ini juga penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan janin di dalam kandungan.

Yang tak kalah penting, pastikan Papa juga mendukung keputusan mama untuk berencana melahirkan normal, ya. Dukungan dari orang terdekat bisa membantu meningkatkan peluang mama juga.

Dirangkum Popmama.com dari berbagai sumber, berikut tujuh tips meningkatkan peluang melahirkan normal untuk Mama:

1. Jaga posisi janin tetap optimal

1. Jaga posisi janin tetap optimal
Freepik

Dikutip dari Belly Belly, menjaga posisi janin tetap optimal menjadi salah satu langkah penting untuk meningkatkan peluang melahirkan normal. Salah satunya adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang membuat posisi janin kurang pas.

Di antaranya seperti jarang bergerak, suka membungkuk, berdiri dan duduk dengan postur yang buruk, serta kebiasaan menggunakan high heels terlalu lama.

Kebiasaan-kebiasaan buruk terkait posisi tubuh dan postur dapat membuat posisi panggul mama menjadi tidak optimal, sehingga janin pun mengalami kesulitan untuk menemukan jalan lahir.

Penggunaan birthing ball juga bisa Mama manfaatkan untuk memperbaiki postur tubuh mama dan mempermudah janin bergerak menuju jalan lahir.

2. Cari dokter atau bidan yang pro-normal

2. Cari dokter atau bidan pro-normal
nearsay.com

Tidak ada yang lebih penting dari adanya dukungan dari orang sekitar tentang keinginan mama untuk melahirkan normal, termasuk dari tenaga medis seperti dokter kandungan atau bidan.

Jangan ragu sampaikan keinginan mama untuk bisa melahirkan secara normal. Jika perlu, siapkan daftar pertanyaan terkait untuk menambah informasi mama. Pastikan Mama merasa nyaman dengan dokter atau bidan yang dipilih.

Jika Mama sebelumnya pernah melahirkan secara operasi caesar, biasanya akan lebih sulit untuk menemukan dokter pro-normal. Oleh sebab itu, selalu jaga kesehatan mama dan yakinkan bahwa Mama mampu berupaya sesuai anjuran dokter.

Editors' Picks

3. Lakukan pijat perineum

3. Lakukan pijat perineum
Freepik

Meski belum terlalu populer, namun pijat khusus ini diyakini bisa membantu supaya proses persalinan lebih lancar dan nyaman. Dikutip dari American Pregnancy Association, pijat perineum adalah tekanan dan pijatan lembut di area jalan lahir guna membuatnya menjadi lebih lentur jelang persalinan.

Persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan. Pastikan tangan berada dalam kondisi bersih, sebab pijatan dilakukan di area yang rentan, Ma. Setelah itu, pilihlah posisi yang nyaman untuk melakukan pijat perineum. Mama bisa melakukannya sambil duduk atau berbaring, atau bahkan sambil berdiri dengan satu kaki di kursi.

Apabila persiapan sudah dilakukan dan Mama hendak melakukan pijat perineum, lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Oleskan minyak di area vagina dan sekitarya. Dengan menggunakan jari telunjuk atau jari tengah atau keduanya, masukkan sekitar satu inci ke dalam vagina.
  • Tekan dengan lembut jari-jari mama ke arah anus. Beberapa kali selama pijatan, secara sadar rilekskan otot di daerah ini. Teruslah memijat ke arah bawah dan luar untuk meregangkan dan melemaskan jaringan-jaringan perineum.
  • Pijatan seharusnya tidak menimbulkan rasa nyeri. Namun pada hari-hari awal melakukan pijat, wajar jika merasa tidak nyaman sesudahnya. Lanjutkan pijatan hingga maksimal lima menit. Oleskan kembali minyak jika diperlukan.
  • Setelah selesai melakukan pijat, kompres area vagina dengan air hangat supaya lebih rileks dan mengurangi rasa tidak nyaman.

4. Tetap aktif bergerak pada tahap awal persalinan

4. Tetap aktif bergerak tahap awal persalinan
Freepik/valeria_aksakova

Bukti-bukti ilmiah menunjukkan bahwa banyak bergerak dan berjalan dapat mempercepat waktu persalinan tahap awal. Jadi, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak semampu Mama pada tahap ini.

Mama juga bisa menggunakan birthing ball yang kini mulai disediakan oleh fasilitas kesehatan, termasuk rumah sakit ibu dan anak. Demikian dikutip dari Baby Centre.

Pastikan Mama memiliki pegangan yang kuat dan lakukan setiap gerakan semampu Mama, ya.

5. Pelajari teknik relaksasi dan pernapasan

5. Pelajari teknik relaksasi pernapasan
shrewdmommy.com

Tetap tenang dan mengontrol pernapasan dengan baik menjadi satu faktor kunci jika Mama ingin melahirkan secara normal. Melatih teknik relaksasi seperti napas dalam, pijatan, dan meditasi selama kehamilan pun diyakini dapat membantu Mama lebih tenang.

Teknik relaksasi dapat membantu Mama melepaskan ketegangan otot. Hal ini pun secara tidak langsung dapat membantu mengatasi kecemasan sehingga Mama merasa lebih positif selama proses persalinan, terutama untuk mengendalikan nyeri kontraksi.

6. Manfaatkan jasa doula

6. Manfaatkan jasa doula
whattoexpect.com

Untuk membantu mendukung Mama selama proses persalinan, jasa doula bisa Mama manfaatkan juga. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa doula mampu memberikan dukungan kelahiran yang lebih efektif, dibandingkan dengan anggota keluarga.

Doula mampu mendukung Mama sekaligus Papa, serta memberikan kenyamanan dalam menjalani persalinan. Termasuk untuk membantu mengurangi kecemasan yang Mama alami.

Berdasarkan banyak penelitian di seluruh dunia, memiliki doula untuk mendampingi proses persalinan dapat memberikan beberapa manfaat. Termasuk secara signifikan mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit, membuat proses persalinan lebih efisien, mengurangi kemungkinan operasi caesar, meningkatkan keberhasilan menyusui dan mengurangi kejadian depresi setelah melahirkan.

7. Aktif ikut kelas persiapan melahirkan khusus ibu hamil

7. Aktif ikut kelas persiapan melahirkan khusus ibu hamil
Freepik

Dilansir Motherly, kelas persiapan akan membantu memberikan Mama berbagai informasi tentang proses persalinan serta apa saja yang perlu Mama siapkan. Banyak keterampilan yang juga bisa Mama pelajari, termasuk cara mengejan yang efektif, serta cara mengurus bayi baru lahir (misalnya untuk menggendong dan memandikan).

Demikian beberapa informasi tentang cara meningkatkan peluang persalinan normal. Yuk Ma disiapkan sejak masa kehamilan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.