Baca Doa Ini ketika Mengalami Kontraksi, Bantu Lancarkan Persalinan

Jangan lupa untuk membaca Istigfar juga ya, Ma

2 Juli 2021

Baca Doa Ini ketika Mengalami Kontraksi, Bantu Lancarkan Persalinan
Unsplash/Sharon McCutcheon

Jika sudah memasuki usia kandungan sembilan bulan ataupun menjelang lahirnya bayi, ada berbagai tanda-tanda melahirkan yang akan muncul seperti air ketuban pecah dan nyeri punggung bagian bawah.

Selain itu juga ada kontraksi, namun Mama juga harus pintar untuk membedakan mana kontraksi palsu (Braxton Hicks) dan kontraksi asli. 

Kontraksi asli inilah yang menjadi ciri-ciri proses melahirkan akan segera dimulai. Selama kontraksi muncul, rasa tidak nyaman itu menyeluruh ke bagian depan, kanan dan kiri perut, hingga ke punggung.

Otot-otot terasa menegang dengan rasa nyeri yang semakin meningkat. Selain itu perut juga akan terasa keras sekali. Pada masa ini pasti Mama akan merasa sakit, salah satu yang dapat menguatkan adalah dengan berdoa. 

Syaikh Ibnu al-Utsaimin pernah ditanya ayat tertentu yang bisa dibaca untuk memudahkan perempuan yang sedang melahirkan, kemudian dijawab, "Saya tidak mengetahui adanya satu hadis yang menyebutkan hal ini. Akan tetapi jika ada orang yang membaca ruqyah di dekat ibu hamil yang sedang kontraksi, dengan ayat yang maknanya menunjukkan janji kemudahan." 


Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa doa saat sedang kontraksi, dari berbagai sumber.
 

1. Surat Al-Baqarah ayat 185

1. Surat Al-Baqarah ayat 185
Unsplash/Lexi T

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

yuriidu bikumul-'usra wa litukmilul-'iddata wa litukabbirullaaha 'alaa maa hadaakum wa la'allakum tasykurụn

Artinya, “Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan Allah tidak menghendaki kesulitan untuk kalian.”

Editors' Picks

2. Surat Fathir ayat 11

2. Surat Fathir ayat 11
Unsplash/Faseeh Fawaz


وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنْثَى وَلا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِه

wa maa taḥmilu min unṡaa wa laa taḍa'u illaa bi'ilmih,

Artinya, “Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya.”

3. Surat Al-Insyirah ayat 5-6

3. Surat Al-Insyirah ayat 5-6
Unsplash/Malik Shibly


فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

fa inna ma'al-'usri yusraa

Artinya, "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,"


إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

inna ma'al-'usri yusraa

Artinya, "sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan."
 

4. Surat An-Nas 1-5

4. Surat An-Nas 1-5
Unsplash/Isabella and Zsa Fischer


قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ مَلِكِ النَّاسِۙ اِلٰهِ النَّاسِۙ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ ەۙ الْخَنَّاسِۖ الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِۙ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul a’uuzu birabbin-naas. Malikin-naas. Ilaahin-naas. Min syarril-waswaasil-khannaas. Allazii yuwaswisu fii suduurin-naas. Minal-jinnati wan-naas.

Artinya, "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."
 

5. Surat Al-Falaq 1-5

5. Surat Al-Falaq 1-5
Unsplash/the dancing rain


قُلۡ اَعُوۡذُ بِرَبِّ الۡفَلَقِۙ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

Qul a’uuzu birabbil-falaq. Min syarri maa khalaq. Wa min syarri gaasiqin izaa waqab. Wa min syarrin-naffaasaati fil-’uqad. Wa min syarri haasidin izaa hasad.

Artinya, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar), dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki"

Itulah kelima doa saat sedang kontraksi yang bisa Mama baca untuk memudahkan persalinan. Ulangi setiap suratnya agar dapat lebih menguatkan dan menenangkan ya, Ma. Semoga bermanfaat! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.