6 Potret Perjuangan Syahnaz dari Hamil Tua Hingga Momong Si Kembar

Perjuangan suka dan duka menjadi seorang Mama sedang dinikmati oleh Syahnaz!

15 Januari 2020

6 Potret Perjuangan Syahnaz dari Hamil Tua Hingga Momong Si Kembar
Instagram.com/syahnazs

Kelahiran Zayn Sadavir Ezhilan dan Zunaira Alessia Safaraz tentu menjadi fase yang membahagiakan untuk keluarga kecil Syahnaz Sadiqah bersama Jeje Govinda. Apalagi kelahiran anak kembar mereka memberikan keramaian baru di dalam rumah. 

Mengulang ke belakang, Syahnaz menjalani berbagai perjuangan dari masa-masa kehamilan hingga saat ini harus momong si Kembar. 

Jika Mama mengetahui suka duka pengalaman dari Syahnaz selama menjalani trimester akhir hingga mengasuh kedua anaknya, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa ceritanya.

1. Bertahan dan berjuang atas berbagai keluhan kesehatan di trimester akhir

1. Bertahan berjuang atas berbagai keluhan kesehatan trimester akhir
Instagram.com/syahnazs

Trimester ketiga menjadi akhir perjalanan kehamilan untuk Syahnaz yang membutuhkan banyak perjuangan. 

Melalui Instagram pribadinya, adik kedua dari Raffi Ahmad ini sempat membagikan cerita kalau dirinya mengalami beberapa permasalahan seperti asam lambung sehingga membuat area dada ke tenggorokan terasa panas. 

Sekarang tiap malam mau tidur, asam lambung makin parah sampai dada ke tenggorokan panas banget. 

Aneh banget rasanya sampai nyut-nyutan kepala saking nggak enak banget rasanya. Terus mau balik badan dari ngadep kiri ke kanan atau sebaliknya, rasanya kaya abis larik bolak-balik naik turun tangga. Ngos-ngosan. 

Begitu ungkapan perasaan Syahnaz saat menceritakan permasalahan kesehatan yang dideritanya. 

Tak hanya itu, Syahnaz yang sedang hamil tua juga sempat merasa kegerahan. Perubahan metabolisme dan hormonal, pertumbuhan janin, kenaikan berat badan serta peningkatan volume darah hingga di angka 40 persen menjadi faktor pemicu meningkatnya kegerahan.

"Ini AC-nya yang kurang dingin atau bawaan hamil gede, kegerahan gini yah?" tulis Syahnaz. 

Meskipun begitu, Syahnaz mampu bertahan dan terus berjuang hingga proses persalinan pun dijalani dengan lancar tanpa sebuah hambatan. 

2. Menjalani kontrol terakhir sebelum bertemu dengan kedua anaknya 

2. Menjalani kontrol terakhir sebelum bertemu kedua anaknya 
Instagram.com/syahnazs

Pada tanggal 29 Desember 2019 lalu, Syahnaz sempat mengunggah sebuah foto ketika ia sedang menjalani kontrol terakhir di rumah sakit sebelum pertemuannya secara langsung bersama kedua anaknya. 

"Terakhir kontrol kemarin muka bayi-bayi udah susah banget buat dilihat nih soalnya udah pada sempit di dalam haha. Gemas kasian sempit, beratnya masing-masing alhamdulillah udah 2kg lebih," tulis Syahnaz. 

Kontrol kandungannya yang terakhir tersebut pun sekaligus memastikan berat badan kedua anak kembarnya, lalu memilih tanggal yang tepat untuk proses persalinan. 

Saat itu, Syahnaz begitu menikmati masa-masa terakhirnya hamil anak kembar. Beragam perasaan pun dirasakan hingga menikmati rasa sakit hingga pengal-pegal di tubuhnya. 

Usai melahirkan baby Z, kira-kira Syahnaz rindu masa kehamilan kemarin nggak ya? 

Editors' Picks

3. Penantian panjang membuat Syahnaz bertemu dengan kedua anaknya 

3. Penantian panjang membuat Syahnaz bertemu kedua anaknya 
Instagram.com/syahnazs

Masih berasa mimpi ngeliat dua malaikat kecilku udah lahir di dunia, rasanya baru kemarin ngeliat dua garis di testpack, sekarang udh ada dua bayikkk di samping aku. Terima kasih ya Allah buat hadiah terindah ini, Terima kasih buat semua yang selalu doain Zayn Zunaira dari masih di dalam perut sampai sekarang udah lahir. 

Begitulah salah satu ungkapan yang sempat dituliskan oleh Syahnaz di Instagram pribadinya karena masih sangat berbahagia atas kelahiran bayi kembarnya berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. 

Seperti yang telah Mama ketahui bahwa Syahnaz melahirkan anak kembarnya di RSIA Bunda Jakarta pada Jumat (3/1/2020) lalu. Baby twins Z bernama Zayn Sadavir Ezhilan dan Zunaira Alessia Safaraz, kini telah mencuri perhatian warganet serta para sahabat dari kedua orangtuanya. 

Kehadiran duo baby Z ini bahkan mendapatkan kunjungan dari banyak para tamu artis saat masih berada di rumah sakit. 

Itu berarti banyak yang sayang dengan Zayn dan Zunaira ya, Ma. 

4. Syahnaz menggunakan pilis sebagai perawatan pasca persalinan  

4. Syahnaz menggunakan pilis sebagai perawatan pasca persalinan  
Instagram.com/syahnazs

Sama seperti yang Ayu Dewi, Sarwendah dan Paula Verhoeven akhirnya pilis pun menjadi salah satu perawatan yang dipilih oleh Syahnaz pasca persalinan. 

Dalam sebuah unggahan InstaStory, Syahnaz menggunakan pilis sekaligus menggendong satu anaknya. 

Perlu Mama ketahui bahwa pilis termasuk perawatan tradisional yang berasal dari campuran rempah-rempah berbentuk bubuk. Nantinya pilis akan ditempelkan sebagai kompres di bagian dahi untuk mengatasi rasa pening pasca persalinan. 

Tak hanya menghilangkan rasa pening saja, namun ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan saat melakukan kompres pilis di antaranya seperti menjaga kesehatan mata, mencegah naiknya darah putih ke bagian kepala hingga mampu mengobati sakit kepala. 

Beberapa keluhan yang seringkali terjadi pasca persalinan tersebut setidaknya dapat diatasi agar Mama pun dapat fokus menjalani rutinitas baru sebagai orangtua dengan menjaga si Kecil. 

Baca juga: Perawatan Pasca Persalinan, Paula Verhoeven Lakukan Kompres Pilis

5. Menikmati masa-masa saat melihat kedua anaknya tidur nyenyak

5. Menikmati masa-masa saat melihat kedua anak tidur nyenyak
Instagram.com/syahnazs

"Paling senang kalau liatin bayi bobo nyenyak," tulis Syahnaz pada salah satu unggahannya. 
 
Sebagai seseorang yang berubah status menjadi Mama baru, Syahnaz sedang menikmati masa-masa membahagiakan ini. Apalagi Syahnaz dikaruniai dua anak sekaligus sudah harus belajar momong si Kembar. 

Tanpa disadari kebahagiaan Syahnaz tanpa disadari dapat memperlancar produksi ASI untuk kedua anaknya. Semoga Jeje sebagai suami pun dapat memegang peranan penting dalam menyukseskan proses menyusui yang dilakukan Syahnaz untuk kedua anaknya. 

Ya, perasaan bahagia bisa membantu produksi ASI menjadi lebih lancar. 

6. Zayn dan Zunaira melakukan photoshoot bersama Rittar Rajagukguk

6. Zayn Zunaira melakukan photoshoot bersama Rittar Rajagukguk
Instagram.com/syahnazs

Tren foto tentu menjadi sesuatu yang menarik untuk dilakukan apalagi dengan perkembangan era digital yang semakin berkembang cepat.

Tren foto bayi beberapa hari usai dilahirkan pun dapat dilakukan untuk mengabadikan momen-momen lucu menggemaskan, sehingga lapangan pekerjaan baru seperti newborn photography dengan sertifikat khusus semakin menjamur. 

Terkait newborn photography, Syahnaz dan Jeje pun melangsungkan photoshoot untuk kedua anak kembarnya. 

"Hajuuuuu gemas sendiri lihatnya ini mah. Zayn peyukin Zunaira ya, selalu saling sayang selamanya yaa cinta-cintaku," tulis Syahnaz di salah satu unggahannya. 

Itulah beberapa momen perjuangan yang dijalani oleh Syahnaz sejak masa-masa trimester akhir hingga kini telah mengasuh kedua anaknya. 

Doakan semoga keluarga kecil Syahnaz dan Jeje bisa terus sehat serta bahagia ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.