5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Masa Persalinan Sudah Dekat

Menjelang persalinan, sudah harus lebih dulu dipersiapkan segala hal yang dibutuhkan

18 Juli 2019

5 Hal Perlu Dipersiapkan Saat Masa Persalinan Sudah Dekat
agoramedia.com

Ibu hamil biasanya akan mulai mengalami tekanan, baik secara mental atau fisik, ketika usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga. Kecemasan adalah hal paling umum yang pasti dialami ibu hamil pada masa-masa itu. Biasanya kondisi ini terjadi karena minimnya persiapan menjelang persalinan.

Oleh karena itu, ibu hamil harus mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar agar bisa melewati fase penting ini sampai dengan masa persalinan nanti.

Nah, supaya para mama sekalian tidak mengalami kecemasan berlebihan menjelang masa persalinan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Simak yuk Ma, tips mempersiapkan masa persalinan yang sudah dekat dari Popmama.com berikut ini.

1. Mental yang kuat

1. Mental kuat
Freepik
Perempuan hamil

Mungkin terdengar klise bagi beberapa orang. Namun, situasi mental yang kuat memang akan sangat berpengaruh pada kelancaran persalinan. Secara rutin, berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi kandungan mama dan metode persalinan.

Hal ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus lebih menenangkan batin mama agar tidak terus berpikir yang tidak-tidak tentang persalinan nanti.

Persiapan mental dapat dilakukan dengan belajar mengelola stres dan perasaan khawatir berlebihan. Berpikirlah secara positif karena Mama akan menyambut si kecil terlahir di dunia. 

Selain itu, tetaplah jalin komunikasi dengan keluarga terutama suami agar selalu mendapat dukungan.

2. Perlengkapan Ibu dan Bayi

2. Perlengkapan Ibu Bayi
Freepik/onlyyouqj

Siapkan segala keperluan yang dibutuhkan bayi saat setelah melahirkan nanti. Setidaknya dari delapan minggu sebelum hari perkiraan lahir, mama harus sudah mempersiapkan segala perlengkapan ibu dan anak.

Mulai dari pakaian, popok, selimut, tempat tidur, dan perlengkapan lainnya.

Untuk mama sendiri, perlengkapan yang diperlukan misalnya seperti pompa ASI, bra untuk ibu menyusui dan pakian khusus ibu menyusui dengan kancing depan terbuka atau busui friendly yang terbuka di bagian dada, serta perlengkapan lain yang mama butuhkan setelah melahirkan.

Editors' Picks

3. Tempat persalinan

3. Tempat persalinan
children.bartshealth.nhs.uk

Mama harus sudah menetapkan rencana persalinan seperti tempat bersalin dan dokter yang akan membantu mama nanti.

Adapun beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan adalah jarak tempuh, biaya, fasilitas ruangan, serta tenaga medis.

Jangan remehkan hal ini, karena tidak jarang ada ibu yang kondisi psikisnya menurun menjelang persalinan karena merasa kurang nyaman di dalam ruangan.

4. Pengetahuan tanda-tanda melahirkan

4. Pengetahuan tanda-tanda melahirkan
missmum.at

Persiapan menjelang persalinan berikutnya adalah dengan belajar dan mengenali tanda-tanda akan melahirkan. Ini bisa Mama pelajari melalui buku, internet atau dari dokter kandungan dan bidan.

Jika sudah mengenali tanda-tanda tersebut, Mama dan keluarga tidak akan lagi kebingungan untuk membedakan mana kontraksi palsu dan kontraksi yang benar-benar menandai ibu hamil akan segera melahirkan.

Bacajuga:

5. Keluarga dan Suami Siaga

5. Keluarga Suami Siaga
malayalamemagazine.com

Banyak suami yang rela cuti dari pekerjaannya atau keluarga yang rela datang jauh-jauh demi menemani ibu hamil saat usia kehamilan sudah semakin tua.

Ini memang penting bagi ibu hamil, terutama jika hanya tinggal berdua bersama suami.

Sebab di trimester terakhir kehamilan terutama saat menjelang masa persalinan ini, mungkin bisa terjadi banyak hal tak terduga.

Maka diperlukan persiapan keluarga siaga atau siapapun orang yang selalu menemani mama. Akan bahaya jika mama sendirian di rumah dan tiba-tiba terjadi sesuatu.

Dengan melakukan segala persiapan menjelang persalinan tadi, mama pasti akan merasa lebih tenang dan siap saat menyambut kehadiran si Kecil nanti.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!