Cek! Barang Penting yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit saat Persalinan

Beberapa barang penting yang tidak boleh terlupakan dibawa saat hari persalinan tiba.

19 Januari 2020

Cek Barang Penting Harus Dibawa ke Rumah Sakit saat Persalinan
Pixabay/kaboompics

Memasuki usia kehamilan 9 bulan, berat badan mama pun akan semakin bertambah. Inilah yang dapat menyebabkan kondisi fisik mudah lelah dan perasaan cemas yang berlebihan karena persiapan persalinan yang tinggal menghitung hari saja.

Kecemasan ini dimulai karena kurangnya rasa percaya diri dalam menghadapi proses persalinan. Kondisi ini kerap dialami ibu hamil terlebih di kehamilan yang pertama.

Ketika hari persalinan sudah diperkirakan, maka Mama harus membawa beberapa keperluan dalam persiapan persalinan. Jangan lupa mempersiapkan tas persalinan. Jika saat itu datangnya mendadak, maka Mama dan Papa sudah siap. Apa saja isi tas persalinan itu? Ini daftar isinya menurut Popmama.com.

Barang-Barang yang Harus Dibawa Saat Bersalin

1. Membawa pakaian ganti yang nyaman untuk Mama

1. Membawa pakaian ganti nyaman Mama
Groupon.com

Siapkan pakaian ganti yang nyaman seperti loose dress dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Pilih pakaian dengan kancing di depan lebih memudahkan Mama dalam memberikan ASI buat si Kecil.

2. Bra dan bantal menyusui, juga breast pad

2. Bra bantal menyusui, juga breast pad
health.com

Perlengkapan lainnya yang tak boleh dilupakan yakni bra khusus ibu menyusui. Jika kamu belum sempat memilikinya, maka bra dengan ukuran yang nyaman dapat menjadi penggantinya. Pastikan Mama menyediakan bantal untuk menyusui atau bantal kecil lainnya untuk menyangga tangan mama saat memberikan ASI.

Ingat juga untuk membawa breast pad dan pembalut persalinan untuk menyamankan Mama. Breast pad gunanya untuk menampung ASI yang bocor, kan. 

Editors' Picks

3. Sandal atau alas kaki yang nyaman

3. Sandal atau alas kaki nyaman
freepik.com/awesomecontent

Sandal yang dapat membuat nyaman merupakan sandal dengan permukaan yang tidak licin. Hindari memakai sandal dengan alas yang terbilang tebal, karena akan membahayakan langkah mama.

4. Selimut, bedong, baju, dan topi untuk si Bayi

4. Selimut, bedong, baju, topi si Bayi
Pixabay/themarketingshoppe

Tas persalinan juga harus diisi dengan perlengkapan bayi yang diperlukan saat Mama membawa si Kecil pulang. Siapkan selimut, bedong, baju, dan topi untuk si Bayi. Cuci bersih perlengkapan bayi ini sebelum memasukannya ke dalam tas persalinan sehingga sudah siap saat hendak digunakan. 

Pilih ukuran baju newborn meski Mama belum tahu ukuran si Kecil. Dan siapkan beberapa pasang ya Ma, sebab bisa saja bayi mengotori baju barunya dengan buang air besar atau kecil saat dipasangkan baju barunya.

5. Alat mandi dan make up mama

5. Alat mandi make up mama
freepik.com/freepik

Persiapan persalinan selanjutnya yang dapat Mama bawa yakni perlengkapan kebersihan yang dibutuhkan. Bawa perlengkapan mandi hingga aksesoris rambut seperti sisir dan jepit rambut. Jangan lupa bawa make up ya, supaya Mama terlihat segar ketika menyambut tamu yang menjenguk atau pulang dari rumah sakit bersama si Kecil. 

6. Dokumen penting

6. Dokumen penting
freepik.com/jannoon028

Yang tak kalah penting yakni beberapa dokumen yang harus dibawa ke rumah bersalin. Walaupun sudah mendaftar di rumah sakit, ada beberapa rumah bersalin yang membutuhkan konfirmasi ulang sehingga kartu asuransi hingga surat lainnya yang akan mendukung kelancaran administrasi. 

Semua perlengkapan tersebut bisa dimasukan dalam tas yang sudah keluarga kamu siapkan. Usahakan beritahu suami bahkan orang terdekat untuk menyimpan tas yang sudah disediakan.

Sudah siap, Ma? 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.