Selain Paula, Ini 6 Artis yang Menggunakan Pilis setelah Melahirkan

Banyak artis yang masih menghidupkan budaya ini setelah melahirkan

19 November 2021

Selain Paula, Ini 6 Artis Menggunakan Pilis setelah Melahirkan
instagram.com/paula_verhoeven

Indonesia dianugerahi dengan banyak budaya, salah satunya memakai pilis setelah melahirkan. Ternyata, masih banyak artis yang menggunakannya. 

Pilis adalah salah satu adat Jawa yang dilakukan oleh ibu yang baru melahirkan. Ramuan khusus ditumbuk sampai halus dan kemudian ditempelkan di dahi. 

Dipercaya, pilis bisa membantu mengurangi sakit kepala dan melancarkan peredaran darah. 

Dari mulai baru melahirkan, pilis digunakan sampai 40 hari. Baru-baru ini, warganet memuji Paula Verhoeven yang masih menggunakannya.

Namun ternyata, ada banyak artis lain yang juga menggunakan pilis. Dirangkum Popmama.com, inilah artis yang menggunakan pilis. 

1. Sarwendah yang pakai pilis dan kain jarik

1. Sarwendah pakai pilis kain jarik
instagram.com/rubenonsu

Sarwendah adalah salah satu artis yang kerap menghidupkan tradisi Indonesia. Seperti contoh, ia memakai pilis setelah melahirkan anak keduanya, Thania Putri Onsu. 

Banyak warganet yang memujinya. Menurut warganet, sungguh terpuji bagaimana ia tetap melakukan warisan tradisi meski dirinya seorang artis. 

Selain memakai pilis, ia juga terlihat mengenakan kain jarik untuk menggendong buah hatinya. Wah, bisa dicontoh, deh!

2. Vicky Shu juga mempertahankan tradisi ini

2. Vicky Shu juga mempertahankan tradisi ini
instagram.com/vickyshu

Tahun 2018, Vicky Shu melahirkan anak pertamanya. Waktu itu, ia sempat memamerkan dahinya yang diolesi pilis. Ia menjadi salah satu dari sederet artis yang mempertahankan budaya dan tradisi. 

Selain itu, ia juga rutin mengenakan bengkung karena dianggap bisa membuat tubuh lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah melahirkan. 

Editors' Picks

3. Ayu Dewi yang punya banyak ritual setelah melahirkan

3. Ayu Dewi pu banyak ritual setelah melahirkan
instagram.com/mrsayudewi

Artis Ayu Dewi memiliki sederet ritual dan tradisi yang dilakukannya pasca melahirkan. Ia sampai dipijit, menggunakan bedak dingin, dan menggunakan 100 rempah untuk melakukan sauna manual. 

Ia juga menggunakan stagen tradisional yang panjangnya sampai 10 meter. Tak lupa, ia memamerkan juga pilis yang ada di dahinya. 

Di bagian perut, ia mengoleskan parem kocok yang isinya jahe, kunyit, dan lainya. Manfaatnya, dipercaya bisa menghangatkan tubuh dan mengurangi pegal-pegal pasca melahirkan. 

4. Syahnaz juga yang ikut tradisi

4. Syahnaz juga ikut tradisi
instagram.com/syahnaz

Setelah melahirkan anak kembar, Syahnaz juga mengikuti beberapa tradisi yang sudah turun temurun, salah satunya menggunakan pilis.

Ia bahkan sempat mengabadikan dirinya saat menyusui dan menggunakan pilis di dahi. 

5. Ussy yang melakukannya berkali-kali

5. Ussy melakukan berkali-kali
instagram.com/ussypratama

Sama seperti Paula, Ussy juga kerap melakukan tradisi menggunakan pilis setelah melahirkan. Ia pertama kali terlihat memamerkan foto dirinya saat menggunakan pilis setelah melahirkan anak keempatnya. 

Namun pada kenyataannya, ia telah melakukan hal ini sejak anak ketiganya. 

6. Citra Kirana yang memakai pilis dan melakukan pijat

6. Citra Kirana memakai pilis melakukan pijat
youtube.com/Ciky Citra Rezky

Setelah melahirkan anak pertamanya, Citra Kirana juga terlihat menggunakan pilis. Selain memakai pilis, ia juga melakukan pijat pasca melahirkan. 

Kemudian, ia juga menggunakan gurita untuk bagian perutnya agar mudah kembali ke bentuk sebelum hamil. Yang terakhir, ia melakukan uap atau sauna agar tubuhnya merasa nyaman. 

Itu dia para seleb Mama yang masih menghidupkan tradisi hingga saat ini, tak peduli apakah ia seolah publik figur atau bukan. Apakah Mama menggunakannya juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.