5 Nutrisi Penting untuk Pemulihan Mama Pasca Persalinan Caesar

Kalsium adalah bagian penting dari pemulihan, lho!

11 Januari 2022

5 Nutrisi Penting Pemulihan Mama Pasca Persalinan Caesar
Freepik/KamranAydinov

Melahirkan adalah saat yang menyenangkan. Namun juga membebani tubuh, terutama jika menjalani persalinan caesar. Maka Mama akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih.

Bahkan setelah operasi caesar, sebagian perempuan mengalami stres dan emosional. Sedangkan diet dengan makanan sehat bagian penting dari penyembuhan dan pemulihan.

Nah, 5 nutrisi ini perlu Mama dapatkan pasca persalinan caesar. Berikut Popmama.com berikan daftar lengkapnya:

1. Kalsium meningkatkan pembentukkan sel

1. Kalsium meningkatkan pembentukkan sel
Freepik/azerbaijan_stockers

Guna mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan caesar, Mama perlu istirahat dan memiliki pola makan dengan nutrisi. Sedangkan kalsium adalah asupan nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dikonsumsi, ya.

Bahwa kalsium diperlukan untuk meningkatkan pembentukkan sel dan memperkuat tulang Mama pasca persalinan caesar. Apalagi tubuh Mama membutuhkan kalsium untuk membangun dan memelihara jantung, otot dan saraf agar berfungsi dengan baik.

Manfaat kesehatan dari kalsiun bisa Mama peroleh dari sumber kalsium yang baik seperti:

  • Sayuran hijau
  • Buah-buahan
  • Susu dan produk susu
  • Minuman kedelai

Editors' Picks

2. Protein dapat mengisi energi pada tubuh

2. Protein dapat mengisi energi tubuh
Freepik/azerbaijan_stockers

Setelah menjalani operasi caesar, sebaiknya Mama memasukkan protein ke dalam makanan. Bahwa protein berkontribusi untuk memelihara otot dan mendorong pertumbuhan jaringan baru.

Dilansir dari parenting.firstcry, protein membantu pertumbuhan sel jaringan baru yang mempercepat proses penyembuhan. Makanan kaya protein memfasilitasi perbaikan jaringan dan mempertahankan kekuatan otot pasca operasi. 

Artinya, asupan protein merupakan bagian penting dari proses yang mengisi energi Mama dan membawa oksigen ke seluruh tubuh ke dalam darah. Makanan sumber protein meliputi:

  • Ikan
  • Daging sapi tanpa lemak (dalam jumlah terbatas)
  • Tahu
  • Telur
  • Produk susu

3. Serat berkontribusi pada masalah perut

3. Serat berkontribusi masalah perut
Freepik/8photo

Serat adalah nutrisi yang baik setelah melalui proses persalinan caesar. Dengan makan berbagai makanan kaya serat, ini akan menjaga tubuh tetap sehat dan membantu Mama menjadi lebih kuat.

Dikutip dari Happyfamilyorganics, sembelit adalah ketidaknyamanan postpartum yang umum. Setidaknya mengonsumsi 25 gram serat setiap hari yang berkontribusi pada masalah perut.

Mama pun dapat memakan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang menjadi sumber serat yang bekerja untuk mencegah atau meredakan sembelit. Termasuk menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko diabetes.

4. Vitamin C membuat proses penyembuhan lebih cepat

4. Vitamin C membuat proses penyembuhan lebih cepat
Freepik/azerbaijan_stockers

Jenis nutrisi yang perlu Mama dapatkan setelah persalinan caesar selanjutnya adalah vitamin C. Bahwa asupan vitamin C bisa membuat proses pemulihan lebih cepat, memperbaiki jaringan dan membantu produksi kolagen dalam tubuh.

Bahkan mengonsumsi makanan dengam sumber vitamin C seperti buah jeruk dan kiwi juga membangun jaringan parut baru, ligamen dan kulit Mama. Termasuk mempercepat penyembuhan dinding perut dan rahim.

Diwartakan dari m.timesofindia, makanan kaya vitamin C sangat penting setelah caesar. Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memerangi infeksi.

5. Zat besi mengurani anemia defisiensi pasca persalinan

5. Zat besi mengurani anemia defisiensi pasca persalinan
Freepik/Racool_studio

Asupan zat besi jangan dilewati setelah menjalani proses persalinan caesar, ya. Apalagi sebagian perempuan sering kehilangan sejumlah besar darah selama persalinan. 

Mengambil makanan kaya zat besi seperti daging sapi dan hati, ini membantu memproduksi kadar hemoglobin. Termasuk mengurangi kemungkinan Mama alami anemia defisiensi besi.

Selain itu, zat besi juga membantu fungsi sistem imunitas dan menggerakkan oksigen ke seluruh tubuh Mama melalui hemoglobin yang merupakan bagian besar dalam penyembuhan. 

Setelah mengetahui 5 nutrisi penting pasca persalinan caesar, sebaiknya menghilangkan makanan apa pun yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk