5 Manfaat Ikan Kembung untuk Ibu Menyusui, Tinggi Omega 3!

Kandungan omega 3 ikan kembung lebih tinggi dari salmon, Ma

20 Mei 2022

5 Manfaat Ikan Kembung Ibu Menyusui, Tinggi Omega 3
Pexels/Eva Elijas

Bicara tentang ikan, biasanya yang teringat langsung ikan salmon yang tinggi omega 3. Padahal, ikan kembung juga punya banyak manfaat untuk ibu menyusui, lho. 

Saat menyusui, tubuh perlu asupan nutrisi yang baik dan lengkap. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk nutrisi sang buah hati. 

Mama yang sedang menyusui tentu perlu mengonsumsi makanan sehat, salah satu yang bisa jadi pilihan adalah ikan kembung. 

Dirangkum Popmama.com inilah manfaat ikan kembung untuk ibu menyusui. 

1. Tinggi omega 3, lebih tinggi dari salmon

1. Tinggi omega 3, lebih tinggi dari salmon
Pinterest/afoodrevolution

Bagi Mama, omega 3 bisa membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol berbahaya, dan meredakan peradangan, demikian dilansir dari WebMD. 

Sedangkan untuk bayi, omega 3 berguna untuk perkembangan otak. Bahkan menurut para ilmuwan, semakin banyak omega 3 yang dimiliki bayi di dalam otak, semakin baik neuron dapat berkomunikasi. 

Di dalam ikan kembung, kandungan omega 3 yang dimilikinya sekitar 2,4 gr. Sedangkan ikan salmon hanya 1,6 gr saja. Sudah lebih tinggi, lebih murah juga, Ma!

Wah, manfaat ikan kembung untuk ibu menyusui yang satu ini sangat baik ya, Ma.

Editors' Picks

2. Mengurangi risiko alergi dan masalah anak di masa depan

2. Mengurangi risiko alergi masalah anak masa depan
Pexels/Polina Tankilevitch

Masih tentang omega 3, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa Mama yang mengonsumsi omega 3 saat menyusui akan menghasilkan anak yang lebih minim alergi.

Dari penelitian yang sama mengungkapkan juga, bayi yang menerima omega 3 dari ASI cenderung tidak mengalami gangguan perilaku di kemudian hari. 

Omega 3 yang cukup juga bisa melindungi bayi dari fungsi otak buruk dan masalah seperti ADHD, demikian dilansir dari Babymed

3. Memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Mama dan si Kecil

3. Memenuhi kebutuhan kalsium tubuh Mama si Kecil
Freepik/valuavitaly

Dalam 100 gr ikan kembung, terkandung kalsium sebanyak 136 mg. Sedangkan kebutuhan kalsium ibu menyusui cukup besar yaitu sekitar 1.300 mg/kalsium per hari, demikian dilansir dari UCSF Health

Untuk itu, mengonsumsi ikan kembung bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium tersebut. Kenapa? Karena saat menyusui, perempuan kehilangan sekitar 3-5 persen massa tulangnya. 

Selain itu, kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan bayi, serta meningkatkan kesehatan mulut. 

4. Tinggi kalium yang baik untuk bayi

4. Tinggi kalium baik bayi
Pexels/Анна Иванова

Ikan kembung kaya juga akan kalium dan natrium, keduanya penting untuk kesehatan otot Mama. Tak hanya untuk Mama, namun kalium juga berguna untuk perkembangan tubuh si Kecil. 

Kalium berguna untuk mengurangi risiko kehilangan tulang seiring mereka bertambah usia nantinya. Juga, mampu mempertahankan tekanan darah dalam batas sehat dan mengurangi risiko batu ginjal. 

Memang manfaatnya tidak bisa dilihat langsung sekarang, namun bisa berguna baginya di kemudian hari. 

5. Membantu mencegah kanker

5. Membantu mencegah kanker
Freepik

Kaya akan koenzim Q10, antioksidan, dan lemak omega 3, ikan kembung dipercaya bisa membantu mencegah kanker. Koenzim Q10 membantu menyingkirkan agen kanker yang melekat pada sel. 

Sedangkan antioksidan bisa membantu menurunkan risiko kanker dengan menghilangkan radikal bebas dari dalam tubuh. Ikan kembung juga kaya akan vitamin B12 dan selenium yang bermanfaat dalam mengobati kanker. 

Itu dia beberapa manfaat ikan kembung yang bisa diambil untuk Mama yang sedang menyusui dan si Kecil. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk