Manfaat Vitamin B2 untuk Mama yang Baru Saja Melahirkan

Yuk, dapatkan manfaatnya untuk membantu pembentukan energi!

20 Mei 2022

Manfaat Vitamin B2 Mama Baru Saja Melahirkan
Pexels/Mona Sabha Cabrera

Vitamin B2 atau riboflavin termasuk salah satu dari jenis vitamin B yang penting untuk kesehatan Mama. Oleh karenanya, Mama perlu mengonsumsi makanan seperti telur dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin B2 di dalamnya.

Dikutip dari Medicalnewatoday, tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin B2 untuk perempuan adalah 1,1 miligram per hari. Mereka harus mengonsumsi 1,6 miligram per hari saat menyusui.

Nah, mengenai hal tersebut Popmama.com akan membahas manfaat vitamin B2 untuk Mama yang baru saja melahirkan. Apa sajakah itu?

1. Sebagai produksi energi dan kesehatan secara keseluruhan

1. Sebagai produksi energi kesehatan secara keseluruhan
Pexels/MART PRODUCTION

Seperti vitamin lainnya, bahwa vitamin B2 berperan dalam produksi energi dalam tubuh dan kesehatan yang baik secara keseluruhan.  

Diwartakan dari Healthline, vitamin B2 atau riboflavin secara alami ada di beberapa makanan. Ini hadir dalam makanan untuk membantu tubuh membangun sel darah merah dan mendukung fungsi seluler lain yang memberi kamu energi.

Lalu fungsinya lainnya membuat tubuh memecah karbohidrat, protein dan lemak dalam menghasilkan energi. Termasuk memungkinkan oksigen digunakan oleh tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Editors' Picks

2. Mencegah gejala anemia pasca persalinan

2. Mencegah gejala anemia pasca persalinan
Pexels/Pavel Danilyuk

Sering kali, perempuan yang baru saja melalui proses melahirkan mengalami anemia postpartum. Kondisi ini adalah defisiensi besi prepartum dalam kombinasi dengan kehilangan darah yang berlebihan saat melahirkan. Apabila Mama kekurangan vitamin B2, maka dapat menyebabkan anemia.

Oleh karenanya, Mama perlu melengkapi dengan vitamin ini guna mengembalikan tingkat dan memperbaiki gejala anemia pasca persalinan.

Dilansir dari Livescience, riboflavin penting untuk bagaimana tubuh memproses zat besi. Sebab tubuh lebih mungkin mengembangkan anemia. Dengan mengonsumsi riboflavin, manfaatnya juga dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah hingga 26-40 persen.

3. Membantu mencegah sakit kepala dan migrain

3. Membantu mencegah sakit kepala migrain
Pexels/Andrea Piacquadio

Setelah melahirkan, apakah Mama sering alami migrain?

Bahwa manfaat dari mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B2 juga dapat membantu mencegah sakit kepala, lho!

Sedangkan vitamin B2 sendiri paling baik diserap ketika dikonsumsi di antara waktu makan makanan yang seimbang. Selain itu Mama bisa mengambil manfaat vitamin B2 dari mengonsumsi multivitamin dan mineral kompleks.

Dikutip dari Headaches, dosis tinggi vitamin B2 (riboflavin) dapat membantu mencegah sakit kepala seperti migrain. Efek menguntungkan dalam mengurangi frekuensi migrain muncul setelah satu bulan dosis harian 400 mg dan meningkat selama dua bulan ke depan.

4. Menjaga sistem pencernaan dan memelihara jaringan

4. Menjaga sistem pencernaan memelihara jaringan
Pexels/Karolina Grabowska

Apabila Mama mendapat cukup asupan vitamin B2, sebenarnya ini terlibat dalam banyak proses tubuh. Termasuk memberikan perkembangan yang tepat dari lapisan saluran pencernaan.

Selain itu, fungsi vitamin B2 juga sangat penting untuk memecah komponen makanan. Termasuk menyerap nutrisi lain dan memelihara jaringan.

Sebab jika Mama kekurangan vitamin B2, kemungkinan saja jadi lebih rentan terhadap masalah pencernaan seperti penyakit celiac.

Itulah manfaat vitamin B2 untuk Mama yang baru saja melahirkan. Vitamin B2 sendiri berasal dari makanan seperti ikan, daging dan telur.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk