5 Cara Tingkatkan Kadar Lemak pada ASI, Bisa Bantu Bayi Cepat Kenyang

Membantu bayi tetap kenyang lebih lama di antara waktu menyusui

2 Agustus 2022

5 Cara Tingkatkan Kadar Lemak ASI, Bisa Bantu Bayi Cepat Kenyang
Freepik/Drazen Zigic

Ma, ketahuilah bahwa salah satu kandungan penting dalam ASI yang sangat bedampak pada perkembangan otak bayi adalah lemak. Dimana lemak ASI menyediakan 50-60 persen asupan kalori bayi cukup bulan. Sementara lemak akan melakukan fungsi pentingnya dalam memberikan asam lemak bebas dan vitamin untuk bayi. 

Dikutip dari Verywellfamily, lemak dalam ASI berperan mengendalikan nafsu makan bayi. Ini karena jumlah lemak di ASI meningkat saat bayi menyusui pada payudara yang sama. Selain itu lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari perut, ini membantu bayi tetap kenyang lebih lama di antara waktu menyusui.

Oleh karenanya, penting bagi Mama meningkatkan kadar lemak pada ASI. Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya. Terutama jika ingin menambah berat badan si Kecil.

1. Memiliki pola makan sehat yang terdapat sumber nutrisi

1. Memiliki pola makan sehat terdapat sumber nutrisi
Freepik/Drazen Zigic

Ingatlah, ASI menyediakan semua komponen penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Salah satunya berupa makronutrien seperti lemak, karbohidrat dan protein. Termasuk mikronutrien (vitamin dan mineral) dan faktor perkembangan (asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang.

Oleh karena itu, ibu menyusui sangat dianjurkan mendapat sumber nutrisi untuk semua bayi selama enam bulan pertama kehidupannya. Nah, caranya dengan memiliki pola makan yang sehat. Melalui lemak sehat, maka akan memastikan ibu mendapat nutrisi yang cukup. 

Asupan lemak pada ibu bisa membantu memastikan bahwa ASI terdapat kandungan dan kualitas lemak yang sehat. Jadi pastikan Mama rutin mengonsumi makanan beprotein tinggi seperti daging tanpa lemak, telur, olahan kedelai dan ikan kaya lemak.

Editors' Picks

2. Memutuskan waktu terbaik untuk memberi makan bayi

2. Memutuskan waktu terbaik memberi makan bayi
Freepik/valuavitaly

Ma, bahwa lemak mendukung perkembangan otak dan sistem saraf. Sedangkan salah satu cara meningkatkan jumlah lemak dalam ASI, yakni memutuskan waktu terbaik untuk memberi makan bayi. Ini karena waktu pengisian ASI berbeda pada setiap kasus ibu. 

Beberapa memiliki payudara yang lebih penuh di pagi hari. Jadi sebaiknya tingkatkan frekuensi sesi menyusui. Semakin sering Mama menyusui, maka semakin besar kemungkinan sang bayi mendapatkan asupan ASI yang kaya lemak.

3. Menyusui bayi dengan kedua sisi payudara

3. Menyusui bayi kedua sisi payudara
Freepik/jcomp

Keputusan untuk menawarkan kedua payudara pada setiap menyusui adalah hal terbaik, Ma. Ini membuat bayi mendapatkan cukup asupan ASI dengan kandungan lemak di dalamnya. Jadi sangat penting bagi ibu agar selalu memberi ASI dari kedua sisi pada setiap sesi menyusui, ya.

Pasalnya, bayi perlu diberi kesempatan untuk memutuskan durasi dan frekuensi menyusui di setiap payudara. Bahkan secara efektif saat bayi menyusu, lemak di susu menempel satu sama lain dan menempel di dinding alveolus saluran susu.

4. Memijat payudara dengan pijatan lembut

4. Memijat payudara pijatan lembut
Freepik/wayhomestudio

Ma, bahwa kombinasi menyusui dan pijat bekerja untuk mendorong produksi lebih banyak susu. Pijat payudara juga mencegah dan mengobati masalah seperti pembengkakan maupun saluran susu yang tersumbat.

Bahkan melalui pijatan yang lembut pada payudara selama menyusui, ini dapat membantu mendorong susu yang lebih berlemak ke depan dan mengosongkan payudara dengan lebih baik. Termasuk meningkatkan kandungan lemaknya.

Dirilis dari Parenting.Firstcry, pijat payudara dan kompresi payudara meningkatkan aliran ASI melalui saluran susu. Kamu dapat memegang payudara dan meremasnya secara lembut. Dengan kompresi ini, bagian lemak susu bergerak ke arah puting susu.

5. Pastikan bayi menghabiskan ASI dari satu payudara

5. Pastikan bayi menghabiskan ASI dari satu payudara
Freepik/pvproductions

Ternyata payudara kosong lebih kaya lemak daripada payudara penuh. Ini karena ketika mulai menyusui, foremilk adalah yang pertama keluar dan kaya akan protein serta air yang rendah lemak. Namun hindmilk yang datang kemudian jauh lebih kaya lemak. 

Selain itu, kandungan lemak dalam ASI tidak sama setiap kali menyusui dan akan berbeda saat menyusui terakhir kali. Jadi pastikan bayi menghabiskan ASI dari satu payudara sebelum beralih ke sisi lain, ya.

Dengan begitu bayi bisa mendapatkan foremilk yang encer dan hindmilk yang mengandung lemak. Jika bayi beralih ke sisi lain, payudara mungkin terisi dengan foremilk lagi. Jika perlu menggantinya, cobalah menggunakan pompa payudara untuk menyimpan hindmilk dan berikan pada bayi setelahnya.

Itulah kelima cara meningkatkan kadar lemak pada ASI. Seorang ahli laktasi dapat membantu menjawab dan menyelesaikan masalah yang mungkin Mama alami.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk