5 Hal yang Paling Bikin Orangtua Menyesal Soal Nama Bayinya

Salah satunya karena nama si Kecil jadi pasaran

17 Juli 2019

5 Hal Paling Bikin Orangtua Menyesal Soal Nama Bayinya
momjunction.com

Perihal memberikan nama pada buah hati perlu direncanakan dengan matang. Karena nama akan terus melekat pada dirinya sampai akhir hayatnya. 

Oleh karena itu, banyak buku dan situs yang memberikan aneka pilihan nama bayi lengkap beserta artinya. Tak jarang juga orangtua yang rela membayar jasa untuk menemukan nama sempurna untuk anaknya. 

Ternyata, ada saja orangtua yang merasa menyesal dengan nama anak yang telah mereka pilih. Parahnya lagi, nama tersebut telah tertulis di akta sehingga tentu akan sulit lagi jika ingin diganti. 

Dilansir dari Moms.com, berikut penelitian mengenai orangtua yang menyesal memberi nama pada anak:

1. Tercatat 28 persen orangtua mengaku tidak lagi menyukai nama pilihan mereka

1. Tercatat 28 persen orangtua mengaku tidak lagi menyukai nama pilihan mereka
Freepik/Freepic.diller

Dari penelitian yang dilakukan oleh Channel Mum, ternyata terungkap ada 28 persen orangtua yang mengaku tidak lagi menyukai nama yang telah mereka pilihkan untuk buah hatinya.

Satu dari 7 orangtua mengatakan mereka sebenarnya menyesal telah memberikan nama pilihan pada anaknya. Sementara 1 dari 10 orangtua mengakui bahwa anak mereka tidak menyukai nama yang telah diberikan oleh orangtuanya. 

Agar tidak salah, sekarang Mama bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki laki.

2. Menyesal karena memilih nama yang populer

2. Menyesal karena memilih nama populer
Freepik/waqassha

Salah satu alasan mereka menyesal adalah karena memilih nama yang populer pada masanya. Biasanya, saat ada seorang selebritis yang melahirkan, maka nama anak tersebut akan banyak digunakan oleh para orangtua lain. 

Sementara alasan lainnya cukup menarik. Banyak orangtua tidak lagi menyukai nama pilihan untuk anaknya saat digunakan oleh selebriti untuk menamakan anak mereka. Pada intinya, orangtua ini tidak suka nama pilihannya disamakan dengan anak lain. 

Seorang ahli nama bayi dari situs SJ Strum mengatakan, saat banyak orangtua malah bangga nama pilihannya dijadikan pilihan selebritis, tidak dengan orangtua yang jenis ini. Mereka malah jadi tidak suka. 

Editors' Picks

3. Kecewa karena nama anaknya tidak lagi unik

3. Kecewa karena nama anak tidak lagi unik
hollywoodlife.com

Ada 2.000 orangtua yang ikut dalam survei. Satu Dari 3 orang merasa kesal karena nama yang dianggapnya unik ternyata banyak yang menggunakan. 

1 Dari 20 orangtua kesal karena nama yang tertera di akta seringnya tidak digunakan. Mereka malah memanggil buah hatinya dengan nama panggilan yang tidak mendekati nama di akta lahir. 

Sedangkan 14 persen orangtua yang ikut survei mengaku ingin mengganti nama anak mereka secara legal. Dengan kata lain, tak masalah jika ingin mengganti nama di akta si Kecil. 

Baca juga: 

4. Nama dipilih karena paksaan

4. Nama dipilih karena paksaan
Max Pixel/Creative Commons Zero

Tak bisa dipungkiri, banyak orangtua yang terpaksa memasukkan nama pilihan orang lain. Baik itu pilihan orangtuanya, nenek atau kakeknya, atau orang terdekat lainnya. 

Terlalu sungkan untuk menolak, akhirnya mereka menggunakan nama tersebut untuk si Kecil. Banyak juga orangtua yang mengakui bahwa mereka tidak menyukai nama pilihan orang lain untuk anaknya sendiri. 

5. Memberi nama yang sama dengan anggota keluarga lainnya

5. Memberi nama sama anggota keluarga lainnya
Maxpixel

Sebagai anggota keluarga, sudah tentu akan sering bertemu. Tentu akan kikuk jika ada nama anak yang sama dengan nama sang buah hati. Inilah salah satu alasan lainnya kenapa ada saja orangtua yang ingin mengganti nama anaknya. 

Selain itu, ada juga sebagian orangtua yang tidak lagi menyukai nama yang diberikan pada si Kecil. Sehingga mereka bisa dengan mudahnya memilih untuk mengganti nama anak, jika ada kesempatan. 

Memilih nama memang sebuah hal yang tidak mudah. Maka dari itu, pastikan untuk menentukan nama yang paling pas di hati Mama dan Papa. Karena, si Kecil adalah anak Mama dan Papa.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;