Mengundurkan Diri dari MasterChef, Arthur Ingin Menemani Istri Lahiran

Keputusan Arthur sebagai kepala keluarga bisa menjadi inspirasi banyak orang!

27 Januari 2020

Mengundurkan Diri dari MasterChef, Arthur Ingin Menemani Istri Lahiran
Instagram.com/vantymci6

Salah satu peserta kompetisi memasak MasterChef Indonesia di season 6 bernama Arthur Tamnge memilih untuk mengundurkan diri dan tak melanjutkan perjuangannya menjadi seorang juara. Keputusan dari Arthur sendiri pun diterima oleh Chef Arnold, Juna dan Renata ketika sedang ingin mengumumkan siapa saja yang akan pulang serta meninggalkan kompetisi memasak tersebut. 

Tayangan MasterChef Indonesia pada Sabtu (25/01/2020) mengenai keputusan Arthur cukup mengejutkan bagi para peserta, juri dan para penonton.

Awalnya Arthur memang masuk ke babak pressure test dan diminta untuk membuat sebuah duplikat makanan dari salah satu juri. 

Sesuai dengan perayaan Imlek, para peserta yang masuk ke dalam babak pressure test harus memasak dengan tema chinese food yaitu Xiao Long Bao. 

Usai setelah memasak dan dikomentari oleh ketiga juri, sebenarnya masakan dari Arthur cukup aman dibandingkan para peserta lain.

Saat Chef Juna menanyakan kepadanya bagaimana perasaan ia jika harus pulang dan meninggalkan kompetisi, jawaban Arthur di luar dugaan para peserta lain. 

"Ada dua chef, sedih dan senang. Sedihnya karena saya tidak akan bersama teman-teman lagi di galeri. Lalu senangnya karena bisa menemani istri saya dalam proses melahirkan," jawab Arthur. 

Chef Juna pun kembali menanyakan kepada Arthur, apakah dirinya ingin pulang atau tidak. 

"Ya Chef, saya ingin pulang," jawab Arthur dengan tegas. 

Persalinan menurut Arthur termasuk sebuah momen yang tidak bisa diulang, sehingga membuat dirinya mantap memberikan keputusan untuk mengundurkan diri dari kompetisi. 

Usai memberikan jawaban atas keputusannya, ketiga juri mempersilahkan Arthur untuk melepas appron miliknya. Ketika sedang bersalaman serta meninggalkan galeri MasterChef, Chef Juna memberitahukan keputusan para juri yang sebenarnya kalau Arthur aman. 

"Asal kamu tahu aja, kamu sebenernya aman. Be a good father man," ucap Chef Juna saat Arthur berpamitan dari galeri.

Atas keputusan Arthur yang membuat orang banyak salut kepadanya, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa cerita lain yang lebih detail atas keputusan Arthur sekaligus kelahiran si Kecil. 

1. Mengundurkan diri menjadi keputusan terbaik di hidup Arthur

1. Mengundurkan diri menjadi keputusan terbaik hidup Arthur
Instagram.com/vantymci6

Sebuah unggahan bertuliskan "Keputusan" sempat diunggah oleh Arthur melalui media sosial pribadinya usai tayangan MasterChef ditonton oleh para penonton. 

Berbeda dari unggahannya yang lain, kali ini Arthur menjelaskan kalau mengundurkan diri dalam sebuah kompetisi yang sedang dijalaninya bukanlah sesuatu yang mudah. Meskipun begitu, segala keputusan yang diambil sudah dipikirkan secara matang. 

"Memang mengundurkan diri di MasterChef bukan sesuatu hal yang mudah buat gue pribadi, tetapi ada hal yang gue sudah pikirkan matang-matang disaat gue lomba dan di shooting di episode yang tayang Sabtu sore tanggal 25-01-2020 kemarin. Maafkan gue harus pulang dan nggak ada maksud mau kecewain pendukung-pendukung gue," tulis Arthur dalam salah satu unggahannya di Instagram. 

Pernyataan tersebut seolah dibuat sebagai salah satu ungkapan isi hati sekaligus menjelaskan kalau dirinya sudah memikirkan segala hal atas keputusan tersebut. 

"Soalnya kalau gue nggak pulang di waktu itu, gue akan sangat menyesal dan kecewa seumur hidup dengan diri gue sendiri sebagai laki-laki. Ini keputusan yang sangat sulit buat gue pribadi," tambahnya. 

Di akhir tulisannya, ada sebuah penekanan dari Arthur lewat pernyataan yang dibuatnya. Bukan ingin menjadi seseorang yang egois dan tetap melanjutkan kompetisi, namun keputusan Arthur tersebut hanya ingin belajar menjadi suami serta seorang Papa yang baik. 

Editors' Picks

2. Banyak orang yang salut dengan keputusan Arthur

2. Banyak orang salut keputusan Arthur
Instagram.com/arthurmci6

Keputusan Arthur untuk meninggalkan kompetisi memasak secara mendadak sempat membuat banyak pihak tak percaya, termasuk penonton setia acara tersebut. 

Bahkan demi menceritakan keputusannya secara lebih detail, Arthur pun mengunggah sebuah video penjelasan di channel YouTube yang bernama Arthur Tamnge. Dalam video berjudul "Inilah yang Membuat Gue Mundur dari MasterChef Season 6", Arthur menceritakan lebih detail hingga memperlihatkan kondisi sang Istri jelang persalinan. 

Dari video berdurasi 6 menit 20 detik tersebut, kebanyakan komentar tidak merasa kecewa dengan keputusan Arthur yang mengundurkan diri saat sedang berkompetisi. Melainkan jika diperhatikan ada banyak sekali pujian karena keputusannya belum tentu diambil oleh orang lain yang sedang diposisi serupa. 

"Arthur your the best human, always be a good husband and father, good luck" - Maria Theresia.

"Salut buat Arthur dalam  hidup selalu ada pilihan dan menurutku pilihan kamu untuk mendampingi istri melahirkan adalah pilihan terbaik. To be the best chef doesn't have to be gained in masterchef, but to be the best husband can only be gained in your family, right?" - Ika Andriany

"Arthur Immanuel Tamnge, you're a good person and good husband. Sumpah, speechless nonton ini. Nggak nyangka, setelah beribu-ribu video klarifikasi yang aku pernah aku tonton, baru kali ini nontonnya sambil netesin air mata. Semoga Tuhan selalu menyertai kamu & keluarga kecilmu." - Luciana Cahyani Rizky.

"Arthur, gue yakin anak dan istri lo bangga punya seoarang ayah dan suami yang selalu memprioritaskan keluarga di atas segalanya. Sukses selalu Arthur, semoga lo bisa terus ngeksplor dunia kuliner sampai lo ada dititik menjadi seorang chef." - Supyer Od.

Arthur termasuk tipe suami idaman sekali ya, Ma!

3. Arthur dan istri dikaruniai anak perempuan 

3. Arthur istri dikaruniai anak perempuan 
Instagram.com/arthurmci6

Buat gue, ini adalah hadiah yang melebihi piala manapun, walaupun nggak munafik gue mau banget jadi juara di MastetChef season 6, tetapi disaat gue memilih keluarga gue dapat semua yang gue butuhkan. 

Terima kasih banyak untuk dukungan teman-teman warganet yang budiman, kenalin dengan bangga gue  perkenalkan ANAKAMI EDNA TAMNGE. 

Terima kasih untuk my lovely wife yang sudah berjuang selama 9 bulan, kamu keren banget. Pas banget bisa nemenin maminya Edna lahiran normal. Itu semua adalah penyertaan Tuhan dan gue sangat bersyukur banget. 

Begitulah ungkapan bahagia serta rasa syukur yang dituliskan oleh Arthur di media sosial pribadinya. Arthur dan sang Istri kini telah resmi menjadi orangtua untuk merawat serta membesarkan Edna. 

Menurut Arthur sendiri keputusan yang dipilih untuk mengundurkan diri dari kompetisi demi keluarga membuat hatinya bahagia. Jika diperhatikan rasa syukur tersebut pun tertulis dalam unggahannya dengan memperlihatkan wajah mungil dari Edna. 

"Momen kelahiran anak gue itu jadi momen kebahagiaan kita semua. Terima kasih buat teman-teman semua! Sehat selalu ya," tutup Arthur. 

Melalui cerita Arthur ini, ada pembelajaran yang bisa dipetik yakni keluarga akan selalu menjadi bagian nomor satu dalam hidup serta ketika sedang mengambil sebuah keputusan. 

Bahkan perlu diingat bahwa pendampingan dan dukungan besar suami kepada istrinya yang sedang menjalani proses persalinan akan memberikan beragam manfaat positif. Kehadirannya bahkan dapat mengurangi rasa sakit hingga terhindar dari rasa trauma. 

Salut dengan keputusan Arthur dan semoga bisa menjadi inspirasi banyak orang. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.