5 Amalan yang Masih bisa Dilakukan selama Nifas, Mudah kok!

Bisa tetap dekat dengan Allah meski sedang tidak bisa salat

12 Oktober 2021

5 Amalan Masih bisa Dilakukan selama Nifas, Mudah kok
Freepik

Perempuan dibebaskan dari beberapa ibadah saat mengalami halangan. Tak hanya menstruasi, tapi juga saat masa nifas. 

Di waktu seperti ini, perempuan tak perlu salat dan tidak bisa membaca Alquran. Namun bukan berarti tidak bisa mendulang amalan lain yang bisa menambah pahala. 

Pada nyatanya, banyak amalan yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya yang tetap bisa dilakukan meski sedang berhalangan. 

Dirangkum Popmama.com, inilah beberapa amalan baik yang masih bisa dilakukan selama masa nifas. 

1. Pentingnya memulai segalanya dengan hati

1. Penting memulai segala hati
Freepik/Jcomp

M Fauzak Rachman dalam bukunya "Ibadah-ibadah Saat Haid" mengungkapkan bahwa ibadah hati lebih agung dan lebih berat dari ibadah yang dilakukan dengan anggota badan. 

Ini dikarenakan, ibadah hati merupakan penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Sesuai dengan hadis riwayat Nabi Muhammad SAW, di mana berbunyi: 

"Sesungguhnya seluruh amal harus disertai dengan niat" HR Al Bukhari dan Muslim dari Umar bin Khattab

Oleh karena itu, apapun jenis amalannya, usahakan harus disertai dengan niat yang tulus. Tak masalah meski sedang berhalagan, tetap dihitung sebagai kebaikan. 

Editors' Picks

2. Merutinkan zikir pagi dan petang

2. Merutinkan zikir pagi petang
Freepik

Dalam riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda: 

Setan mengikat di tengkuk kepala kalian saat ia tidur dengan tiga ikatan yang pada masing-masingnya tertulis, malammu masih panjang, tidurlah yang nyenyak!

Apabila ia bangun lalu berdzikir pada Allah, maka satu ikatan lepas. Apabila ia berwudhu, satu ikatan lagi akan lepas. Dan apabila ia salat, satu ikatan lepas lagi. Hadist Riwayat Bukhari no 1142 dan Muslim no 1855. 

Jika selama ini Mama terbiasa salat subuh, maka jangan hentikan kebiasaan bangun pagi. Mama bisa berwudhu dan kemudian melantunkan zikir pagi. Selain untuk menambah amalan, rutin melakukan zikir pagi dan petang bisa membantu jiwa lebih tenang dan stabil menjalani hari. 

Jangan lupa juga untuk melakukan zikir petang, ya!

3. Berdoa di waktu salat malam

3. Berdoa waktu salat malam
Freepik/Odua
joker with card

Dikutip dari Channel Al Bahjah TV, Buna Yahya pernah berkata bahwa kamu boleh berdoa di sepertiga malam. Yang artinya, meski sedang berhalangan dan tidak bisa salat, Mama tetap memiliki kesempatan ibadah yang sama besarnya. 

Karena menurutnya, bangun malam bukan hanya untuk salat tahajud, tapi juga berdoa. 

Apalagi jika baru saja melahirkan, sudah pasti si Kecil sering bangun di malam hari. Jadi, sekaligus saja!

4. Perbanyak bersedekah

4. Perbanyak bersedekah
Freepik/Atlascompany

Saat ini, sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk bersedekah. Tak melulu harus datang ke tempatnya, tapi bisa dengan sedekah dari ponsel melalui transfer. 

Terlalu repot transfer dari bank? Banyak opsi dari dompet digital juga, kok. 

Bahkan, memberikan tips lebih pada kurir pesanan makanan online pun termasuk sedekah, Ma. Tak masalah berapa jumlahnya, namun keridoan saat memberinya itu yang paling penting. 

5. Mendengar kajian dan membaca buku

5. Mendengar kajian membaca buku
Pexels/cottonbro

Di masa ini, segalanya bisa dilakukan dengan cara digital. Jika tak bisa datang ke kajian secara khusus, kamu bisa mendengarkannya di Youtube atau IG Live. 

Selain itu, membaca buku agama untuk menambah pengetahuan juga tak kalah penting. Karena menuntut ilmu agama pun akan diganjar pahala. Mama bisa membaca buku sembari menyusui si Kecil atau saat-saat tenang lainnya. 

Itu dia beberapa amalan yang bisa dilakukan saat sedang nifas. Di luar mengurus anak dan keluarga juga sudah menjadi pahala yang sangat besar. Tak ada salahnya untuk terus menambah pahala, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.