5 Dedaunan untuk Bantu Mengatasi Kolesterol pada Ibu Menyusui

Gaya hidup sehat adalah pertahanan pertama melawan kolesterol, lho!

20 Januari 2022

5 Dedaunan Bantu Mengatasi Kolesterol Ibu Menyusui
Pixabay/kropekk_pl

Bahwa perempuan hamil dengan kolesterol dua kali lebih mungkin membutuhkan beberapa perawatan setelah persalinan caesar. Kemudian kadar kolesterol harus kembali ke tingkat sebelum hamil, terutama selama masa menyusui.

Sedangkan gaya hidup sehat adalah pertahanan pertama melawan kolesterol tinggi. Namun terkadang obat, diet dan olahraga saja tidak cukup. Mama mungkin juga perlu minum minuman herbal seperti air dari rebusan beberapa jenis daun.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 daftar dedaunan untuk bantu mengatasi kolesterol pada ibu menyusui. Yuk, cek informasinya!

1. Daun jambu untuk meredam radikal bebas

1. Daun jambu meredam radikal bebas
Pixabay/Ronnysefria

Bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki aktivitas senyawa antioksidan untuk meredam radikal bebas atau bilangan oksidasi dalam darah, lho.

Berkat kandungan flavonoid di dalam daun jambu biji, ini berkhasiat mengendalikan kelebihan kadar kolesterol pada ibu menyusui.

Artinya, meminum air rebusan daun jambu biji bisa menjadi solusi untuk ibu menyusui yang ingin menghindari minum obat penurun kolesterol dari dokter. 

Editors' Picks

2. Daun kelor berperan aktif untuk menjaga tensi darah

2. Daun kelor berperan aktif menjaga tensi darah
Pixabay/svibhandik

Selain daun jambu, ternyata daun kelor juga bisa dikonsumsi untuk membantu mencegah dan menurunkan kolesterol selama masa menyusui.

Hal ini tentunya sangat penting bagi ibu menyusui yang sedang mengalami tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Terutama terkait dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit.

Bahwa kandungan kalium dan antioksidan pada daun kelor berperan aktif untuk menjaga tensi darah di dalam tubuh. Bahkan termasuk mengontrol gula dalam darah. 

3. Daun salam menurunkan trigliserida yang berlebihan

3. Daun salam menurunkan trigliserida berlebihan
Pixabay/mkupiec7

Ketika ibu menyusui memiliki kadar kolesterol cukup tinggi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola makan. Nah, salah satunya bisa mengonsumsi air rebusan daun salam.

Dengan memimumnya, kandungan antioksidan dan vitamin di dalam daun salam cukup membantu ibu menyusui menurunkan kolesterol jahat.

Bahkan kandungan vitamin C dari daun salam juga dapat bekerja sebagai penurunan tingkat trigliserida yang berlebihan dalam tubuh.

4. Daun serai memiliki sifat anti hiperlipidemia

4. Daun serai memiliki sifat anti hiperlipidemia
Pixabay/WonderfulBali

Bagi sebagian orang, perubahan gaya hidup adalah salah satu cara alami mengobati kadar kolesterol. Sementara untuk ibu menyusui dengan kolesterol tinggi, daun serai mungkin juga diperlukan.

Mengonsumsi rebusan air daun serai bisa sebagai rencana perawatan yang tepat dalam membantu mengatasi kolesterol. Terutama memcegah ibu menyusui dari serangan jantung dan stroke.

Ini karena daun serai memiliki sifat anti hiperlipidemia dan sifat anti hiperkolesterolemia yang menghasilkan kadar kolesterol menjadi lebih sehat.

5. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan

5. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan
Pixabay/alidaferreira1985

Obat alami yang juga dapat digunakan mengatasi kadar kolesterol tinggi pada ibu menyusui selanjutnya adalah daun sirsak.

Bahwa daun sirsak menjadi jenis daun yang mudah dikonsumsi dengan air rebusannya. Ini berkat kandungan gizi yang beragam di dalam daun sirsak.

Selain itu, kandungan antioksidan dari daun sirsak mampu mencegah dan membuat kolesterol dapat lebih terkontrol secara baik. Namun sebaiknya konsumsi daun sirsak saat pagi hari, ya.

Nah, demikianlah 5 daun untuk bantu atasi kolesterol pada ibu menyusui. Agar mendapat hasil maksimal, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk