Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata pada Ibu Menyusui

Mata panda membuat Mama tidak percaya diri, coba dengan bahan alami ini untuk menghilangkannya

22 Juli 2021

Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata Ibu Menyusui
Unsplash/Ani Kolleshi

Memiliki buah hati memang dambaan setiap calon orangtua. Setelah kehamilan, Mama akan melahirkan dan mengemban peran baru sebagai ibu menyusui.

Meski sebuah proses yang alami, menyusui seringkali menimbulkan dampak pada para Mama. Salah satu yang banyak dialami adalah timbulnya kantung mata akibat kurang tidur.

Kantung mata atau yang juga biasa disebut mata panda, seringkali membuat Mama tidak percaya diri. Lalu bagaimana cara menghilangkan kantung mata saat menyusui?

Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama. Disimak yuk, Ma! 
 

1. Mengompres mata dengan bahan-bahan alami

1. Mengompres mata bahan-bahan alami
Unsplash/Adrian Motroc

Dengan mengompres mata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata saat menyusui. Mengompres mata bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan oleh Mama. 

Bahan-bahan tersebut yakni: 

  • Kapas atau kain yang direndam dengan air dingin kemudian letakkan pada mata yang tertutup.
  • Ampas atau bekas teh hijau yang di letakkan pada mata tertutup. 
  • Mengiris mentimun bulat-bulat kemudian letakkan pada mata tertutup.

Ketiga bahan tersebut dapat digunakan secara rutin agar mendapakan hasil yang maksimal. 
 

Editors' Picks

2. Mengonsumsi vitamin A dan vitamin C

2. Mengonsumsi vitamin A vitamin C
Unsplash/Zachary Kadolph

Mengonsumsi vitamin A dan vitamin C juga penting untuk mengatasi kantung mata. Kedua vitamin ini berkaitan dengan kolagen yang ada di dalam tubuh. Perlu diketahui Ma, bahwa semakin tua maka kolagen dalam tubuh tidak sebanyak seperti saat muda, yang akhirnya menyebabkan mata mulai mengendur. 

Dengan vitamin A dan vitamin C dapat membantu kinerja jaringan pada mata tetap baik sehingga kantung mata tidak mengendur.

Adapun sumber vitamin A bisa didapatkan dari wortel, tomat, melon, susu, telur, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk vitamin C bisa dari jeruk, lemon, jambu, atau stroberi. 
 

3. Jangan sampai Mama stres

3. Jangan sampai Mama stres
Unsplash/Chandra Oh

Ternyata dengan menghindari stres juga dapat menghilangkan kantung mata lho, Ma. Mungkin Mama terlalu capek mengurus segala kebutuhan rumah tangga, hingga akhirnya kelelahan dan menyebabkan stres.

Jangan sampai hal itu terjadi pada Mama ya. Untuk mengatasinya, Mama dapat melakukan me time atau sekedar jalan-jalan sore sebagai olahraga yang ringan. Membaca buku ataupun menonton film juga bisa membuat pikiran mama lebih rileks. 
 

4. Menggunakan skincare yang aman untuk ibu menyusui

4. Menggunakan skincare aman ibu menyusui
Unsplash/quokkabottles

Bagi Mama yang selalu rutin menggunakan skincare, Mama bisa menambahkan gel atau eye cream khusus dalam rangkaian tahapan skincare. Saat ini sudah banyak berbagai produk yang mengklaim dapat mengatasi kantung mata yang hitam dan mengendur. 

Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua produk baik untuk ibu menyusui. Maka dari itu, Mama harus menggunakan skincare yang boleh digunakan oleh ibu menyusui dengan kandungan bahan-bahan yang aman. 

Hindari skincare yang mengandung retinoid dan retinol, asam salisilat, dan hydroquinone (bahan pemutih kulit). 
 

5. Perbanyak minum air putih setiap hari

5. Perbanyak minum air putih setiap hari
Unsplash/quokkabottles

Cara yang terakhir ini sangat mudah untuk Mama lakukan lho sebenarnya. Hanya dengan memperbanyak minum air putih setiap hari. 

Pastikan bahwa dalam satu hari minimal Mama mengonsumi dua liter air putih atau setara dengan delapan gelas, sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI. 

Nah itu dia lima cara menghilangkan kantung mata saat menyusui. Sangat mudah kan ya, Ma? Segera dicoba jika memiliki masalah mata panda ini ya, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.