Lewat VBAC, Sabai Morscheck Melahirkan Anak Kedua dengan Lancar 

Sabai Morscheck berhasil secara melahirkan normal setelah anak pertamanya melalui proses caesar

30 Oktober 2020

Lewat VBAC, Sabai Morscheck Melahirkan Anak Kedua Lancar 
Instagram.com/ringgoagus

Kabar bahagia datang dari keluarga kecil Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter Morscheck. Sabai baru saja melahirkan anak keduanya berjenis kelamin laki-laki pada Jumat (30/10/2020) pagi. 

Melalui unggahan foto sang Istri di Instagram, Ringgo menjelaskan bahwa anak keduanya telah lahir dengan berat 3,8 kg dan panjang 51 cm. Sejak masuk ke rumah sakit, Ringgo terus mendampingi dan mengunggah perkembangan Sabai dari waktu ke waktu.  

Persalinan kedua dari Sabai ini dilakukan secara normal, usai menjalani operasi caesar ketika melahirkan Bjorka Dieter Morscheck pada tahun 2016 lalu. Walau perjuangannya begitu panjang sejak masuk rumah sakit pada hari Rabu (28/10/2020), namun Sabai berhasil bertemu dengan si Kecil dengan kondisi sehat dan selamat. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa perjuangan dari Sabai melahirkan secara VBAC, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Simak perjuangan dari Sabai ketika melahirkan anak keduanya yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Sabai semangat untuk menjalani metode VBAC saat persalinan

1. Sabai semangat menjalani metode VBAC saat persalinan
Instagram.com/nisaobgyn

Cerita kelahiran anak kedua dari Sabai telah menginspirasi dr. Nisa Fathoni, SpOG, IBCLC, sebagai dokter yang membantunya dari awal kehamilan hingga proses persalinan. 

Ketika memasuki kontrol kehamilan di usia 36 minggu, dr Nisa menceritakan semangat dari Sabai ketika ditawarkan untuk menjalani metode VBAC. Sabai pun menyanggupi untuk mencoba metode VBAC untuk persalinan anak keduanya. 

Perlu diketahui bahwa VBAC merupakan singkatan dari Vaginal Birth After Cesarean. Melalui VBAC, anggapan bahwa persalinan normal tidak bisa dilakukan setelah mengalami operasi caesar adalah salah besar. 

Dilansir dari BabyCenter, VBAC mempunyai peluang 60-80 persen untuk dilakukan. Salah satu keuntungan dari VBAC ini sebenarnya bisa menghindari luka yang lebih besar di perut, risiko perdarahan, dan kerusakan organ lain apabila melakukan operasi caesar kembali. 

2. Ringgo Agus begitu setia mendampingi Sabai di persalinan anak kedua

2. Ringgo Agus begitu setia mendampingi Sabai persalinan anak kedua
Instagram.com/nisaobgyn

Perjuangan Sabai di persalinan anak kedua memang tidaklah sebentar. Dari pembukaan pertama sampai akhirnya melahirkan si Kecil, bisa dibilang proses persalinannya memakan waktu lebih dari 24 jam. 

Melalui ceritanya di Instagram, Ringgo sangat bangga dengan perjuangan sang Istri di persalinan anak kedua yang berjalan lancar. 

"Istri yang baik ini sudah berhasil melahirkannya, nggak nyakar, nggak jambak. Aman, nggak rusuh kamu. Keren," tulis Ringgo dalam unggahannya. 

Sebagai suami yang setia menemani, Ringgo pun telah memberikan kesan positif kepada Sabai. Perlu diketahui bahwa ada beragam manfaat positif yang bisa dirasakan oleh seorang istri saat ditemani suaminya dalam menjalani proses persalinan, seperti: 

  • Kehadiran dan kesetiaan suami ketika menemani proses persalinan dapat mengurangi rasa sakit.  
  • Saling berbagi aura bahagia jika keduanya bisa sama-sama lebih tenang saat menghadapi proses persalinan. 
  • Memberikan dukungan yang menenangkan dan menyenangkan. Proses melahirkan yang tidak menyenangkan dapat membuat istri mengalami trauma. 
  • Suami yang ikut hadir dan memberikan dukungan selama proses persalinan terjadi secara tidak langsung dapat memberikan dukungan moril.  

3. Sabai dan Ringgo masih belum merundingkan nama untuk anak keduanya 

3. Sabai Ringgo masih belum merundingkan nama anak keduanya 
Instagram.com/ringgoagus

Melalui Instagram pribadinya, Ringgo sempat bercerita kalau ia dan sang Istri masih belum merundingkan nama untuk anak keduanya. Hal inilah yang membuat Ringgo dan Sabai belum mengumumkan nama putra keduanya. 

Selain itu, Ringgo merasa bangga karena anggota baru di keluarga kecilnya telah lahir dengan selamat. 

"Kalian adalah hasil pekerjaan baba yang paling keren, hasil dari pekerjaan baba yang lain masih bisa tergantikan," tulis Ringgo dalam unggahannya. 

Bjorka dan anak keduanya pun menjadi harta yang paling berharga di kehidupan Ringgo, bahkan melebihi dari apapun. Ia pun akan menjamin kalau kehidupan kedua jagoan kecilnya akan semakin seru ketika memiliki seorang Papa seperti Ringgo.   

"Jadi bapak kalian sangat nggak bisa diganti sama siapapun, jadi nikmatin bapak kamu suka nggak suka ya. HUAHAHA KALIAN TIDAK ADA PILIHAN! Tapi jaminannya pasti seru, tenang kita lihat ya," ucap Ringgo. 

Itulah beberapa cerita terkait perjuangan Sabai yang telah berhasil melahirkan dengan metode VBAC, walau harus melewati perjalanan yang panjang. 

Sekali lagi, selamat untuk Sabai dan Ringgo atas kelahiran anak keduanya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.