5 Manfaat Mandi Sitz Pasca Persalinan, Kurangi Rasa Tidak Nyaman

Mengenal mandi sitz setelah persalnan, apa bedanya dengan mandi biasa?

20 Mei 2022

5 Manfaat Mandi Sitz Pasca Persalinan, Kurangi Rasa Tidak Nyaman
Freepik/Drazen Zigic

Setelah melahirkan, perempuan sering kali alami nyeri perineum yang sangat menyengat. Kabar baiknya, mandi sitz dapat membantu meredakannya. Tidak seperti mandi busa sampai ke dagu, mandi sitz hanya dengan menduduki atau berendam di wadah berisi air. Dimana mendudukinya di bagian pinggul dan bagian bawah.

Dilansir dari Medicalnewstoday, mandi sitz harus setengah diisi air hangat pada suhu yang nyaman. Pengguna dapat menambahkan air ekstra tanpa harus bangun karena air mendingin. Dimana penambahan air menciptakan efek pusaran air. 

Agar lebih jelas, Mama perlu mengetahui 5 manfaat mandi sitz pasca persalinan. Yuk, cek segera ulasannya dari Popmama.com!

1. Menenangkan fisura anus akibat sakit saat buang air besar

1. Menenangkan fisura anus akibat sakit saat buang air besar
Freepik/Lifestylememory

Konstipasi maupun sembelit memang sering terjadi pada perempuan setelah melahirkan. Kondisi ini dikenal sebagai periode postpartum. Sementara di masa enam minggu pertama pasca persalinan, tubuh mulai pulih.

Nah, salah satu langkah yang bisa Mama lakukan adalah mandi sitz. Dimana berendam dalam air pada suhu panas yang sedang, hal tersebut bisa mempercepat proses penyembuhan dengan meningkatkan aliran darah. Termasuk menenangkan fisura anus yang terjadi ketika mengejan saat buang air besar dan mengalami konstipasi.

Bahwa mandi sitz postpartum dapat membantu meringankan rasa sakitnya, Ma. Jadi cobalah lakukan mandi sitz secara rutin dengan menambahkan garam Epsom, witch hazel, minyak lavende atau minyak chamomile.

Editors' Picks

2. Meredakan rasa sakit karena wasir

2. Meredakan rasa sakit karena wasir
Freepik/mrsiraphol

Setelah melalui persalinan pervaginam, banyak perempuan mengalami wasir.  Gejalanya sering kali timbul rasa nyeri, gatal pada dubur, pendarahan setelah buang air besar atau area bengkak di sekitar anus. Sementara untuk mengobati wasir pasca persalinan, Mama dapat menggunakan sitz bath atau mandi berendam di air hangat.

Dikutip dari Mamanatural.com, wasir adalah efek samping yang tidak menyenangkan dari kehamilan dan persalinan. Mandi sitz dapat membantu mengurangi ukuran wasir dan area penyembuhan di mana wasir diangkat melalui pembedahan. Artinya, sitz bath untuk mengobati wasir dan percepat proses penyembuhan.

Pasalnya, mandi sitz bisa menjadi salah satu metode yang tidak diragukan lagi dalam menenangkan wasir. Bahwa manfaat mandi sitz yang dapat Mama rasakan jika rutin melakukannya, yakni meredakan rasa sakit dan gatal serta menjaga area tersebut tetap bersih.

3. Membantu membersihkan area anus dan vagina

3. Membantu membersihkan area anus vagina
Freepik/master1305

Hal penting yang perlu Mama ketahui, bahwa mandi sitz membuat bagian anus dan vagina terendam di dalam wadah. Namun hal ini tidak akan membahayakan vagina dan membuatnya menjadi bersih.

Diinformasikan dari Webmd, mandi air hangat seperti sitz bath akan bekerja dengan membawa aliran darah ke area tersebut untuk mengendurkan otot dan meningkatkan penyembuhan luka. Ini juga dapat membersihkan area sensitif setelah melahirkan. 

Apalagi usai melalui pasca persalinan, biasanya Mama mengalami perdarahan selama 4-6 minggu. Maka sangat penting menjaga kebersihan area tersebut guna membantu penyembuhan kulit.

4. Mengurangi pembengkakan dan peradangan

4. Mengurangi pembengkakan peradangan
Freepik/Racool_studio

Mama perlu tahu, bahwa mandi sitz menawarkan manfaat yang bisa membantu meredakan nyeri dan peradangan. Bahkan termasuk iritasi pada perineum, yakni ruang antara rektum dan vulva atau skrotum. 

Dirilis dari Verywellhealth, dokter merekomendasikan mandi sitz untuk yang mengalami ruam atau lecet di area perineum. Berendam di air hangat bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Ini meningkatkan aliran darah ke daerah yang terkena dan meredakan iritasi. Dengan mandi sitz, kamu juga dapat dengan lembut membersihkan area yang terlalu sakit untuk disentuh.

Jadi sitz bath adalah cara meningkatkan aliran darah ke daerah perineum, dimana mengurangi pembengkakan dan mempercepat penyembuhan. Terutama infeksi jamur pada kemaluan yang menimbulkan rasa gatal dan keputihan pasca persalinan.

5. Memfasilitasi relaksasi dan memberi ketenangan

5. Memfasilitasi relaksasi dan memberi ketenangan
Freepik/benzoix

Ma, proses pemulihan setelah melahirkan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun salah satu manfaat dari mandi sitz, yakni membantu mempercepat proses penyembuhan pasca persalinan. Dimana mandi sitz memfasilitasi relaksasi dan memberi Mama sedikit ketenangan.

Diwartakan dari Healthline, orang-orang bisa beralih ke mandi sitz bath selama periode postpartum untuk peningkatan aliran darah. Terutama meningkatkan penyembuhan dan relaksasi.

Bahkan perawatan diri dengan mandi sitz juga meningkatkan suasana hati. Jadi cobalah untuk bersantai menggunakan bath sitz meski hanya selama 10 menit. Mama pun bisa sambil menyalakan musik klasik atau membaca buku.

Itulah kelima manfaat mandi sitz. Agar tidak menyebabkan jahitan terlepas, mintalah rekomendasi dokter atau praktisi terlebih dahulu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk