4 Persiapan Mama Setelah Melahirkan dan Membawa Bayi Baru Lahir Pulang

Selain perlengkapan bayi, apa saja ya yang perlu disiapkan?

20 Januari 2019

4 Persiapan Mama Setelah Melahirkan Membawa Bayi Baru Lahir Pulang
Freepik/Freepic.diller

Setelah melalui proses pemulihan pasca melahirkan di rumah sakit selama beberapa hari, tibalah waktunya Mama membawa si Kecil pulang ke rumah.

Momen ini pasti terasa mendebarkan, antara senang sekaligus khawatir mengingat kondisi bayi baru lahir masih sangat rentan terhadap infeksi kuman penyakit. Tenang Ma, hal itu wajar terjadi pada tiap ibu pasca bersalin kok, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama bagi Mama.

Nah, sebelum membawa bayi mama pulang ke rumah, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini ya, Ma.

1. Kondisi rumah

1. Kondisi rumah
chuckragantix.com

Pastikan kondisi rumah dalam keadaan bersih dan bebas asap rokok, terutama di area sekitar tempat tidur bayi. Sebaiknya bersihkan atau cuci benda-benda yang berpotensi ‘menyimpan’ debu, seperti gordyn, karpet atau selimut.

Jika ada anggota keluarga yang merokok, mintalah untuk tidak merokok di dalam rumah. Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama sistem pernafasan bayi yang masih sangat rentan.

Selain itu, perhatikan pula suhu ruangan di dalam kamar bayi. Jika ruangan menggunakan pendingin udara (AC), pastikan suhunya tidak terlalu dingin atau minimal suhunya 24 derajat celcius. Hal ini bertujuan agar bayi mama tidak kedinginan sekalipun Mama sudah membalutnya dengan kain bedong atau selimut.

2. Atur tata letak perlengkapan bayi

2. Atur tata letak perlengkapan bayi
casy.co.jp

Demi memudahkan Mama menjangkau berbagai macam keperluan bayi, sebaiknya atur perletakkannya dengan baik dan mudah dijangkau.

Misalnya, mengelompokkan jenis perlengkapan baby care seperti popok, minyak telon, baby lotion, kapas dan alkohol untuk membersihkan tali pusat dalam satu wadah yang diletakkan didekat changing table.

Kemudian kelompokkan dan susun pakaian bayi berdasarkan fungsinya. Misalnya pakaian sehari-hari, pakaian tidur, kaus kaki dan selimut berada di bagian rak yang mudah dijangkau. Sementara pakaian pergi bisa diletakkan di rak bagian atas.

Editors' Picks

3. Keamanan bayi

3. Keamanan bayi
Freepik.com/Yanalya

Meskipun Mama memutuskan untuk tidur di ruangan yang sama dengan si Kecil, sebaiknya letakkan baby monitor di dekat ranjang bayi. Mama bisa memilih jenis baby monitor berupa audio speaker saja atau yang sekaligus dilengkapi dengan layar monitor untuk memantau aktivitas bayi.

Perangkat ini berguna untuk membantu Mama memantau bayi saat tidak berada di dalam ruangan yang sama dengannya. Jadi Mama tak perlu khawatir ketika meninggalkannya saat tidur untuk mengerjakan aktivitas lainnya.

Selain itu, pastikan bayi mama aman dari gangguan binatang peliharaan di rumah. Untuk sementara waktu, tempatkan binatang peliharaan di dalam kandang atau di area luar rumah agar bayi mama tetap aman dan nyaman.

4. Minta dukungan anggota keluarga

4. Minta dukungan anggota keluarga
Pixabay/sathyatripodi

Merawat bayi baru lahir bisa menjadi aktivitas yang sangat melelahkan bagi sebagian Mama, terutama jika ini adalah pengalaman pertama bagi Mama. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk meminta dukungan dan bantuan dari anggota keluarga, seperti suami, Orangtua ataupun asisten rumah tangga (ART).

Dukungan orang-orang terdekat sangat membantu Mama dalam mempercepat proses pemulihan pasca persalinan sekaligus menguatkan mental Mama saat menjalani rutinitas baru yang tentu saja melelahkan.

Dukungan yang diberikan bisa bermacam-macam, Ma. Misalnya meminta suami bangun tengah malam untuk membantu mengganti popok atau menyiapkan perlengkapan menyusui atau meminta kakek atau nenek memegang si Kecil saat Mama mandi atau istirahat.

Jika ini adalah anak kedua mama, maka siapkan mental si Kakak dari jauh-jauh hari agar ia siap menyambut kelahiran adiknya dan tidak merasa cemburu.

Libatkan ia dalam proses mengasuh bayi, misalnya dengan memintanya mengambilkan popok atau duduk menemani saat Mama menyusui si Adik.

Nah sudah tau kan Ma apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut kepulangan si Kecil dari rumah sakit? Satu hal yang perlu Mama ingat adalah untuk selalu tenang dan berusaha menikmati setiap momen yang dilalui bersama si Kecil.

Baca juga: 4 Dampak yang Terjadi Saat Kakak Diberi Tanggung Jawab Mengurus Adik

Baca juga: 5 Cara Membimbing Sang Kakak agar Dapat Mengasuh Adik

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!