TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sejumlah Rumah Sakit Menolak Operasi Caesar yang Diminta Pasien

Apa jadinya jika rumah sakit menolak permintaan Mama untuk operasi caesar?

28 April 2018

Sejumlah Rumah Sakit Menolak Operasi Caesar Diminta Pasien
Freepik/peoplecreations

Proses persalinan operasi caesar memang biasanya dijalankan bagi perempuan yang memiliki alasan medis tertentu pada kehamilannya.

Namun di masa sekarang ini, proses persalinan operasi caesar sudah bisa dengan mudah dijalankan hanya berdasarkan permintaan dari calon Mama yang takut atau enggan merasakan persalinan alami. Ini diakui sebagai hak dari pasien.

Namun faktanya, ternyata sejumlah rumah sakit menolak permintaan operasi caesar dari pasien, kecuali dengan alasan medis tertentu.  

Menurut pedoman NHS, ibu hamil memang berhak untuk meminta prosedur operasi caesar jika mereka takut akan persalinan alami. Tetapi, sekitar 21 rumah sakit di Inggris, termasuk Sandwell and West Birmingham Hospital mengakui bahwa mereka tidak secara rutin menawarkan prosedur operasi caesar kepada calon Mama yang tidak memiliki alasan medis tertentu.

Sedangkan, 4 rumah sakit lainnya diketahui menolak untuk membiayai prosedur operasi caesar.

Alasan Operasi Caesar Banyak Menjadi Pilihan

Alasan Operasi Caesar Banyak Menjadi Pilihan
Freepik/freestockcenter

Banyak bidan dan ahli kesehatan percaya bahwa proses kelahiran alami lebih aman dan lebih bermanfaat bagi Mama dan Si Kecil. Tetapi, malah semakin banyak perempuan yang meminta operasi caesar karena khawatir proses persalinan mereka akan bermasalah atau tidak berjalan mulus.

Meskipun sudah diketahui bahwa persalinan alami memiliki sejumlah kelebihannya, tetapi ‘janji manis’ yang ditawarkan proses operasi caesar ternyata tetap membuat calon Mama tergiur meski tahu risiko besar tetap ada.

Para ahli mengatakan, kondisi ini mungkin terjadi karena adanya pengalaman persalinan alami terdahulu yang traumatis dan lebih berisiko, atau mengetahui tentang persalinan normal traumatis yang pernah dialami orang-orang terdekat di lingkungannya.

Menanggapi masalah traumatis tersebut, para badan pengawas kesehatan sepakat mengeluarkan panduan pada tahun 2011 lalu yang menyatakan bahwa rumah sakit boleh mengizinkan prosedur operasi caesar untuk pasien yang menentang persalinan alami.

Namun sejumlah rumah sakit, seperti Basildon and Thurrock dan Hull and East Yorkshire menganggap bahwa merujuk pasien menjalani perawatan konseling untuk mengatasi ketakutan dan trauma mereka akan persalinan alami dinilai lebih baik, daripada langsung mengizinkan prosedur operasi caesar saat diminta pasien.

Dukungan Bagi Perempuan yang Menginginkan Operasi Caesar

Dukungan Bagi Perempuan Menginginkan Operasi Caesar
Freepik/pressfoto

Kim Thomas, seorang aktivis dari Birth Trauma Association tidak setuju dengan penolakan prosedur operasi caesar yang dilakukan beberapa rumah sakit ini. Ia sangat mendukung para perempuan yang mengalami kesulitan dalam persalinan.

“Terlepas dari persepsi tentang operasi caesar sempat menjadi tren yang populer, perempuan biasanya memiliki alasan yang kuat dan sangat baik untuk meminta operasi caesar yang direncanakan. Seringkali mereka sudah mengalami satu kelahiran yang traumatis dan menginginkan pengalaman melahirkan yang lebih nyaman di kehamilan berikutnya. Saya merasa penolakan tersebut melanggar etika dan pedoman,” ungkap Kim Thomas, seperti dikutip dalam laman Daily Mail.

Wakil presiden dari Royal College of Obstetricians and Gynecologists, Dr. Alison Wright juga mengaku kecewa dengan temuan tersebut dan berencana untuk memahami alasan sejumlah rumah sakit tidak memberikan prosedur operasi caesar yang diminta oleh pasiennya.

Tekad Seorang Perempuan Demi Menjalani Operasi Caesar

Tekad Seorang Perempuan Demi Menjalani Operasi Caesar
dailymail.co.uk

Inilah salah satu kisah perempuan yang rela berkorban demi tekadnya yang kuat untuk menjalani operasi caesar. Nicola Prentis, perempuan ini nekat menempuh perjalanan sekitar ratusan kilometer untuk melakukan operasi caesar, setelah rumah sakit sekitar tempat tinggalnya menolak untuk melakukannya.

Sejak awal, ia memang berharap untuk melakukan persalinan dengan prosedur operasi caesar di Royal London Hospital, yang hanya berjarak lima menit dari rumahnya. Tetapi, empat minggu sebelum due date, ia diberitahu oleh dokter bahwa dia tidak bisa melakukan operasi caesar karena tidak memiliki masalah medis tertentu.

Dengan panik, ia menelepon rumah sakit yang ada di London lainnya. Akhirnya, dengan sangat terpaksa ia harus menempuh perjalanan selama 3 jam ke Rumah Sakit Royal Gloucester demi bisa melakukan operasi caesar.

Jadi, Mama tim persalinan normal atau operasi caesar? Terlepas dari proses persalinan alami ataupun operasi caesar, yang terpenting adalah kesehatan ibu dan bayi. Bagaimana pun proses persalinan memang perlu disesuaikan dengan kondisi kehamilan dan kesehatan Mama ataupun Si Kecil saat lahir. Dan apa pun proses persalinan yang Mama jalani, nikmati dan syukuri prosesnya karena momen tersebut merupakan anugerah terbaik dari Tuhan yang tidak tertandingi.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk