Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Aurel Hermansyah Berbagi Tips Atasi Baby Blues, Apa Peran Papa Atta?

Mengatasi baby blues adalah tanggung jawab Mama dan Papa, yuk intip tips dari Mama Nur

22 November 2022

Aurel Hermansyah Berbagi Tips Atasi Baby Blues, Apa Peran Papa Atta
Instagram.com/aurelie.hermansyah

Sebagian Mama milenial sudah familiar dengan istilah “baby blues.” Dilansir dari March of Dimes, Baby blues syndrome adalah perasaan sedih yang mungkin dialami para ibu baru (new mom) setelah beberapa hari melahirkan. Hal ini dirasakan oleh 80 persen orang tua baru.

Baby blues disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron yang tiba-tiba berkurang secara drastis. Kondisi ini mengakibatkan perubahan suasana hati.

Penurunan hormon tiroid juga membuat Mama merasa lelah dan tertekan. Kurang tidur dan beristirahat secara baik akan memperparah baby blues yang dialami ibu baru.

Ketika acara peluncuran lagu terbaru “Berhak Bahagia” milik Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, Mama Nur menceritakan ia mengalami baby blues sejak hamil sampai melahirkan Ameena Hanna Nur Atta. Pasangan selebritis ini juga mengungkapkan lika-liku perjalanan baby blues-nya.

Berikut Popmama.com sampaikan informasi tips atasi baby blues ala Aurel Hermansyah. Mari kita simak yuk Ma.

1. Me time dan quality time bersama keluarga

1. Me time quality time bersama keluarga
Freepik/lookstudio

Tips pertama untuk mengatasi baby blues dari Mama Nur adalah melakukan me time atau quality time bersama orang-orang tersayang dan keluarga. Menurutnya, kegiatan liburan untuk  me time tidak perlu ke tempat-tempat yang jauh. Cukup ke puncak atau Bandung.

“Liburan adalah sarana refreshing dan membuat kita menjadi lebih bahagia,” tutur Aurel.

Dilansir dari March of Dimes, cara me time adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri. Mintalah seseorang yang Mama percayai untuk menjaga si Kecil. Jadi, Mama bisa keluar rumah untuk sedikit bersenang-senang.

Editors' Picks

2. Tutup kuping atas segala omongan negatif dari orang sekitar atau bahkan dari keluarga

2. Tutup kuping atas segala omongan negatif dari orang sekitar atau bahkan dari keluarga
Freepik/koldunova_anna

Sebagai public figure, Atta dan Aurel sudah biasa mendapatkan komentar-komentar negatif dari warganet yang membencinya. Namun, jika komentar tersebut ditujukan kepada Ameena, itu tindakan yang sangat menyakiti hati mereka.

Apabila Mama dan Papa mendengar omongan yang menyakitkan hati, hiraukan saja dan tutup kuping. Apabila Mama terus mendengarkan justru menyebabkan stres hingga depresi.  Abaikan apapun perkataan orang. Cukup dengarkan omongan positif atau kritikan yang membangun untuk membuat Mama menjadi ibu yang lebih kuat dan hebat.

Mama Nur juga melakukan aksi tutup kuping dengan puasa sosial media. Akhir-akhir ini, ia sudah jarang menggunakan media sosial. Salah satu alasannya agar tidak terpancing dengan komentar netizen.

“Sekarang dia (Aurel) sudah jarang main sosial media. Misalnya tiga hari main Instagram terus tiga hari enggak. Paling sesekali saja upload story, sisanya diserahkan kepada admin,” jelas Atta.

3. Mama membutuhkan Papa untuk mendengarkan keluh kesah selama mengalami Baby Blues dan masa mengASIhi

3. Mama membutuhkan Papa mendengarkan keluh kesah selama mengalami Baby Blues masa mengASIhi
Freepik/Lifestylememory

Saat mengalami baby blues, Aurel merasa ingin didengarkan oleh suaminya. Dengan berkeluh kesah dengan pasangan dapat mengurangi perasaan sedih dan gundah yang Mama rasakan.

Dengan bercerita, Mama merasa lebih lega. Ada baiknya Papa juga mencoba mengerti apa yang dialami oleh istri. Jangan malah menyepelekan atau menganggap sang Istri lebay. Berikan semangat dan tenangkan Mama. Boleh juga memberikan ciuman dan pelukan supaya Mama tidak merasa sendiri menghadapi baby blues ini.

Sayangnya, tidak semua Papa dapat mendengarkan keluh kesah Mama. Mungkin sebagian Papa berada di luar kota untuk bekerja atau masih sibuk dengan pekerjaan. Jangan khawatir, Mom Uung sebagai brand yang menyediakan perlengkapan mengASIhi memiliki platform konsultasi untuk ibu-ibu yang mengalami baby blues.

“Oleh karena itu, Mom Uung sudah menyiapkan program layanan konsultasi gratis 24 jam bersama konselor menyusui yang sudah tersertifikasi. Kami juga akan memberikan kelas menyusui gratis selama 1 tahun penuh bersama dokter laktasi, edukasi menyusui di seluruh platform Mom Uung, Mama juga bisa bergabung dengan komunitas positif sehingga bisa sharing sesama ibu menyusui”, jelas Mom Uung atau Uung Victoria Finky.

4. Jangan lupa untuk bahagia dan istirahat dengan cukup ya, Ma!

4. Jangan lupa bahagia istirahat cukup ya, Ma
Freepik/user18526052

Baby blues akan hilang dengan sendirinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cukup istirahat. Selain itu, Mama juga harus bahagia.

Kebahagiaan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari berkumpul dengan keluarga hingga liburan. Dikutip dari CXO Media, mendengarkan musik akan memicu pusat kesenangan yang melepaskan dopamin, neurotransmitter sehingga membuat seseorang merasa bahagia.

Apalagi musik yang mengandung lirik dan pesan yang positif. Misalnya lagu terbaru Atta dan Aurel yang berjudul “Berhak Bahagia”. Lagu ini berisikan pesan positif dan semangat agar para perempuan saling mendukung dalam perjalanannya menjadi seorang ibu.

Musik yang menyuguhkan genre pop ini menceritakan kehidupan perjalanan seorang ibu yang berhak mendapatkan dukungan penuh suami, keluarga, dan lingkungan sekitar. Lagu “Berhak Bahagia” diciptakan oleh Atta Halilintar dan Vais Randi, serta dikerjakan kurang lebih selama satu bulan.

Tidur cukup juga membantu kesuksesan program mengASIhi lho Ma. Menurut Mom Uung, ada beberapa cara yang harus diterapkan pada ibu menyusui agar berhasil ASI eksklusif dan lulus mengASIhi 2 tahun.

“Ibu harus memiliki istirahat yang cukup, memperbanyak edukasi mengASIhi sebagai bekal selama proses menyusui, komunikasikan apa yang dirasakan kepada suami atau keluarga terdekat, dan konsumsi asupan sehat untuk menjadi sumber energi dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh,” ujar Mom Uung.

5. Mama Juga Membutuhkan Dukungan dari Papa lho

5. Mama Juga Membutuhkan Dukungan dari Papa
Instagram.com/attahalilintar

Dalam mengatasi baby blues, Aurel menuturkan perlunya bantuan dari orang-orang di sekelilingnya terutama sang Suami. Bagi Mama Nur, suami adalah support system terbesarnya.

“Dukungan yang diberikan tidak perlu muluk-muluk atau harus memberikan hadiah mewah. Hanya perlu suami selalu ada di samping kita,” tambah Aurel.

Selain dukung dari suami, orang di sekeliling pun harus memberikan semangat dan energi positif. Tujuannya supaya ibu segera keluar dari masalah baby blues. Hal yang pantang dilakukan adalah jangan pernah menghakimi ibu baru.

Wajar jika ibu baru berbuat salah karena ini adalah pengalaman pertama menjadi seorang “ibu”. Kolaborasi yang apik dari lagu “Berhak Bahagia” diharapkan dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memberikan dukungan untuk para ibu menyusui dan tumbuh kembang anaknya.

Demikian uraian informasi tentang tips atasi baby blues ala Aurel Hermansyah. Baby blues adalah hal yang wajar terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Namun, harus segera diatasi agar tidak bertambah parah hingga menyebabkan stres hingga depresi. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk