Ini Dia 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Oatmeal Bagi Ibu Menyusui

Jangan malas konsumsi oatmeal ya, Ma

13 Juni 2019

Ini Dia 5 Manfaat Luar Biasa Konsumsi Oatmeal Bagi Ibu Menyusui
Freepik

Oatmeal merupakan olahan gandum utuh yang bergizi dan dipercaya memiliki berbagai manfaat penting untuk kesehatan tubuh, terutama pasca melahirkan.

Sementara menyusui adalah hal penting yang harus Mama lakukan pasca melahirkan. Tentunya pemberian ASI akan memberikan nutrisi terbaik untuk sang buah hati. 

Nah, asupan nutrisi yang memegang peranan penting pada kualitas ASI dengan yakni mengosumsi oatmeal. Berikut 5 manfaat luar biasa konsumsi oatmeal untuk ibu menyusui yang sudah dirangkum oleh Popmama.com :

1. Meningkatkan energi

1. Meningkatkan energi
Freepik

Memberikan ASI untuk si Kecil memang tanggung jawab seorang Ibu pasca melahirkan.

Mama yang sedang menjalankan program ASI pada sang buah hati bisa memberikan nutrisi terbaik untuk anak dengan rutin mengonsumsi oatmeal.

Oatmeal yang mengandung berbagai nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi, seng, mangan, dan kalsium merupakan sumber serat yang sangat baik untuk meningkatkan energi dan melawan Mama dari rasa kelelahan.

2. Meningkatkan produksi ASI

2. Meningkatkan produksi ASI
Freepik

Ternyata oatmeal mengandung beragam nutrisi yang luar biasa seperti fotokimia, beta-glukan, protein, serat, hingga karbohidrat kompleks yang akan membuat Mama merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, mengonsumsi gandum juga bisa jadi ASI booster. Oleh karenanya ibu menyusui lebih disarankan untuk sering mengonsumsi oatmeal. Sebab oameal mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam memperbaiki kualitas ASI.

Editors' Picks

3. Menstabilkan kadar gula dalam darah

3. Menstabilkan kadar gula dalam darah
Freepik/Rawpixel.com

Memakan oatmeal sebagai pelancar dan peningkat kualitas ASI ternyata telah dikenal terlebih dahulu di negara barat, lho. Di mana oatmeal merupakan makanan sebagai ASI booster yang populer di Amerika Serikat dan Australia.

Oatmeal yang kaya akan kandungan serat gandum utuh dan protein dapat membantu Mama dalam menjaga gula darah. Selain itu oatmeal memiliki kandungan fitokimia yang berperan besar dalam penyembuhan dan penurunan tekanan darah.

4. Melepaskan oksitosin

4. Melepaskan oksitosin
Freepik/mariiazotova

Oatmeal yang mengandung serat tinggi ternyata dapat menstabilkan gula dalam darah pada ibu menyusui.

Oleh karena itu oatmeal mampu menjadi salah satu ASI booster yang baik. Kandungan protein dalam oatmeal bermanfaat sebagai anti oksidan yang kuat dan aktif yang dapat melindungi tubuh ibu menyusui dalam melepaskan oksitosin dan relaxin.

Hal ini akan merangsang proses produk ASI dan membantu melancarkan aliran ASI.

5. Menstimulasi kelenjar susu

5. Menstimulasi kelenjar susu
Freepik

Mama dapat menyusui secara eksklusif pada bayi selama 2 tahun. Di dalam ASI terdapat nutrisi yang melimpah, oleh karenanya Mama perlu makan makanan kaya akan gizi.

Ya, salah satunya dengan makan oatmeal. Sebagai makanan sehat olahan gandum utuh, oatmeal mengandung estrogen nabati yang dipercaya dapat memberikan stimulasi pada kelenjar susu dan memicu produksi ASI menjadi lebih banyak.

Sebelum mengonsumsi oatmeal, ada baiknya berkonsultasilah pada dokter untuk memakan oatmeal secara langsung atau mencampurkannya dalam makanan-makanan sehat lainnya.

Itulah manfaat makan oatmeal untuk ibu menyusui, tertarik untuk menjadikannya menu di pagi hari kan Ma?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;