Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Kendur Setelah Menyusui

Bisa diusahakan dengan cara alami, Ma

27 Maret 2020

Penyebab Cara Mengatasi Payudara Kendur Setelah Menyusui
indianexpress.com

Melahirkan dan menyusui adalah proses perjalanan yang luar biasa. Begitu banyak kebahagiaan, namun banyak juga perubahan yang terjadi. 

Salah satu perubahan signifikan yang terlihat adalah perubahan bentuk tubuh, termasuk bagian payudara. Biasanya ini terlihat jelas setelah waktu menyusui si Kecil telah selesai. 

Biasanya, payudara akan mengendur setelah proses pemberian ASI ke buah hati. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menyiasatinya? Berikut Popmama.com jabarkan untuk Mama. 

1. Penyebab payudara kendur setelah menyusui

1. Penyebab payudara kendur setelah menyusui
Freepik

Ada banyak faktor kenapa bentuk payudara Mama berubah setelah hamil dan menyusui. Faktor utamanya adalah karena payudara tidak lagi memproduksi ASI. sehingga ukurannya menciut. 

Selain itu, pertambahan berat badan selama kehamilan dan menyusui jadi faktor lainnya. Setelah berat badan bertambah, biasanya akan menurun seiring berjalannya waktu. Ketika itulah payudara jadi terlihat mengendur. 

Usia jadi faktor lainnya. Semakin tua usia Mama saat menyusui, risiko mengalami perubahan bentuk payudara akan jadi lebih besar dibanding yang lebih muda. 

Editors' Picks

2. Olahraga tidak berpengaruh banyak

2. Olahraga tidak berpengaruh banyak
Ultimatefitnesssite.com

Banyak perempuan berpikir bahwa olahraga dengan fokus area di payudara bisa membuat bentuknya jadi lebih kencang. Sebenarnya, olahraga tidak memiliki pengaruh banyak pada volume payudara. 

Ini dikarenakan, payudara berisi lemak bukannya otot. Sedangkan olahraga adalah akan berpengaruh pada bagian tubuh yang memiliki otot. 

3. Rajin menggunakan bra

3. Rajin menggunakan bra
Freepik

Bra bisa jadi penopang payudara agar bentuknya tetap terjaga. Namun pastikan untuk memilih bra yang tepat. 

Hindari bra terlalu ketat dan menggunakan kawat karena bisa terlalu menekan payudara dan berakhir memiliki risiko kanker payudara. 

Hindari juga menggunakan bra saat tidur agar payudara bisa beristirahat selama waktu tidur. 

4. Biasakan hidup sehat

4. Biasakan hidup sehat
Freepik/jcomp

Cara lain untuk menjaga kekencangan payudara adalah dengan membiasakan hidup yang sehat. Mama bisa rutin mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan minum air putih yang cukup. 

Olahraga secara rutin juga jadi jawabannya. Tak perlu olahraga yang terlalu berat atau ekstrem, cukup yang ringan asal rutin tentu lebih baik. 

5. Menjaga postur tubuh

5. Menjaga postur tubuh
Freepik

Nyatanya, postur tubuh yang baik bisa membantu payudara tetap kencang secara alami. Jika Mama terbiasa berdiri atau duduk dengan posisi punggung yang lurus dan bahu tegap, maka bisa membantu menopang payudara. 

Hasilnya, payudara jadi terlihat lebih kencang secara alami. Jika selama ini selalu terbiasa bungkuk, mulailah untuk duduk dan jalan dengan postur tubuh yang tegap. 

Itulah beberapa tips untuk mengembalikan bentuk payudara Mama setelah menyusui. Yang harus diingat, 6 bulan setelah masa menyusui selesai, jaringan lemak akan menggantikan jaringan kelenjar penghasil susu secara alami. 

Jika menerapkan hidup sehat dan berolahraga secara rutin, maka pengembalian jaringan lemak tersebut bisa lebih baik dan maksimal. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.