7 Rekomendasi Buah untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar Setiap Hari

Demi kelancaran produksi ASI, Mama perlu makan buah ini ya!

14 Juli 2020

7 Rekomendasi Buah Ibu Menyusui agar ASI Lancar Setiap Hari
Pixabay/Couleur

Mama yang sedang menjalankan program ASI eksklusif tentu menginginkan semua proses menyusui berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Namun, tak jarang ada yang merasa kecewa hingga merasa depresi karena ASI tidak keluar atau terhambat. 

Meskipun ada banyak masalah yang dapat terjadi karena ASI tidak lancar, Mama sebaiknya tetap bersemangat dan terus menstimulasi agar produksi air susu kembali lancar dari sebelumnya. 

Selain menghindari gaya hidup tidak sehat dan berusaha menjaga kualitas istirahat, ibu menyusui juga perlu menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan. 

Buah yang mengandung nutrisi dapat menstimulasi agar ASI kembali lancar saat proses menyusui. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa buah yang dapat dikonsumsi demi memperlancar ASI selama proses menyusui, kali ini Popmama.com telah merangkum rekomendasinya. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan ASI menjadi lancar ya, Ma!

1. Jeruk memberikan sumber vitamin C yang baik 

1. Jeruk memberikan sumber vitamin C baik 
Pixabay/pixel2013

Jeruk termasuk buah yang mudah sekali ditemui saat ingin dikonsumsi oleh ibu menyusui agar ASI dapat lancar. Perlu diketahui bahwa buah jeruk memiliki sumber vitamin yang sangat baik, sehingga sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Menurut Kid's Health, vitamin C memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan gigi, tulang hingga otot anak melalui ASI sang Mama. Selain itu, asupan buah jeruk dapat meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan selama proses menyusui. 

Demi memperlancar ASI, Mama perlu mengonsumsi sekitar 120 miligram vitamin C atau sekitar dua jeruk kecil setiap harinya. Demi kesehatan si Kecil, Mama harus bisa rutin mengonsumsi banyak buah-buahan selama menyusui. 

2. Pepaya memiliki kandungan kalium tinggi

2. Pepaya memiliki kandungan kalium tinggi
Pixabay/sandid

Dilansir dari Romper, buah pepaya mengandung sumber galactogogue yang dapat mendorong produksi susu semakin meningkat. 

Perlu diketahui juga bahwa buah pepaya memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu sebesar 50 persen dibandingkan jeruk. Kalium yang tinggi ini sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui karena dapat membantu melancarkan ASI dengan meningkatkan produksi hormon oksitosin.

Jika buah pepaya dapat dikonsumsi secara rutin selama proses menyusui, maka nutrisi di dalamnya akan masuk ke dalam ASI dan akan memberikan manfaat untuk si Kecil. Selain mengandung antioksidan, buah pepaya juga dapat membantu memperlancar BAB sekaligus sembelit.

Editors' Picks

3. Alpukat dapat meningkatkan energi selama proses menyusui

3. Alpukat dapat meningkatkan energi selama proses menyusui
Pixabay/coyot

Alpukat menjadi salah satu buah yang cukup favorit untuk banyak orang. Jika ingin mengonsumsinya selama proses menyusui, ini termasuk pilihan yang tepat karena mampu membangkitkan energi selama memberikan ASI untuk si Kecil. 

Saat menyusui, tak jarang para Mama memiliki keluhan umum seperti seringkali lapar karena kebutuhan kalori yang meningkat. Untuk mengatasi masalah ini, ibu menyusui dapat mengonsumsi alpukat karena hampir 80 persen buah ini mengandung lemak yang dapat membantu mempertahankan rasa kenyang selama menyusui si Kecil.

Selain itu, perlu diketahui bahwa alpukat memiliki berbagai nutrisi seperti kalium, folat, vitamin B, vitamin C, vitamin E hingga vitamin K. Bahkan di dalam buah alpukat terdapat sekitar 975 miligram potasium. 

Sumber asam amino di dalam buah alpukat pun mampu menyusun protein, sehingga membantu pertumbuhan sel dalam tubuh mama dan bayi selama proses memberikan ASI.  

4. Melon jingga memberikan vitamin C dan air

4. Melon jingga memberikan vitamin C air
Freepik/Topntp26

Saat musim kemarau, tak jarang banyak orang mengonsumsi buah melon sebagai salah satu cara untuk melepas dahaga. Namun, buah melon pun dapat berguna saat proses menyusui agar ASI semakin lancar. 

Melon jingga atau yang disebut sebagai cantaloupe mampu memberikan vitamin C untuk tubuh, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, sehingga dapat meminimalisir ibu menyusui mengalami dehidrasi. 

Selain itu, melon jingga dapat memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh termasuk selama proses pemulihan setelah melahirkan. Bahkan buah ini juga mampu memberikan energi yang dibutuhkan selama menyusui.

5. Pisang mampu mempertahankan kadar kalium yang tinggi selama proses menyusui

5. Pisang mampu mempertahankan kadar kalium tinggi selama proses menyusui
Pexels.com/Couleur

Ma, perlu diketahui bahwa pisang yang dikonsumsi selama masa kehamilan dapat mempertahankan kadar kalium yang tinggi selama proses menyusui.

Konsumsi buah pisang secara rutin dapat menggantikan kalori yang hilang saat menyusui. 

Menurut Baby Center, jumlah kalium yang disarankan selama proses memberikan ASI yaitu sebesar 5.100 miligram. Perlu disadari bahwa buah pisang mengandung sekitar 450 miligram kalium. 

Bila dikonsumsi dengan rutin, maka ini dapat membantu Mama dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. 

6. Blueberry mampu memperlancar produksi ASI

6. Blueberry mampu memperlancar produksi ASI
Pixabay/Couleur

Blueberry termasuk jenis turunan buah berry yang cukup terkenal dalam memperlancar produksi ASI. Perlu Mama ketahui bahwa blueberry juga memiliki sifat antioksidan tinggi, yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Menurut Journal of Health, Population and Nutrition asupan buah blueberry selama proses menyusui dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit. 

Dengan mengonsumsi buah blueberry, produksi ASI menjadi lebih melimpah dan lancar selama proses menyusui. 

7. Stroberi membangkitkan tenaga melalui kandungan air

7. Stroberi membangkitkan tenaga melalui kandungan air
Pixabay/congerdesign

Stroberi direkomendasikan untuk ibu menyusui karena dapat memenuhi 120 miligram vitamin C setiap harinya. Selain itu, Mama perlu tahu kalau buah stroberi memiliki kandungan air yang tinggi dan mampu membantu hidrasi selama proses memberikan ASI secara eksklusif. 

Terhidrasi sangat diperlukan agar tubuh mama dan si Kecil tetap sehat. Jika mendapatkan cukup cairan dari buah stroberi, maka tubuh pun dapat meminimalisir rasa lelah dan membangkitkan tenaga.

Itulah rangkuman mengenai beberapa rekomendasi jenis buah yang dapat dikonsumsi selama memberikan ASI eksklusif untuk si Kecil. 

Semoga dengan mengonsumsi jenis buah di atas selama proses menyusui dapat membantu ASI semakin lancar. 

Tetap semangat memberikan ASI eksklusif ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.