Catat! Ini Dia Persiapan untuk Melakukan Proses Water Birth

Apakah Mama berencana untuk melalui proses water birth?

12 Mei 2022

Catat Ini Dia Persiapan Melakukan Proses Water Birth
Pexels/Lukas

Ketahuilah, bahwa water birth termasuk sebagian dari persalinan. Metode melahirkan ini dilakukan di bak air hangat. Dimana bayi sudah berada di kantung cairan ketuban selama sembilan bulan. Keuntungannya sendiri tidak terlalu membuat ibu hamil menjadi stres.

Dikutip dari Tommys.org, melahirkan di dalam air adalah pilihan bagi kamu jika pernah mengalami kehamilan berisiko rendah. Menurut bidan dan atau dokter, water birth terbilang aman untuk ibu dan bayi.

Namun sebelum menjalani water birth, ada beberapa persiapan yang mungkin harus Mama lakukan demi kelancaran prosesnya. Berikut Popmama.com sajikan ulasan selengkapnya:

Editors' Picks

Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu

Konsultasi dokter terlebih dahulu
Pexels/MART PRODUCTION

Mama mungkin akan disarankan untuk tidak melakukan water birth jika memiliki salah satu faktor risiko seperti posisi bayi sungsang atau mengalami pre-eklampsia. Hal itu karena mungkin sulit untuk mengeluarkan Mama dari kolam dengan aman dalam keadaan darurat. 

Terutama apabila terdapat infeksi, Mama mungkin berisiko menularkannya ke bayi di dalam air. Oleh sebab itu, Mama sangat penting melakukan persiapan yang matang sebelum melalui proses water birth.

Agar memberikan perasaan nyaman dan rileks, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang akan mengawasi proses persalinan Mama. Dimana dokter berperan besar sepanjang sebelum dan sesudah proses melahirkan. Apalagi beberapa jenis dokter dilatih secara medis untuk metode water birth.

Tentukan dimana tempat Mama akan melakukan water birth

Tentukan dimana tempat Mama akan melakukan water birth
Pexels/RODNAE Productions

Sebelum memutuskan untuk melalui proses water birth, sebaiknya Mama memilih tempat terbaik saat melahirkan nanti. Biasanya metode water birth dilakukan di rumah sakit dengan bantuan dokter kandungan.

Ketika Mama menemukan tempat berendam di bak mana, ini akan memberikan lebih banyak pengalaman menyenangkan dan kenyamanan selama kontraksi maupun proses persalinan.

Jika tidak dilakukan di rumah sakit terdekat, Mama mungkin harus melakukannya di rumah atau pergi ke klinik bersalin yang bisa menyediakan fasilitas untuk water birth. Dimana seorang perawat dan bidan pun membantu Mama melewatinya.

Menyiapkan beberapa hal yang perlu disiapkan

Menyiapkan beberapa hal perlu disiapkan
Pexels/Gustavo Fring

Sebenarnya keuntungan dari metode water birth, yakni dapat membantu Mama menjadi lebih rileks dan meringankan rasa sakit selama proses menggerakkan bayi ke bawah menuju jalan lahir.

Namun menjelang hari kelahiran, sebaiknya semua persiapan sudah rampung dilakukan. Jadi ketika mulai terasa tanda-tanda melahirkan sudah datang, Mama tidak perlu menunggu lama lagi untuk mempersiapkannya. Nah, beberapa hal yang perlu Mama siapkan antara lain:

  • Memiliki profesional perawatan kesehatan berlisensi yang berpengalaman dengan cadangan dokter untuk membantu Mama melalui proses water birth.
  • Terdapat sandar tinggi untuk memastikan bak mandi bersih dan terawat dengan baik.
  • Langkah-langkah pengendalian infeksi yang tepat tersedia.
  • Isi bak dengan air hangat dan tunggu sampai dokter atau bidan datang sebelum masuk ke dalam bak.
  • Suhu air diatur dengan baik, biasanya 97-100 F.
  • Siapkan air minum dan lap bersih untuk mencegah dehidrasi saat melahirkan.
  • Mama dan bayi dipantau dengan benar saat berada di bak mandi sesuai kebutuhan.

Nah, demikianlah persiapan yang perlu Mama lakukan untuk melalui proses water birth. Mama mungkin perlu meninggalkan kolam jika ada komplikasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk