5 Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar

Jangan khawatir, Ma, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan keloid setelah caesar

19 September 2020

5 Cara Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar
Unsplash/Sharon McCutcheon

Bekas luka biasanya akan hilang seiring berjalannya waktu. Namun ada sekitar 10 persen orang memiliki bekas luka yang tidak menghilang. Bekas luka yang membesar ini dikenal dengan keloid.

Keloid adalah bekas luka yang semakin lama tampak membesar, menonjol, serta berwarna gelap. Bahkan sebagian menjadi lebih buruk bentuknya dari luka sebelumnya. Sebagian orang bisa dibuat risih jika ada keloid di tubuhnya.

Keloid selalu menjadi perhatian karena bentuknya, terutama jika terdapat di wajah, leher, atau tangan. Keloid terbentuk karena hasil respon penyembuhan berlebihan pada beberapa orang, terutama yang memiliki banyak pigmen di kulit mereka.

Keloid tidak bisa mengecil seiring berjalannya waktu. Orang yang memiliki keloid biasanya menjadi tidak nyaman karena penampilannya kurang sedap dipandang hingga bisa nyeri ketika terdapat di dekat sendi.

Apa penyebab keloid?

  • Luka atau tusukan (termasuk kegiatan mencukur).
  • Terbakar.
  • Sayatan operasi.
  • Gigitan serangga.
  • Jerawat.
  • Cacar air atau penyakit yang menyebabkan luka pada kulit.
  • Tato atau tindikan.

Beberapa keloid bahkan tidak mempunyai sebab yang jelas. Lalu bagaimana mengobatinya? Seperti bekas luka lainnya, keloid sulit diobati.

Banyak perempuan yang merasa resah karena memiliki keloid setelah operasi caesar. Apakah Mama salah satunya?

Jika iya, sebenarnya keloid bisa disembuhkan. Namun perawatan umumnya tidak bisa dilakukan dalam sekali pengobatan karena bisa timbul kembali.

Untuk itu, Popmama.com coba merangkum perawatan untuk menghilangkan keloid pascaoperasi caesar.

1. Gel

1. Gel
Freepik

Gel khusus atau lembaran silikon untuk menghilangkan bekas luka paling banyak digunakan untuk membantu mengobati keloid dengan cara rumahan. Beberapa orang merasa keloid mampu meminimalkan serta mengecilkan bentuk keloid.

Cara ini efek sampingnya rendah dan mudah digunakan, Ma.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Aesthetic Plastic Surgery dan Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery mengungkap bahwa penggunaan lembar silikon atau gel dapat memberikan manfaat yang efektif mengecilkan bekas luka sekaligus membantu mencegahnya timbul kembali.

Editors' Picks

2. Krim

2. Krim
Freepik

Sebuah tinjauan dalam International Journal of Cosmetic Science menyatakan kalau beberapa produk kulit yang mengandung lanolin atau petrolatum dapat memperbaiki penampilan bekas luka.

Meski krim yang mengandung ekstrak bawang merah atau vitamin E dipercaya dapat menyembuhkan bekas luka, namun menurut penelitian dari American Family Physician serta studi di Dermatologic Surgery menemukan kalau bahan-bahan tersebut belum terbukti membantu mengatasi keloid.

Kalau begitu, periksa kembali krim yang Mama pakai untuk menghilangkan keloid di tubuh mama. Pastikan sudah mengandung lanolin atau petrolatum dan kaya akan vitamin C.

3. Cryotherapy

3. Cryotherapy
Freepik

Cryotherapy adalah proses yang melibatkan pembekuan jaringan sementara dengan alat medis. Banyak orang mentoleransi terapi ini dengan baik tapi beberapa dari mereka bisa mengalami rasa sakit yang parah selama prosedur tersebut berlangsung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery menunjukkan bahwa setelah beberapa kali perawatan, cryotherapy dapat mengurangi ukuran keloid hingga 50 persen.

Namun penelitian tersebut menunjukkan kalau cara ini paling ampuh untuk jenis keloid kecil yang usianya kurang dari 3 tahun.

4. Suntikan steroid

4. Suntikan steroid
Freepik/nensuria

Perawatan ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menyembuhkan keloid. Termasuk jika Mama punya luka bekas operasi caesar. 

Sebuah studi dalam Journal of Medical Investigations and Practice menyatakan kalau steroid menjadi cara efektif mengurangi ukuran dan penampilan keloid.

Sebuah studi baru di American Family Physician menyatakan kalau terapi steroid bisa bekerja lebih efektif ketika dikombinasikan dengan operasi pengangkatan bekas luka. Ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan cryotherapy.

5. Perawatan radiasi

5. Perawatan radiasi
Freepik/nensuria

Perawatan yang lebih baru menunjukkan hasil lebih menjanjikan dengan terapi radiasi jangka pendek. Ini dilakukan setelah operasi keloid.

Beberapa penelitian dalam literatur bedah plastik dan dermatologi menunjukkan tingkat penyembuhan yang tinggi atau setidaknya perbaikan pada bekas luka keloid untuk Mama yang diobati dengan metode ini.

Meski demikian, penyembuhan keloid bekas operasi caesar perlu dikonsultasikan dulu dengan dokter mama ya agar tidak salah langkah.

Itulah lima cara menghilangkan keloid setelah operasi caesar yang mungkin membekas di kulit perut mama. Konsultasikan ke dokter terlebih dulu, metode mana yang paling cocok dan aman untuk mama. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.