5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Membawa Pulang Bayi dari Rumah Sakit

Jangan bawa bayi baru lahir pulang ke rumah jika 5 hal ini tidak terpenuhi!

12 Februari 2019

5 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Membawa Pulang Bayi dari Rumah Sakit
Pexels/Nikolay Osmachko

Setiap orangtua tentunya ingin segera membawa si Kecil yang belum lama lahir untuk pulang ke rumah bersama mereka. Hal ini bisa dilakukan bila tidak ada masalah kesehatan yang berarti pada bayi.

Persiapan yang Mama lakukan di rumah saat sebelum melahirkan tentunya sudah sedemikian rupa. Diantaranya menyiapkan berbagai kebutuhan bayi mulai dari tempat tidur, pakaian, selimut, mainan, alat mandi hingga diapers atau popok kain.

Tetapi ternyata itu saja tidak cukup lho, Ma. Mama perlu memperhatikan 5 hal ini sebelum membawa pulang bayi dari rumah sakit yang berikut ini:

1. Pastikan kondisi kesehatan Mama membaik

1. Pastikan kondisi kesehatan Mama membaik
Pexels/Pixabay

Sebelum pulang dari rumah sakit, Mama harus memastikan bahwa kondisi kesehatan Mama sudah membaik terlebih jika Mama menjalani operasi caesar. Bila demikian jangan lupa untuk meminta tes kadar Hemoglobin.

Banyak Mama yang tidak melakukan tes ini dan sesampainya di rumah kewalahan dengan rasa sakit, pusing dan lelah yang dialami.

Jika kadar Hemoglobin Mama rendah maka dokter akan menyarankan transfusi darah. Tetapi bila Mama tidak mau melakukan hal ini maka Mama harus memakan banyak kacang-kacangan, buah naga, bit dan hati ayam untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga:

2. Kebersihan rumah yang baik

2. Kebersihan rumah baik
Pexels/Pixabay

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bayi yang baru lahir masih sangat rentan terserang penyakit karena sangat sensitif. Oleh sebab itu kebersihan rumah harus menjadi perhatian yang tidak boleh disepelekan. Kegiatan menyapu, mengepel, mengelap kaca dan perabotan harus dilakukan agar kondisi rumah bersih, nyaman dan bebas dari kotoran.

Sebelum waktu melahirkan, Mama juga dapat memesan jasa vakum terutama untuk kasur karena akan digunakan oleh si Kecil tidak lama setelah lahir. Vakum pada perabotan dapat menghisap debu dan tungau sehingga si Kecil akan aman dan nyaman. Tidak mau kan kalau buah hati kita kulitnya gatal-gatal karena ada tungau yang tinggal di kasur kita?

Editors' Picks

3. Bebas asap rokok

3. Bebas asap rokok
Pexels/Rahul

Bila pasangan Mama memiliki kebiasaan merokok, buatlah kesepakatan agar ia tidak merokok di dalam rumah. Hal ini dikarenakan perokok pasif dapat terserang berbagai racun dan penyakit akibat menghirup asap rokok. Bila Papa sayang pada si Kecil tentunya tidak akan membahayakan kesehatan anak bukan?

Selain itu sosialisasikan bahwa orang yang baru saja merokok tidak boleh mendekat apalagi menggendong si Kecil apabila belum mandi dan mengganti pakaiannya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena asap rokok dapat menempel pada pakaian dan juga rambut dan tubuh si perokok.

4. Siapkan mental anak pertama

4. Siapkan mental anak pertama
Pexels/JoshWillink

Yang namanya seorang Mama pasti menyayangi semua anak-anaknya. Akan tetapi disadari atau tidak pasti timbul sedikitbrasa cemburu di benak anak pertama karena selama 9 bulan Mama mempersiapkan diri menantikan pertemuan dengan anak Mama yang akan dilahirkan.

Supaya anak pertama dapat menjadi kakak yanf baik, Mama harus tetap penuh perhatian kepadanya dengan mengumbar kata sayang dan cinta setiap ada kesempatan. Mainlah bersama anak saat Mama belum terlalu lelah. Saat si Adik lahir pun berikan waktu berkualitas untuk kakak saat adik sedang tertidur. Dengan begitu anak akan menyadari bahwa Mama pun sayang padanya meskipun ada adik baru yang hadir di tengah keluarga.

5. Faktor keamanan harus menjadi prioritas

5. Faktor keamanan harus menjadi prioritas
Pexels/ Daniel Reche

Ada berbagai macam tipe Mama baik yang ingin tidur seranjang dengan bayi maupun terpisah menggunakan box bayi. Apapun pilihannya pastikan faktor keamanan si Kecil terjamin.

Bila anak tidur satu kamar dengan Mama maka akan lebih mudah memantaunya. Tetapi jika bayi kecil Mama tidur di kamar terpisah maka pasanglah CCTV maupun audio monitor untuk mengawasi gerak gerik si Kecil agar tetap terpantau dan aman dari bahaya.

Nah, itulah 5 hal yang harus diperhatikan sebelum membawa si Kecil pulang ke rumah setelah melahirkan. Tetap jaga kondisi tubuh Mama agar dapat mengurus bayi dengan baik dan memberikan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif jika tidak ada masalah medis yang menjadi hambatan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!