Kenapa Ya, Pasca Melahirkan Normal Bisa Sering Kentut?

Mulas, sedikit-sedikit kentut tapi rasanya tidak ingin buang angin. Kenapa ya?

22 Juli 2019

Kenapa Ya, Pasca Melahirkan Normal Bisa Sering Kentut
hirerush.com

Postpartum atau yang lebih dikenal dengan pasca melahirkan normal merupakan masa dimana kamu membutuhkan waktu untuk pemulihan yang lebih intens, karena tubuh kamu baru saja melakukan kerja yang sangat keras setelah melewati berbagai proses mengandung hingga melahirkan si Kecil ke dunia.

Perawatan Pasca Melahirkan Normal

Perawatan Pasca Melahirkan Normal
Pinterest.com/100LayerCake

Kemungkinan vagina kamu akan mengalami robekan hingga sayatan saat menjalani proses melahirkan normal. Luka setelah persalinan, memang membutuhkan beberapa minggu agar dapat mengering hingga pulih. Apabila kamu merasa nyeri ketika sedang duduk, sangat disarankan untuk kamu menggunakan bantal sebagai alas duduk.

Selain itu, mungkin kamu akan mengalami kesulitan buang air kecil karena adanya pembengkakan pada jaringan uretra hingga kandung kemih. Namun kamu tak perlu khawatir, karena kesulitan buang air kecil ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya, seiring sembuhnya bengkak tersebut.

Setelah selesai buang air kecil, basuh vagina kamu dengan air hangat atau gunakan lap yang telah diberi air hangat untuk membasuhnya. Jangan lupa keringkan ya Ma.

Disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan tinggi serat, misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, dan cukup minum air putih untuk melunakkan feses kamu.

Apabila feses lunak, kamu tak perlu terlalu mengejan ketika hendak buang air besar. Jika diperlukan, kamu bisa meminta obat pelunak tinja pada dokter. Hal ini demi menjaga supaya perineum tidak terasa sakit.

Perineum adalah sebuah bagian di tubuh dan struktur sekitarnya, tetapi kata itu umumnya termasuk alat kelamin dan anus.

Waspada setelah melahirkan normal, lalu kamu mengalami demam tinggi hingga keluarnya cairan dari vagina, terutama jika disertai bau yang tak sedap, maka segera hubungi dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Masalah yang Tidak Boleh Diabaikan Setelah Melahirkan Normal

1. Puting nyeri

1. Puting nyeri
hansplace.com

Para ahli mengakui jika perempuan setelah melahirkan akan mengalami nyeri pada bagian puting dalam beberapa hari pertama setelah kamu mulai menyusui. Tetapi, jika nyeri berlangsung secara signifikan bahkan lebih intens, sepertinya kamu perlu menemui dokter untuk menangani lebih lanjut.

Editors' Picks

2. Ambeien

2. Ambeien
thoughtcatalog.com

Ambeien merupakan pembengkakan pembuluh darah di anus dan akan menjadi sangat menyakitkan untuk perempuan yang melalui proses persalinan normal. Maka dari itu, jika ambeien tak kunjung membaik pada postpartum pertama, segera mungkin untuk menemui dokter kamu.

Mungkin dokter akan melakukan pembedahan dalam mengangkat ambeien kamu.

3. Nyeri punggung, pinggul dan panggul

3. Nyeri punggung, pinggul panggul
kk.no

Dengan semua perubahan pada fisik yang telah menyertai kehamilan hingga melahirkan, semua proses tersebut pun dapat berpengaruh pada penyelarasan sendi hingga fungsi otot secara keseluruhan.

Jika pasca melahirkan normal kamu tengah merasakan sakit pada area pinggul, punggung bawah hingga panggul, kehadiran terapi fisik bisa membantu kamu dengan latihan hingga memberikan solusi mengenai bagaimana cara sederhana untuk berjalan dan duduk dalam membantu proses penyembuhan.

4. Inkontinensia dan gas

4. Inkontinensia gas
blogtalkradio.com

Inkontinensia fekal adalah ketidakmampuan untuk mengontrol kandung kemih untuk melepasan buang air kecil hingga buang air besar. Kotoran bisa keluar tanpa dikontrol secara tiba-tiba.

Hal ini mungkin bisa membuat kamu malu di depan teman-teman, karena perempuan yang mengalaminya akan merasakan malu.

Merawat Diri Sendiri pada Minggu Pertama Setelah Melahirkan

Merawat Diri Sendiri Minggu Pertama Setelah Melahirkan
tohcounseling.com

Hari-hari awal setelah kamu melahirkan mungkin akan merasa sangat lelah. Berjalan hingga bergerak pun terasa seperti melakukan berbagai pekerjaan yang berat. Maka dari  itu, lakukan hal-hal berikut ini supaya kamu cepat pulih:

  • Saat bayi kamu tidur, usahakan kamu pun ikut tidur.
  • Mintalah bantuan kepada keluarga dalam melakukan urusan di rumah selama beberapa hari setelah kamu melahirkan secara normal.
  • Mintalah bantuan kepada orang lain untuk menyiapkan makanan kamu.
  • Penuhi kebutuhan cairan hingga konsumsilah asupan cairan tambahan selama kamu menjalankan proses menyusui.

Melakukan perawatan pasca melahirkan normal cukup mudah, selama kamu melakukannya dengan tenang bahkan senang. Jangan lewatkan mengenai sesi perawatan ke rumah sakit karena di sini kamu dapat menanyakan apa pun mengenai proses pemulihan kepada dokter.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;