5 Penyebab Telat Melahirkan Padahal Usia Kandungan Sudah 9 Bulan

Ketahui penyebabnya dan jangan panik ya, Ma!

19 Mei 2022

5 Penyebab Telat Melahirkan Padahal Usia Kandungan Sudah 9 Bulan
Pexels/Atharva Whaval

Secara normal, ibu hamil akan menjalani masa kehamilan selama 9 bulan. Dokter kandungan biasanya akan memprediksikan hari perkiraan lahir (HPL) yakni di usia 37–42 minggu kehamilan.

HPL bukan acuan untuk mengetahui kelahiran bayi, sehingga Mama bisa saja melahirkan sebelum atau setelah HPL. Bahkan ada juga yang mengalami postterm, yakni kehamilan yang berlanjut hingga dua minggu setelah penentuan HPL.

Berdasarkan penelitian, hanya 1 dari 20 ibu hamil melahirkan sesuai dengan HPL. Sedangkan sebanyak 10 persen ibu hamil melahirkan secara postterm.

Namun, bagaimana jika tidak ada tanda-tanda melahirkan padahal usia kandungan sudah mencapai 9 bulan? Jangan panik dulu, Ma!

Popmama.com akan memberikan informasi terkait penyebab telat melahirkan padahal usia kandungan sudah 9 bulan. Simak dan pahami ya!

1. Kehamilan pertama memicu telat melahirkan

1. Kehamilan pertama memicu telat melahirkan
Pexels/Dominika Roseclay

Penyebab pertama telat melahirkan padahal usia kandungan sudah 9 bulan adalah kehamilan pertama. Kehamilan pertama dapat memicu telat melahirkan.

Menurut hasil survei yang dilakukan di Amerika Serikat, kehamilan pertama cenderung lebih lambat dari HPL. Dari hasil penelitian tersebut, terdapat sekitar 80–83 persen ibu yang baru pertama kali hamil, melahirkan pada minggu 39–41. Hal ini diduga karena pengaruh stres dan hormon yang menyebabkan ibu terlambat melahirkan dari waktu yang diperkirakan.

Editors' Picks

2. Penentuan tanggal yang tidak akurat

2. Penentuan tanggal tidak akurat
Pexels/Olya Kobruseva

Penentuan tanggal yang tidak akurat menjadi penyebab paling umum seorang ibu hamil telat melahirkan. Pada umumnya, penentuan tanggal dihitung berdasarkan periode menstruasi terakhir.

Hal ini sering dialami oleh ibu hamil, yakni tidak mengetahui pasti kapan masa haid yang pertama dan terakhir. Ada beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan yang bisa dicoba, diantaranya:

Mencatat Siklus Kehamilan

Saat Mama terlambat datang bulan dan merasakan tanda-tanda kehamilan misalnya merasa mual, segera cek kehamilan dengan menggunakan test pack atau tes urine di laboratorium. Hal tersebut bisa membantu mengetahui kehamilan tepat waktu.

Gunakan Kalkulator Kehamilan

Sebenarnya Mama bisa menghitung sendiri HPL dengan menghitung dari hari terakhir menstruasi. Mama bisa menggunakan bantuan aplikasi kalkulator kehamilan agar lebih mudah.

Namun sayangnya cara ini kurang akurat dan tidak bisa jadi acuan pada wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Pemeriksaan USG

Untuk memperoleh hasil yang akurat, Mama bisa melakukan pemeriksaan Ultrasonografi atau USG. Pemeriksaan dengan USG yang dilakukan secara teratur pada trimester awal bisa membantu mengetahui waktu terjadinya pembuahan dalam rahim dengan tepat.

3. Jenis kelamin bayi laki-laki

3. Jenis kelamin bayi laki-laki
Pexels/Melike Benli

Ma, ternyata jenis kelamin bayi bisa menjadi penyebab telat melahirkan lho! Namun hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian.

Bagi Mama yang sudah mengetahui jenis kelamin bayi, bayi berjenis kelamin laki-laki biasanya lebih rawan telat lahir.

4. Ibu hamil mengalami obesitas

4. Ibu hamil mengalami obesitas
Pexels/SHVETS production

Sebagian besar ibu hamil mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan, bahkan beberapa diantaranya mengalami obesitas. Hal tersebut dikarenakan nafsu makan yang meningkat dan tuntutan untuk memenuhi nutrisi bagi bayi yang dikandung.

Namun ternyata obesitas bisa menyebabkan bayi telat lahir. Maka dari itu, jaga porsi makan yang dikonsumsi dan perbanyak makan makanan yang bernutrisi seperti sayuran dan buah-buahan ya!

5. Pernah mengalami telat melahirkan sebelumnya

5. Pernah mengalami telat melahirkan sebelumnya
Pexels/Büşranur Aydın

Yang terakhir, penyebab telat melahirkan karena pernah mengalami telat melahirkan sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena terdapat gangguan pada ibu hamil, seperti hormon.

Nah itu tadi beberapa penyebab telat melahirkan padahal usia kandungan sudah 9 bulan. Jika Mama mengalaminya, segera konsultasi dengan dokter kandungan ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk