5 Sayuran Kaya Asam Folat untuk Mama setelah Melahirkan

Yuk, dapatkan nutrisi terpenting dari asparagus!

19 November 2021

5 Sayuran Kaya Asam Folat Mama setelah Melahirkan
Unsplash/Gareth Hubbard

Bagi Mama yang baru saja melahirkan sangat membutuhkan nutrisi terbaik untuk mendukung penyembuhan dan pemulihan. Agar tidak berdampak langsung pada kesehatan dan pertumbuhan si Kecil, mulailah menyediakan menu makanan sehat dengan sumber asam folat selama periode postpartum.

Jika berbicara secara khusus, berikut Popmama.com berikan daftar 5 sayuran kaya asam folat untuk pasca persalinan. Yuk, langsung cek ulasannya!

1. Asparagus memberikan sifat antiinflamasi dan antibakteri

1. Asparagus memberikan sifat antiinflamasi antibakteri
Pixabay/jackmac34

Setelah melalui proses melahirkan, Mama bisa memakan asupan asam folat dari asparagus. Sayuran yang memiliki nutrisi penting ini juga memberikan sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral. Termasuk folat di dalamnya. Setengah cangkir (90 gram) porsi asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat, dilansir dari Healthline.

Apalagi asparagus adalah sumber antioksidan dan serat sehat untuk kesehatan jantung. Selebihnya, asparagus akan memberikan vitamin K saat Mama memberikan ASI kepada bayi baru lahir.

Editors' Picks

2. Bayam adalah pembangkit tenaga pasca persalinan

2. Bayam adalah pembangkit tenaga pasca persalinan
Unsplash/Amanda Frank

Memakan bayam pasca persalinan yang mengandung asam folat, ini sangat penting untuk fungsi sel normal dan pertumbuhan jaringan.

Dikutip dari Webmd, banyak jenis sayuran berdaun hijau gelap memiliki konsentrasi folat yang tinggi. Bayam adalah pembangkit tenaga yang menyediakan banyak nutrisi. Bahkan bayam mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah folat dan menjadikannya sayuran yang ideal setelah proses melahirkan. Termasuk menawarkan berbagai macam antioksidan yang berpotensi membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Brokoli mencegah terjadinya penggumpalan darah

3. Brokoli mencegah terjadi penggumpalan darah
Pixabay/hamomdomingues

Faktanya, brokoli memang terkenal karena banyak khasiatnya yang meningkatkan kesehatan. Termasuk menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting seperti asam folat.

Diwartakan dari Unitypoint, brokoli merupakan sumber folat yang bagus. Satu cangkir brokoli menyediakan sekitar 104 mcg folat. Bahkan sumber vitamin C, kalsium, zat besi dan serat.  Sedangkan manfaat lain dari kandungan asam folat di dalam brokoli juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah di dalam tubuh. Ini agar tidak meningkatkan risiko gangguan jantung, serangan jantung dan stroke.

4. Kale memiliki efek positif pada produksi ASI

4. Kale memiliki efek positif produksi ASI
Unsplash/Nutriciously

Asam folat juga cukup berlimpah ditemukan di dalam kale. Ditambah lagi, sayuran berdaun gelap ini menawarkan banyak vitamin dan antioksidan.

Dirilis dari Medicalnewstoday, kale mengandung folat dalam jumlah tinggi. Bahwa nutrisi penting tersebut untuk pencegahan penyakit.

Bahwa kale merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang Mama. Sedangkan nutrisi lainnya memiliki efek positif pada produksi ASI.

5. Kubis brussel terkait dengan banyak manfaat kesehatan

5. Kubis brussel terkait banyak manfaat kesehatan
Pixabay/ulleo

Sayuran kaya asam folat selanjutnya ada pada kubis brussel. Artinya, sayuran ini bisa menjadi alternatif yang lebih sehat dan bergizi untuk pasca persalinan.

Apalagi secara khusus, vitamin dan mineral penting lainnya dari kubis brusse akan mendukung pembelahan sel yang sehat. Bahkan juga merupakan sumber kaempferol, yakni antioksidan yang terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

Jadi makan banyak kubis brussel pasca persalinan, maka dapat membantu melindungi terhadap kanker dan mencegah tekanan darah tinggi maupun kolesterol.

Itulah 5 jenis sayuran kaya asam folat untuk pasca persalinan. Jika Mama tidak dapat memakan banyak makanan di atas, cobalah memilih multivitamin atau suplemen yang mengandung 400 mcg asam folat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.