TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Aman Menurunkan Berat Badan saat Menyusui

Ketahui cara yang tepat agar berat badan turun sembari menyusui si Buah Hati

2 Desember 2022

6 Cara Aman Menurunkan Berat Badan saat Menyusui
Freepik/jcomp

Mungkin Mama pernah berpikir untuk menurunkan berat badan saat berada di fase menyusui. Kabar baiknya, menyusui juga diketahui dapat menurunkan berat badan, lho! 

Menyusui dapat membantu Mama menurunkan berat badan setelah hamil, tetapi jumlah penurunan berat badan pada setiap orang bervariasi. Kegiatan menyusui biasanya membakar 500 hingga 700 kalori per hari. 

Mama perlu memahami bahwa diet sebelum hamil dan saat menyusui punya cara yang berbeda. Ini terjadi karena saat menyusui, Mama perlu menyerap banyak nutrisi agar produksi ASI tetap lancar sehingga kebutuhan gizi si Kecil tercukupi.

Metabolisme, seberapa sering berolahraga, jumlah berat badan yang bertambah selama kehamilan adalah faktor yang memengaruhi seberapa cepat berat badan dapat diturunkan. Untuk itu diperlukan enam hingga sembilan bulan, atau hingga satu tahun atau lebih lama untuk menurunkan berat badan yang  diperoleh.

Normalnya Mama dapat menurunkan ½ hingga 1 kilogram seminggu dalam 6 bulan, maka akan mungkin bahwa berat badan dapat kembali ke keadaan semula.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui 6 cara aman menurunkan berat badan saat menyusui yang telah Popmama.com ulas di bawah ini. 

1. Mengurangi karbohidrat

1. Mengurangi karbohidrat
Freepik

Angka kecukupan kalori yang perlu dikonsumsi sembari menyusui adalah 1,800 per hari yang artinya memotong jumlah kalori seperti diet sebelum hamil tidak dianjurkan. Mama dapat memilih jenis makanan yang rendah karbo seperti buah dan sayuran yang umumnya punya rendah kalori.

Membatasi jumlah karbohidrat yang masuk sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Makanan yang harus Mama hindari selagi melakukan diet sambil menyusui adalah roti putih, cookies, makanan cepat saji, cake, dan sebagainya yang memiliki tinggi gula.

2. Olahraga dengan aman dan nyaman

2. Olahraga aman nyaman
Freepik

Apabila Mama sudah mendapat izin dokter untuk melakukan olahraga, Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang aman bagi ibu pasca melahirkan. Awali dengan durasi 20 sampai 30 menit. Lalu naikan durasi latihan hingga 150 menit per minggu. 

Sebagai catatan, Mama perlu menyusui si Kecil sebeluk berolahraga untuk menghindari pembengkakan pada payudara.

Editors' Picks

3. Penuhi kebutuhan cairan

3. Penuhi kebutuhan cairan
Freepik

Kurangnya cairan tubuh dapat membuat alarm palsu pada tubuh yang menyebabkan Mama lapar seketika. Hal negatifnya, makanan yang cenderung mudah dan langsung dapat dimakan mengandung gula yang tinggi, seperti cemilan. 

Saat melakukan program olahraga sembari menyusui, memenuhi kebutuhan cairan adalah hal yang sangat penting. Cobalah untuk meminum 12 gelas perhari. Semakin banyak mengeluarkan cairan juga baik dalam penurunan berat badan.

4. Jangan melewatkan jam makan

4. Jangan melewatkan jam makan
Freepik/pvproductions

Jangan melewatkan makan saat menyusui, bahkan jika Mama sedang berusaha menurunkan berat badan. Melewatkan waktu makan dapat memperlambat metabolisme dan menurunkan energi yang mana akan sulit bagi Mama untuk aktif dan merawat si Kecil.

Selain itu, makan terlalu sedikit kalori per hari dapat menghambat proses penurunan berat badan. Apabila Mama tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat, cobalah untuk menyiapkan snack sehat seperti granola atau buah kering untuk mengisi kembali kalori yang hilang.

5. Makan lebih di waktu-waktu tertentu

5. Makan lebih waktu-waktu tertentu
Freepik/jcomp

Walaupun dianjurkan untuk memangkas sejumlah kalori, namun Mama dapat melakukan cara yang satu ini di waktu-waktu tertentu untuk membantu dalam program penurunan berat badan. 

Makan 3x sehari dan punya 2x snack time sehat dalam sehari dapat membuat Mama lebih berenergi apalagi saat sedang menyusui secara konstan. 
 

6. Istirahat yang cukup

6. Istirahat cukup
Freepik/senivpetro

Tubuh akan mengalami inflamasi apabila kurang istirahat. Inflamasi sendiri dapat menyebabkan kegemukan sehingga dapat menghambat proses penurunan berat badan. Maka dari itu, penting untuk memiliki jam tidur minimal 7-8 jam dalam sehari agar kebutuhan energi harian tercukupi.

Jangan ragu untuk meminta tolong kepada si Papa atau anggota keluarga lain untuk membantu menjaga si Kecil apabila Mama punya jam istirahat yang kurang mencukupi. 

Tidur juga penting setelah melakukan olahraga. Karena faktanya, massa otot akan terbentuk dalam fase tubuh beristirahat. Jika bayi menyusu sepanjang malam, cobalah untuk tidur siang di siang hari saat bayi tidur.

Demikian informasi mengenai 6 cara aman menurunkan berat badan saat menyusui. Jangan khawatir dengan angka berat badan, karena lambat laun tubuh akan terasa ringan dan kembali turun sesuai dengan gaya hidup sehat yang Mama jalani.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk