6 Hal yang Sebaiknya Suami Lakukan Setelah Istri Melahirkan

Papa yuk bantu Mama mengurus si Kecil setelah ia terlahir ke dunia

3 Maret 2019

6 Hal Sebaik Suami Lakukan Setelah Istri Melahirkan
Pexels/Josh Willink

Pada awal waktu setelah melahirkan tentunya seorang Mama akan merasa lelah mengurus si Kecil. Kehidupan benar-benar berubah dengan hadirnya anak di dalam hidup Mama.

Ada seorang bayi kecil yang hidupnya sangat bergantung pada Mama.

Di masa awal kehidupannya, bayi akan banyak tertidur di siang hari dan bangun di malam hari. Hal ini membuat Mama rentan sekali terserang rasa tidak enak badan karena harus begadang menyusui bayi dan menimangnya.

Bila tidak mendapat bantuan dari sekitar Mama rawan terkena depresi atau baby blues lho!

Lalu apa saja sih yang bisa Papa lakukan setelah Mama melahirkan untuk membantu meringankan tugasnya? Berikut Popmama.com berikan ulasannya.

1. Menggendong

1. Menggendong
dailymail.co.uk

Papa dapat ikut berperan serta menggendong dan menidurkan bayi bergantian dengan Mama. Supaya dua-duanya tidak jatuh sakit karena kelelahan, Mama dan Papa sebaiknya bergantian tidur saat pasangannya sedang menenangkan si Kecil. Beri waktu untuk berjaga dan istirahat setiap 2 jam sekali bergantian.

Jika Mama dan Papa punya pengasuh anak, dapat pula meminta bantuannya untuk bergantian menggendong si Kecil saat tengah malam.

2. Memandikan

2. Memandikan
poplyft.com

Memandikan si Kecil memang butuh kehati-hatian ekstra.

Mama dan Papa bisa meminta bantuan perawat di rumah terlebih dahulu untuk mengajarkan bagaimana cara memandikan bayi.

Bila Mama melahirkan secara caesar otomatis belum bisa leluasa bergerak, Papa dapat membantu Mama memandikan si Kecil di rumah menggunakan alat bantu kursi mandi seperti yang banyak tersedia di pasaran.

3. Menggantikan popok

3. Menggantikan popok
sanfrancisco.cbslocal.com

Kegiatan menggantikan popok juga bisa mendekatkan hubungan antara anak dan Papa.

Saat diapers anak sudah penuh, Papa bisa ikut ambil peran menggantikan popok. Dengan begitu saat Mama ada keperluan dan harus meninggalkan si Kecil di rumah bersama Papa, Mama tidak khawatir lagi.

Memang sih Pa, bau pup si Kecil bisa mengganggu, tapi namanya juga kotoran anak sendiri ya harus mau membersihkannya juga. Bikinnya berdua, merawatnya berdua juga harus mau ya!

Editors' Picks

4. Menjemur bayi

4. Menjemur bayi
pinterest.com

Bayi yang baru lahir harus rutin dijemur selama 20 menit setiap harinya di bawah sinar matahari pagi. Hal ini dimaksudkan agar kadar bilirubin bayi normal.

Papa bisa lho ikut menjemur bayi. Caranya bisa dengan digendong maupun diletakkan di dalam stroller dengan kemiringan 180 derajat. Jangan lupa lepas dulu pakaian si Kecil tetapi tetap gunakan diapers. Jemur bagian depan tubuh anak selama 10 menit kemudian balik telungkup selama 10 menit juga.

Baca juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menjemur Bayi

5. Memijat Mama

5. Memijat Mama
123rf.com

Mama yang lelah fisiknya otomatis ingin mendapat pijatan kasih sayang dari Papa. Cobalah untuk menjadi tukang pijat terbaik yang pernah Mama miliki!

Kasih sayang dan cinta Papa akan mudah dirasakan oleh Mama lho saat Papa mau memijatnya. 

Baca juga: Cara Merelaksasi Istri yang Sedang Hamil dengan Pijatan

6. Membuat masakan

6. Membuat masakan
foodal.com

Salah satu yang harus disiapkan menjelang kelahiran bayi adalah makanan beku yang cepat saji.

Bila Papa bisa memasak, buatlah masakan untuk membuat kondisi Mama cepat pulih. Namun bila tidak bisa, maka cukup hangatkan atau goreng makanan beku yang telah matang untuk disantap bersama Mama.

Pilih makanan beku yang awet dan tahan lama misalnya ayam goreng bumbu kuning, rendang, bakso, dan lain lain.

Nah itulah 6 cara yang dapat papa lakukan untuk meringankan tugas Mama setelah melahirkan. Kekompakan suami istri sangat penting agar rumah tangga tentram dan damai.