Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Melahirkan Caesar Metode ERACS Gratis Pakai BPJS, Ini Penjelasannya!

Tapi tidak semua RS bisa melayani ERACS dengan BPJS, ya, Ma

25 November 2022

Melahirkan Caesar Metode ERACS Gratis Pakai BPJS, Ini Penjelasannya
Pexels/issachermar

Jika mengikuti alur, BPJS bisa dimaksimalkan, lho. Seperti beberapa kisah Mama yang bisa melahirkan dengan cara ERACS dan semua ditanggung oleh BPJS secara gratis. 

Dalam beberapa kasus, kelahiran caesar memang ditanggung BPJS. Namun belum banyak yang tahu bagaimana caranya menggunakan fasilitas BPJS untuk metode kelahiran caesar ERACS. 

Faktanya, ada saja RS yang melayani operasi ERACS dan bisa ditanggung oleh BPJS. Seperti kisah dari seorang Mama yang melahirkan dengan cara ERACS dan semuanya ditanggung oleh BPJS. 

Seperti apa penjelasannya? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama.

1. Kisah seorang Mama yang melahirkan ditanggung BPJS

1. Kisah seorang Mama melahirkan ditanggung BPJS
instagram.com/ratihjavariani

Ratih Javariani adalah seorang Mama yang menjalani persalinan di RSUD Siti Fatimah Sumatera Selatan. Dalam proses persalinannya, ia akhirnya melahirkan dengan cara caesar dengan metode ERACS.

Dalam postingannya, ia mengungkapkan bahwa semua rangkaian proses persalinannya ditanggung oleh BPJS. 

"Semua di-cover mulai dari tes lab, obat-obatan, ga ada tambahan biaya sama sekali," tulisnya di postingan laman Instagram miliknya. 

Editors' Picks

2. Bayi langsung dibuatkan BPJS

2. Bayi langsung dibuatkan BPJS
Freepik/Jcomp

Lebih lanjut, Ratih bercerita bagaimana lancar dan mudahnya proses persalinannya. Ia pun merekomendasikan para calon Mama yang hendak melahirkan dengan BPJS untuk jangan berkecil hati. 

Ratih mengaku pelayanan dari RSUD Siti Fatimah sangat ramah, nyaman, dengan fasilitas yang memuaskan. Bahkan, sang buah hati pun langsung dibuatkan BPJS. 

"Bayi lahir langsung dibikinin BPJS," lanjutnya. 

3. Bagaimana faktanya?

3. Bagaimana faktanya
Pexels/Jonathan Borba

Menurut fakta, memang ada beberapa rumah sakit yang menyediakan fasilitas ERACS dan bisa ditanggung BPJS. Tapi, masih belum banyak RS yang memiliki fasilitas ini. 

Untuk saat ini, kebanyakan rumah sakit lebih banyak melayani persalinan dengan cara caesar konvensional. Itupun tidak bisa langsung datang ke RS dan minta melahirkan dengan cara caesar. 

Calon ibu yang akan melakukan persalinan harus melalui faskes 1. Jika ada masalah, barulah mendapat rujukan untuk ditangani di RS terdekat atau yang terkait dengan faskes 1 pilihan Mama. 

4. ERACS atau tidak, semua tergantung dokter dan rumah sakit

4. ERACS atau tidak, semua tergantung dokter rumah sakit
Freepik/wavebreakmedia_micro

BPJS tidak secara spesifik menanggung operasi caesar dengan metode ERACS. Yang pasti, BPJS menanggung biaya persalinan secara caesar, selama ada indikasi medis yang mengharuskan tindakan tersebut. 

Masalah akan menggunakan metode ERACS atau yang konvensional, itu kembali pada keputusan dari rumah sakit atau dokter masing-masing. Salah satu rumah sakit yang sudah menanggung metode tersebut adalah RUSD Siti Fatimah. 

5. Bagaimana dengan pengalaman yang lain?

5. Bagaimana pengalaman lain
Instagram.com/StoryOurBirth

Ratih bukan satu-satunya Mama yang memiliki pengalaman demikian. Ada juga Mama lain yang melahirkan dengan metode ERACS dan juga ditanggung BPJS. 

Tidak serta merta, ia mendapat rujukan dari faskes 1 untuk pemeriksaan ke RS yang menggunakan BPJS. Rujukan ini didapat karena kondisi medis yang mengharuskan melakukan persalinan dengan metode yang sama seperti persalinannya yang pertama, yaitu ERACS. Dari sana, semua pemeriksaan dan persiapan operasi gratis. 

Nah, apakah Mama ada yang pernah mengalami hal yang sama? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk