Bisa jadi ASI Booster, Ini Manfaat Daun Singkong untuk Ibu Menyusui

Yuk Ma, simak informasi mengenai daun singkong yang bermanfaat untuk ibu menyusui

5 April 2021

Bisa jadi ASI Booster, Ini Manfaat Daun Singkong Ibu Menyusui
Pixabay

Selama menyusui, memerhatikan makanan yang dikonsumsi sangat penting untuk kebutuhan gizi mama dan si Kecil. Memilih untuk mengonsumsi makanan penuh nutrisi seperti sayur dan buah adalah cara agar produksi ASI berkualitas.

Salah satu sayuran yang bisa Mama konsumsi karena memiliki banyak manfaat adalah daun dari tumbuhan singkong. Daun singkong memang salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi selama menyusui.

Berikut Popmama.comtelah merangkum manfaat daun singkong untuk ibu menyusui.

1. Pelancar ASI

1. Pelancar ASI
Pexels/dominika-roseclay

Saat menyusui, manfaat yang akan Mama peroleh dari mengonsumsi daun singkong adalah meningkatnya produksi air susu ibu (ASI).

Hal ini karena daun singkong mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Jadi jika Mama merasa produksi ASI tidak lancar, Mama dianjurkan untuk mengonsumsi daun singkong.

Editors' Picks

2.Meningkatkan sistem imun

2.Meningkatkan sistem imun
Pexels/polina-tankilevitch

Daun singkong merupakan salah satu tumbuhan sumber vitamin C dan folat. Selama menyusui, Mama harus terus menjaga kesehatan sistem imun tubuh agar ASI yang diproduksi berkualitas.

Vitamin C dan folat dibutuhkan untuk Mama dan si Kecil yang sumber gizinya berasal dari ASI. Vitamin C pada daun singkong berperan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Bahkan, saat kehamilan Mama disarankan untuk mengonsumsi daun singkong karena dapat bermanfaat untuk kesehatan sel dan mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil. 

3. Mencegah anemia

3. Mencegah anemia
Instagram.com/plantphilestudio

Daun singkong juga merupakan sumber zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia.

Setelah melahirkan, Mama rentan terkena anemia. Sehingga mengonsumsi daun singkong dapat berkhasiat untuk mencegah penyakit ini.

4. Kaya akan nutrisi

4. Kaya akan nutrisi
Pexels/mikhail-nilov

Daun singkong sangat kaya akan nutrisi, bahkan melebihi tanaman lain seperti bayam yang biasa dianjurkan untuk dikonsumsi.

Pada daun singkong juga terdapat kandungan protein yang tinggi, serta kaya akan serat. Selain itu, daun singkong mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan 109 mineral lainnya, seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium.

Nutrisi-nutrisi di atas sangat dibutuhkan untuk Mama selama periode menyusui.

Cara Mengelola Daun Singkong

Cara Mengelola Daun Singkong
Instagram.com/ketutarsin

Dalam mengonsumsi daun singkong, Mama harus tahu cara mengelola daun singkong agar terhindar dari racun yang ada di dalamnya. Sebagai tanaman yang dapat menyerap polusi, kerap kali daun singkong mengandung polutan yang berbahaya, selain itu terdapat juga racun sianida pada tumbuhan singkong.

Berikut cara mengelola daun singkong yang tepat:

  1. Tumbuk daun singkong selama 10 menit
  2. Cuci bersih daun singkong dengan air yang mengalir
  3. Rebus daun singkong selama10 menit
  4. Untuk meminimalkan hilangnya nutrisi pada daun singkong yang direbus, Mama bisa menambahkan garam agar proses perebusan lebih cepat.
  5. Angkat daun singkong dan sajikan, daun singkong yang sudah direbus sudah tidak beracun lagi. Ingat, bahwa air rebusan daun singkong tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi karena mengandung racun sianida ya, Ma.

Itulah informasi mengenai manfaat daun singkong untuk ibu menyusui. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama menjaga kesehatan selama menyusui ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.