Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan Mama setelah Melahirkan

Yuk, makan buah tropis seperti kedondong!

26 Januari 2023

5 Manfaat Buah Kedondong Kesehatan Mama setelah Melahirkan
shopee.co.id

Memilih makan makanan yang bergizi adalah langkah sangat penting selama periode postpartum. Dengan demikian, ini dapat mendukung proses pemulihan setelah melahirkan.

Memakan buah seperti kedondong, hal itu termasuk waktu yang tepat untuk melengkapi vitamin dan mineral pada tubuh Mama. Jadi tak ada salahnya jika Mama memiliki setengah piring buah kedondong.

Agar lebih jelas, berikut Popmama.com berikan 5 manfaat buah kedondong untuk kesehatan pasca persalinan. Yuk, simak khasiat selengkapnya yang sudah dirangkum dari beberapa sumber!

1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi

1. Meningkatkan kekebalan tubuh mencegah dari infeksi
Pexels/MART PRODUCTION

Setelah melahirkan, Mama membutuhkan semua energi agar bisa mencegah beberapa penyakit dan kelelahan. Sedangkan manfaat dari buah kedondong, yakni dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terutama saat Mama menyusui si Kecil.

Bahwa kedondong termasuk jenis buah yang kaya akan vitamin C. Jadi tak heran jika kandungan vitamin C pada buah kendondong, ini akan bekerja sangat baik dalam menjaga mekanisme pertahanan tubuh.

Bahkan memakannya juga membantu dalam sintesis sel darah putih yang sehat. Salah satunya sangat diperlukan untuk memerangi infeksi dalam tubuh Mama.

Editors' Picks

2. Membuat jantung memompa darah secara baik ke seluruh tubuh

2. Membuat jantung memompa darah secara baik ke seluruh tubuh
Pexels/Puwadon Sang-ngern

Setelah Mama melalui proses melahirkan, maka sangat penting menjaga kesehatan jantung. Salah satu langkah terbaik, yakni dengan memakan buah kedondong yang kaya vitamin C.

Sebab jika mengalami hipertensi selama atau setelah kehamilan, ini memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan masalah serangan jantung.

Apalagi buah kedondong juga dapat mencegah penyakit jantung seperti aterosklerosis dan kondisi yang melemahkan otot jantung. Jadi, memakannya bisa membuat jantung memompa darah secara baik ke seluruh tubuh.

3. Mengatasi kondisi kulit setelah melahirkan

3. Mengatasi kondisi kulit setelah melahirkan
Pexels/Ron Lach

Pasca persalinan, Mama mengalami gatal-gatal pada kulit?

Mungkin Mama memiliki tanda dan gejala seperti ruam kulit di wajah atau bercak di kulit yang disebabkan oleh kekeringan. Terutama karena faktor perubahan hormonal.

Namun kondisi yang tidak nyaman ini tidak berbahaya dan mudah diobati. Salah satunya dengan memakan buah kedondong. Berkat agen antimikroba dalam buah kedondong, maka dapat mengatasi kondisi kulit yang umum terjadi.

Bahkan antioksidan pada buah kedondong juga merangsang sintesis kolagen, sehingga memperlambat penuaan dan mengurangi kerutan atau garis-garis halus.

4. Mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal

4. Mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal
Pexels/Karolina Grabowska

Kedondong yang tinggi serat makanan, memakannya dapat menjaga kesehatan pencernaan dan membantu membersihkan usus Mama. Terutama bagi Mama yang suka alami sembelit dan dispepsia pasca persalinan.

Apalagi buah kedondong dikemas dengan antioksidan bermanfaat seperti flavonoid, terpenoid dan tanin. Kandungan ini bekerja untuk mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal yang umum terjadi.

Namun sebaiknya, Mama memakan buah kedondong sebelum sarapan atau makan siang yang berat. Hal tersebut agar membantu mengaktifkan cairan lambung di perut dan memfasilitasi asimilasi makanan yang lebih lancar.

5. Memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan

5. Memberikan rasa kenyang mencegah makan berlebihan
Pexels/Ketut Subiyanto

Pasca persalinan, berat badan Mama masih belum mengalami penurunan yang signifikan?

Secara perlahan, buah kedondong yang rendah kalori dapat menyediakan nutrisi pada tubuh Mama. Bahkan kedondong termasuk jenis buah yang rendah lemak, karbohidrat dan tinggi serat makanan.

Nah, hal itulah yang membuat buah ini cukup ideal untuk menurunkan berat badan Mama. Apalagi kandungan air pada buah kedondong juga memberikan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Setelah mengetahui 5 manfaat buah kedondong untuk kesehatan pasca persalinan, apakah Mama akan mulai memakannya?

Baca juga:

Product kesehatan bisa dilihat di sini ya

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk