5 Jenis Sayuran untuk Tingkatkan Produksi ASI

Selain bergizi, sayuran ini juga mampu meningkatkan produksi ASI

24 Mei 2022

5 Jenis Sayuran Tingkatkan Produksi ASI
pixabay.com/Mark Ili

Kurangnya produksi ASI merupakan salah satu masalah terbesar yang seringkali dialami oleh ibu menyusui. Kesulitan ini biasanya terjadi di hari-hari awal kelahiran bayi, dimana produksi ASI memang masih sedikit.

Berikutnya, Mama juga akan mengalaminya saat si kecil mulai memasuki fase growth spurt. Pada fase ini, bayi akan lebih sering menyusu dari kondisi biasanya guna mempercepat pertumbuhannya sekaligus menaikkan berat badannya. Intensitas menyusui yang tinggi terkadang membuat produksi ASI tidak sebanding dengan kebutuhan minum bayi. Sehingga mama perlu mengkonsumsi booster untuk melancarkan ASI.

Booster yang aman dikonsumsi ibu menyusui tentu saja berupa makanan sehat seperti lauk pauk, sayur dan buah. Nah, berikut ini yang akan dibahas adalah 5 jenis sayuran yang perlu mama konsumsi. Selain bergizi tinggi, sayuran ini juga mampu membantu meningkatkan produksi ASI.

1. Daun katuk yang sudah sangat terkenal dalam memperbanyak ASI

1. Daun katuk sudah sangat terkenal dalam memperbanyak ASI
pixabay.com

Sejak dulu, daun katuk dipercaya mampu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI. Bagaimana tidak, daun katuk diperkaya berbagai macam nutrisi yang baik untuk ASI, seperti protein, kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan vitamin C.

Selain daunnya, air rebusan daun katuk juga bermanfaat untuk membuat produksi ASI berlimpah.

Baca juga: Jangan Sembarang Makan, Ini 7 Santapan Wajib Bagi Ibu Menyusui!

Editors' Picks

2. Bayam mengandung banyak nutrisi untuk ibu menyusui

2. Bayam mengandung banyak nutrisi ibu menyusui
pixabay.com/Evitaochel

Mama tentu sudah tau khasiat sayur bayam bagi kesehatan. Sayuran hijau ini memiliki gizi yang baik bagi tubuh, termasuk menjaga kualitas dan kuantitas ASI.

Bayam kaya akan zat besi, protein, asam folat, magnesium, fosfor, thiamin, vitamin B6, A, C, dan vitamin K. Sebaiknya pilih bayam yang berwarna hijau atau merah pekat karena mengandung karoten lebih banyak yang berguna untuk melawan radikal bebas.

3. Pare, sayuran dengan rasa pahit tapi penuh nutrisi

3. Pare, sayuran rasa pahit tapi penuh nutrisi
pixabay.com/Vitaminamov

Meskipun rasanya pahit, pare memiliki kandungan gizi yang tinggi dan sangat baik untuk ibu menyusui. Nutrisi seperti fitokimia, lycopene, vitamin K, dan liutein juga sangat berguna untuk melancarkan ASI.

4. Labu memiliki kandungan yang baik dikonsumsi ibu menyusui

4. Labu memiliki kandungan baik dikonsumsi ibu menyusui
pixabay.com/Alexa_photo

Tidak hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil, nutrisi yang terkandung dalam keluarga labu, seperti labu siam, labu botol dan labu kuning, juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Sebab didalamnya terdapat kandungan zinc, magnesium, vitamin B6, kalium dan asam folat yang dibutuhkan bayi untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah dan pembentukan jaringan tubuh. Selain bergizi, labu siam juga mampu meningkatkan produksi ASI Mama, lho!

5. Wortel sangat direkomendasikan dalam meningkatkan produksi ASI

5. Wortel sangat direkomendasikan dalam meningkatkan produksi ASI
pixabay.com/Couleur

Wortel juga dikenal sebagai jenis sayuran yang kaya akan gizi dan baik untuk melancarkan ASI sekaligus membuat ASI mama semakin berkualitas. Enzim phytoestrogens yang terkandung dalam wortel bahkan mampu meningkatkan produksi ASI.

Mama sebaiknya rutin mengkonsumsi wortel, karena selain bagus untuk ASI, kandungan vitamin A didalamnya juga bermanfaat bagi kesehatan mata.

Namun, jika mama baru saja melahirkan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi wortel. Sebab kandungan karotennya dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kekuningan.

Nah, sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk menolak makan sayur ya, ma!

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh mama, 5 jenis sayuran untuk melancarkan ASI sekaligus menjaga kualitas gizi ASI untuk si Kecil.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk