Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Ibu Menyusui, Jangan Dilewatkan ya Ma

Vitamin B kompleks adalah salah satu nutrisi penting untuk ibu menyusui dan si Kecil

8 Maret 2021

Manfaat Vitamin B Kompleks Ibu Menyusui, Jangan Dilewatkan ya Ma
Pexels/polina-tankilevitch

Menjaga kesehatan selama menyusui sangat penting baik bagi Mama maupun bagi si Kecil yang salah satu sumber nutrisinya berasal dari ASI.

Dengan menjaga kesehatan diri, ibu menyusui juga sedang menjaga tumbuh kembang si Kecil dengan baik.

Vitamin B kompleks adalah salah satu nutrisi penting untuk menjaga kesehatan mama dan si Kecil selama masa menyusui.  Vitamin B kompleks sendiri merupakan sebutan untuk delapan jenis Vitamin B. Kedelapan jenis Vitamin B ini memiliki manfaat berbeda-beda.

Berikut Popmama.com berikan informasi terkait manfaat Vitamin B kompleks untuk ibu menyusui.

1. Untuk perkembangan otak bayi dan energi mama

1. perkembangan otak bayi energi mama
Pexels/victoria-borodinova

Vitamin B1 dan B2 yang membantu Mama memperoleh energi. Selain itu vitamin B1 dan B2 juga memainkan peran dalam perkembangan otak bayi.

Usahakan untuk mengonsumsi 1-1,5 mg vitamin B1 setiap harinya. Makanan yang mengandung vitamin B1 contohnya adalah kacang-kacangan dan ikan salmon. Sedangkan untuk vitamin B2 bisa didapatkan dari sayur-sayuran hijau tua, kacang almond, wortel, dan tempe.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit

2. Menjaga kesehatan mata kesehatan kulit
Pexels/yan-krukov

Vitamin B3 memiliki manfaat terhadap kesehatan mata dan kesehatan kulit baik bagi Mama maupun si kecil. Memiliki mata dan kulit yang sehat tentu saja dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang si Kecil.

Vitamin B3 bisa Mama dapatkan dari buah-buahan seperti pisang, alpukat, dan jeruk. Mama perlu memenuhi asupan vitamin B3 sebanyak 10-15 mg per hari.

3. Menjaga kesehatan otak

3. Menjaga kesehatan otak
Pexels/polina-tankilevitch

Sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin B6 berasal dari pepaya, bayam, atau kacang hazelnut.

Namun, jangan mengonsumsi vitamin B6 dalam jumlah yang berlebihan karena memiliki risiko merusak saraf bagi individu. Kebutuhan vitamin B6 harian untuk ibu menyusui adalah 1,9 mg.

4. Meningkatkan jumlah dan kualitas ASI

4. Meningkatkan jumlah kualitas ASI
Pexels/anna-shvets

Folat atau vitamin B9 memiliki manfaat untuk kesehatan ibu menyusui dan si Kecil, yaitu dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Bagi bayi yang masih berumur di bawah enam bulan, ASI adalah sumber makanan dan nutrisi terbaik, dengan meningkatkan jumlah dan kualitas ASI maka si Kecil tidak akan kekurangan makanan dan nutrisi untuk tumbuh kembangnya

Penting untuk Mama mengonsumsi vitamin B9 bahkan sejak masa kehamilan. Vitamin ini berasal dari bayam, hati sapi, kacang polong, maupun asparagus.

5. Menghasilkan sel darah merah

5. Menghasilkan sel darah merah
Pexels/roger-brown

B12 atau cobalamin bersama vitamin B9 bersama-sama bekerja untuk mengasilkan sel darah merah, dan meningkatkan kekebalan tubuh bagi bayi, juga mencegah anemia. Vitamin B12 bisa Mama dapatkan dari daging merah, yoghurt, susu sapi, maupun susu kedelai.

Itulah manfaat vitamin B kompleks untuk ibu menyusui. Meskipun bentuk vitamin B kompleks bisa berupa suplemen, Ma, namun cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari vitamin ini adalah melalui makanan yang kaya akan vitamin.

Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh selama menyusui ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.