5 Bentuk Perhatian untuk Mama Baru yang Melahirkan saat Pandemi

Selain berkunjung, ada banyak cara perhatian lain yang bisa dilakukan

12 Juni 2020

5 Bentuk Perhatian untuk Mama Baru Melahirkan saat Pandemi
Monetnicole.com

Saat masa pandemi Covid-19, ada banyak kebiasaan yang harus berubah demi keamanan bersama. Salah satunya kebiasaan menengok teman atau kerabat yang baru melahirkan. 

Demi keamanan dan kesehatan bersama, kegiatan berkunjung dan tatap langsung sebaiknya dihindari selama pandemi. Oleh karena itu, menengok teman atau keluarga yang melahirkan harus ditunda sementara. 

Namun bukan berarti perhatian kepada mereka yang baru melahirkan tidak bisa disampaikan. Selain berkunjung, masih banyak cara lain yang tak kalah menyentuh bagi mereka yang baru melahirkan.

Berikut Popmama.com sampaikan lima bentuk perhatian yang bisa diberikan untuk Mama baru yang melahirkan saat pandemi.

1. Mengirimkan makanan kesukaannya

1. Mengirimkan makanan kesukaannya
Pixabay/milivanily

Setelah mengetahui berita gembira kelahiran anak mereka, Mama bisa memberikan perhatian dengan bentuk mengirimkan makanan kesukaannya. 

Terlebih jika ternyata makanan kesukaannya tak bisa dikonsumsi selama hamil, seperti steak atau sushi. Mendapat paket makanan favorit pasti membuat sang Mama senang. 

Saat ini, sudah banyak jenis makanan yang bisa dikirim ke rumah-rumah. Seperti contoh, steak siap saji yang bisa dimasak sendiri di rumah atau, sushi dengan paket party pack yang cukup untuk sekeluarga. 

Sebelum mengirim, jangan lupa menanyakan makanan apa yang sedang diinginkannya. Kebahagiaannya pasti berlipat ganda!

Editors' Picks

2. Mengirimkan hadiah dan kartu ucapan

2. Mengirimkan hadiah kartu ucapan
Pixabay/rawpixel

Daripada datang dan mengucapkan langsung, Mama bisa menggantinya dengan mengirim paket hadiah ke rumahnya. Untuk kesan yang lebih personal, Mama bisa menambahkan kartu ucapan yang hangat dan mendalam. 

Agar bentuk perhatian tersampaikan, selain memberi kado untuk si Kecil, jangan lupa berikan hadiah juga untuk teman mama. Sehingga, ia tetap merasa disayang dan diperhatikan meski telah meski telah menjadi seorang mama.

Bentuk perhatian sekecil apapun pada mama yang baru melahirkan bisa membantu mereka merasa dihargai dan menghindari terjadinya baby blues

3. Menawarkan hadiah dari salah satu wishlistnya

3. Menawarkan hadiah dari salah satu wishlistnya
Pexels/Pixabay

Daripada pusing memikirkan hadiah apa yang tepat untuk teman yang baru melahirkan, kenapa tidak bertanya saja.

Saat ini, banyak orang yang sudah tidak masalah jika ditanyakan ingin hadiah apa. Mereka bisa dengan santainya menyebutkan benda yang ada di daftar keinginannya. 

Jika ada salah satu yang cocok, Mama bisa langsung memberikannya sebagai hadiah atas kelahiran buah hatinya. 

Dengan begitu, hadiahnya jadi benar-benar berguna karena memang yang sedang diinginkan dan diperlukannya.

4. Membuat video ucapan yang menarik

4. Membuat video ucapan menarik
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika hubungan mama cukup dekat, Mama bisa membuat sesuatu yang lebih personal yaitu video ucapan yang menarik. Tak hanya bermodalkan kamera depan dengan posisi selfie, namun bisa ditambahkan foto-foto pendukung. 

Beberapa momen yang bisa disertakan misalnya perjalanan pertemanan mama, perjalanan kehamilannya, hingga foto sang Bayi yang baru lahir. Tambahkan kata-kata yang paling mewakili perasaan bahagia mama agar tersampaikan dengan jelas padanya. 

Dengan usaha seperti ini, ia akan merasa beruntung memiliki teman yang menyayanginya, meski belum bisa bertatap muka secara langsung saat ini.

5. Memberikan voucher sewa perlengkapan bayi

5. Memberikan voucher sewa perlengkapan bayi
freepik.com/yaoinlove

Ada benda yang sebaiknya dibeli, ada yang sebaiknya disewa saja. Terutama jika benda-benda tersebut hanya digunakan sebentar saja. 

Mama bisa juga memberikan voucher untuk penyewaan perlengkapan bayi. Di mana saat ini sudah banyak situs dan aplikasi penyewaan perlengkapan anak yang terpercaya dan berkualitas. 

Mama hanya butuh sedikit usaha untuk meminta dibuatkan voucher jika ternyata belum tersedia di jasa penyewaan tersebut. 

Hadiah seperti ini biasanya akan terpakai sesuai dengan kebutuhannya. 

Nah, itulah beberapa jenis perhatian yang bisa Mama berikan pada teman atau keluarga yang baru melahirkan di masa pandemi ini. Mana yang jadi pilihan Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.