TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Seorang Pengungsi Afghanistan Melahirkan di Pesawat Evakuasi AS

Mama dan bayi dalam kondisi yang sehat

23 Agustus 2021

Seorang Pengungsi Afghanistan Melahirkan Pesawat Evakuasi AS
Unsplash/Sharon McCutcheon

Melahirkan menjadi momen bahagia bagi setiap orang, utamanya para Mama yang sudah berjuang mengandung sembilan bulan lamanya. 

Jika biasanya seorang ibu hamil melahirkan di rumah sakit yang ditemani oleh sang Suami dan para keluarga, berbeda dengan perempuan yang satu ini. 

Seorang perempuan asal Afghanistan telah melahirkan bayi di dalam pesawat evakuasi Amerika Serikat pada Sabtu (22/8/2021) lalu. Perempuan ini ikut menumpang penerbangan dari pangkalan transit di Timur Tengah menuju Pangkalan Udara Ramstein, di Jerman pada Sabtu (21/8/2021). 

Peristiwa di Afghanistan ini memang menjadi perbincangan banyak orang. Untuk informasi selengkapnya, berikut telah Popmama.com rangkum mengenai seorang pengungsi Afghanistan yang melahirkan di pesawat evakuasi Amerika Serikat. 

Editors' Picks

1. Sempat terjadi kontraksi saat pesawat di udara

1. Sempat terjadi kontraksi saat pesawat udara
Twitter.com/AirMobilityCmd

Menjelang persalinan, setiap ibu hamil akan merasakan kontraksi. Kontraksi ini di mana kondisi perut ibu hamil mengencang dan mengeras yang muncul apabila sudah siap untuk melahirkan. 

Hal ini yang dirasakan oleh pengungsi Afghanistan yang merasakannya saat pesawat berada di ketinggian 8.534 meter.

Kemudian, komandan pesawat memutuskan untuk menurunkan ketinggian demi meningkatkan tekanan udara di pesawat, yang akan membantu menstabilkan serta menyelamatkan nyawa dari perempuan yang melahirkan tersebut. 

2. Melahirkan seorang bayi perempuan dengan selamat dan sehat

2. Melahirkan seorang bayi perempuan selamat sehat
Unsplash/Carlo Navarro

Setelah melewati perjuangan besar di pesawat dan kontraksi di ketinggian 8.534 meter, akhirnya perempuan tersebut berhasil melahirkan bayi perempuan di ruangan kargo pesawat Angkatan Udara C-17. Meskipun saat itu sempat mengalami komplikasi selama penerbangan. 

Kemudian, ketika pesawat mendarat di Pangkalan Udara Ramstein, tim medis ke-86 Angkatan Udara AS bergegas untuk membawa perempuan dan bayinya tersebut ke fasilitas medis terdekat. Telah diketahui keduanya dalam keadaan sehat ketika mendarat. 

Sebagai informasi, bahwa Pangkalan Udara Ramstein di Jerman menjadi titik transit utama bagi para pengungsi Afghanistan, termasuk perempuan ini. 

 

3. Perempuan tersebut merupakan penduduk di Taliban

3. Perempuan tersebut merupakan penduduk Taliban
Unsplash/Olivia Anne Snyder

Kekacauan yang terjadi di Afghanistan ini menjadi perbincangan banyak orang. Berbagai kisah mengharukan termasuk perempuan pengungsi ini yang tengah melahirkan di pesawat evakuasi. 

Berdasarkan informasi yang didapatkan, perempuan tersebut merupakan bagian dari sekelompok penduduk yang telah menyelamatkan diri dari Taliban di Afghanistan. Kemudian masuk ke gelombang penerbangan evakuasi kedua yang lepas landas dari pangkalan di Timur Tengah.

Demikianlah informasi mengenai seorang perempuan pengungsi Afghanistan yang melahirkan di pesawat evakuasi Amerika Serikat. Semoga bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk